12 August 2022

Arief Fadli (Aripat) sedang memberikan arahan kepada karyawan di kantor Kece Entertainment di Kawasan Lebak Buxus, Jakarta Selatan. (Dok/sh.id)

Sinarharapan.id– Marketing Arief Fadli (@aripatt) atau biasa dipanggil Aripat adalah pemuda kelahiran 30 Agustus 1997 yang kini menjabat sebagai pemimpin dari Kece Entertainment, marketing agency yang bertempat di Jakarta.

Sebelum di Kece Entertainment, Aripat sudah berpengalaman di dunia marketing dari usia 20 tahunan.

Dari Lulusan SMK Multimedia, Aripat sudah menjajal pekerjaan menjadi SPB (Sales Promotion Boy) bazaar fashion, menjadi sales di perusahan properti dan leasing. Setiap profesi yang ia jalani, Aripat selalu belajar hal-hal baru di bidang marketing.

“Dari umur 20 tahun udah belajar banyak hal mulai dari copywriting supaya orang-orang tertarik sama apa yang kita jual. Sesimpel pemilihan kalimat ‘Beli 1 bawa pulang 2’ itu kan jauh lebih efektif dari kalimat ‘beli 1 gratis 1,”ujar @aripatt.

Saat menjadi sales apartemen atau agen properti, Aripat berhasil menjual 8 unit apartemen dalam waktu kurang dari 4 bulan dengan total value penjualan hingga saat ini kurang lebih 1 Milyar Rupiah.

“Alhamdulillah saya bisa punya pencapaian itu di usia 20 tahun karena ilmu-ilmu marketing yang saya pelajari di lapangan dan dari mentor-mentor saya seperti personal branding di media sosial. Dan barulah waktu kerja di perusahaan Leasing yang mengurus jaminan dana tunai saya belajar yang namanya positioning. Ilmu copywriting, branding dan positioning ini yang saya bawa ke Kece Entertainment,” lanjut @aripatt.

Beranjak dari SMK Multimedia, pekerjaan awal Aripat di Kece Entertainment adalah mengurus music video. Berkat loyalitas, kerja keras, konsistensi dan persistensi yang dimiliki Aripat, kini ia menjabat sebagai pemimpin di Kece Entertainment.

Waktu masuk Kece Entertainment, ,dirinya belajar banyak hal, dari kerjaan awal-awal bikin music video yang beda dari yang lain, ada storynya, belajar bikin plot twist, mengedit vlog supaya banyak yang nonton, sampai akhirnya di pandemi kita bisa survive karena banyak bekerja online. Waktu kerja online ini berasa banget pentingnya copywriting, positioning, branding.

Tiga hal itu jadi dasar Kece Entertainment setiap mengerjakan iklan atau campaign untuk sebuah brand. Dari situ banyak brand yang mulai percaya mulai kita,” ujar @aripat.

Karena merasa digital marketing jadi cara marketing yang efektif untuk saat ini, Aripat memberikan sedikit tips dasar bagi anak-anak muda yang ingin membuat video marketing untuk campaign atau iklan.

“Yang pertama harus tau dasar atau punya landasan dulu. Dasar atau landasan itu salah satunya keresahan. Sebuah produk yang baik itu beranjak dari keresahan dan produk itu jadi solusinya. Jadi fokus ke keresahan, keresahannya diriset, terus tonjolkan solusinya yang bisa relate (dirasakan) sama banyak orang. Konten sosial media yang penuh likes sama comments itu kan biasanya yang relate sama banyak orang.”

Dibawah Aripat (@aripatt), Kece Entertainment sukses menangani campaign dan iklan-iklan yang viral seperti iklan ‘Anya Geraldine Mandi Lama’ di MS GLOW, Marshel Widianto & Babe Cabita di MS GLOW FOR MEN, campaign ‘Makan Nasi Padang Pakai Tangan vs Pakai Sendok’ dari Arief Muhammad, dan masih banyak lagi.  **