7 October 2022

SinarHarapan.id-PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menganggap penting keamanan selama berkendara maupun berlalulintas.

Kerap terjadinya kecelakaan, terutama pada kendaraan bermuatan besar digadang-gadang lebih karena Human Error.

Memanfaatkan momentum Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, HINO mengajak seluruh elemen untuk mengedepankan keselamatan dalam berkendara bagi pengemudi truk dan bus.

Mengangkat tema ‘Hino Peduli Keselamatan’, acara talkshow ini membagi informasi seputar program dan fasilitas Hino.

Hadir sebagai tamu pembicara adalah Ahmad Wildan, Senior Investigator KNKT, Santiko Wardoyo selaku COO – Director HMSI, dan Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI.

Hino sendiri merupakan satu – satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelanggannya yang dinamakan Hino Total Support Customer Centre (HTSCC).

“Hino merupakan market leader dengan pangsa pasar diatas 50% untuk medium duty truck, selama 22 tahun terakhir. Prestasi ini dapat kita analogikan, jika di jalan ada 10 medium duty truck, 50 persennya sudah pasti Hino. Untuk itu, sebagai pemimpin pasar. Kami wajib menjadi yang pertama untuk mengkampanyekan kesalamatan dijalan, karena unit kami memang yang paling banyak disana”, tegas Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI.(17/8/2022)

Hino Total Support Customer Center (HTSCC). Berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat, HTSCC memiliki beragam fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.

Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP.

Selain pelatihan secara praktek, diberikan juga pelatihan secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, serta karakteristik kendaraan dan manusia.

Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP – LPK PT Hino Motors Sales Indonesia.

Hino milliki Hino Safety Driving Competition. Dimana kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2017. Total ada 31 kali kegiatan di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

Total ada 2.275 peserta pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini. Dan yang terbaru, kini digelar Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) yang sudah memasuki batch kedua.

Dimana kegiatan ini memanfaatkan fitur telematics dari Hino Connect dengan menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi.

Selain fokus pada pengembangan sumber daya manusia nya, Hino pun turut membekali kendaraanya dengan fitur – fitur keamanan untuk keselamatan berkendara.

Seperti rem Full Air Brake yaitu rem dioperasikan oleh tekanan udara yang di kompresi. Full Air Brake mampu meningkatkan gaya pengereman yang efektif dan lebih responsif tidak perlu mengganti minyak rem membuat operasional lebih aman dan hemat biaya perawatan.

Rem kendaraan Hino juga dilengkapi Auto Slack Adjuster sehingga pengemudi tidak akan menginjak pedal rem terlalu dalam. Untuk beberapa model, Hino turut melengkapi dengan Antilock Braking System (ABS).

Fitur keselamatan lainnya yang terdapat dalam kendaraan Hino adalah side under mirror untuk mengurangi area blindspot, rear camera untuk model kargo, serta dilengkapi dengan sabuk pengaman emergency locking retraktor (ELR) dan Alat pemadam api ringan (Apar).

“Hampir seluruh kecelakaan berkendara didominasi karena kelelahan para supir. Namun perlu juga pendalaman ilmu tata cara pengereman dan berkendara yang aman selama di jalan”, pungkas Ahmad Wildan, Senior Investigator KNKT.