15 August 2022

SinarHarapan.id-Menjalankan usaha namun tetap memikirkan kepedulian terhadap sesama adalah hal yang dijalankan oleh dua pemuda yang menjadi narasumber dalam talkshow Inspiranation With 13th SATU Indonesia Awards 2022 dengan tema Wirausaha Muda Kreatif & Inspiratif kolaborasi Astra & Young On Top hari ini (3/8).

Yudi Efrinaldi, perintis Es Gak Beres yang Sangat Beres di Kabupaten Asahan Sumatra Utara mengawali usahanya dengan berjualan menggunakan gerobak kecil di pinggir jalan. Kini omzetnya mencapai Rp100-150 juta per bulan dari penjualan bahan baku ke mitra cabang.

Saat ini ia telah memiliki lebih dari 500 mitra cabang di berbagai daerah seperti Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Riau, Aceh, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Tengah dengan rata-rata penjualan hingga 300 cup per hari dengan omzet antara Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta.

Hasil pengembangan cabang Es Gak Beres yang Sangat Beres bahkan digunakan untuk membangun sebuah cafe dan restoran pada Desember tahun 2020 lalu.

Perkembangan usahanya juga telah membantu mempekerjakan 40 orang karyawan di bidang produksi bahan baku dan 10 orang karyawan untuk pengelolaan cafe dan restorannya. Jerih payahnya ini mengantarkannya menjadi Penerima Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards Bidang Kewirausahaan Tahun 2021.

Hari ini, pria berlatar belakang pegawai honorer ini bercerita tentang kisahnya dan memberikan semangat untuk berwirausaha kepada para pemuda serta melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jika bicara terkait kewirausahaan mungkin banyak dari kita yang takut terjun ke dunia bisnis apalagi belum pernah menjadi pedagang atau berwirausaha. Mari buang keraguan dalam diri kita. Saya mendirikan Es Gak Beres dengan brand yang tidak wajar atau nyeleneh namun membawa manfaat bagi masyarakat banyak,” ujar pria yang pernah berjualan bubur ayam pinggir jalan dan pisang goreng crispy secara online.

Kisah inspiratif dalam membangun usaha juga diceritakan oleh Edho Zell. Seorang Influencer sekaligus CEO @social.bread yang berbagi cerita dalam pengalaman usahanya. Tak hanya berbisnis tapi ia juga menebar kebaikan melalui media sosial lewat program Warteg Gratis dan Rantang Gratis bagi mereka yang membutuhkan.

“Apapun yang ingin dilakukan harus punya tujuan yang baik, supaya tidak selalu soal uang. Dunia ini tidak butuh lebih banyak orang sukses, tapi dunia ini butuh lebih banyak orang baik,” ujar pria yang pernah bekerja sebagai penjaga warnet ini.

Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk sekaligus Juri 13th SATU Indonesia Awards 2022 Arif Zulkifli yang juga turut hadir dalam talkshow inspiratif yang dipandu oleh Nabila Putri tersebut berharap agar para pemuda bangsa selalu berusaha untuk menciptakan dampak yang akan meningkatkan kualitas kehidupan di sekitar mereka.

“Generasi muda merupakan sosok yang penuh dengan kreativitas. Saya mengapresiasi banyak generasi muda yang mulai terjun untuk berwirausaha, hal ini tentunya membuat perkembangan dunia kewirausahaan menjadi lebih berwarna dengan banyaknya kreativitas yang lahir dari generasi muda Indonesia,” tutur Arif Zulkifli.

Penutupan Pendaftaran 13th SATU Indonesia Awards 2022

Sejak dibuka pada 9 Maret 2022 lalu, 13th SATU Indonesia Awards 2022 telah melewati perjalanan panjang dalam mencari generasi muda yang tak kenal lelah memberi manfaat bagi masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia.

Pendaftaran 13th SATU Indonesia Awards 2022 akan ditutup pada tanggal 9 Agustus 2022. Astra mengajak seluruh anak bangsa untuk menjadi potret inspirasi dalam memajukan bangsa melalui SATU Indonesia Awards.

Apresiasi Astra diberikan kepada anak bangsa yang senantiasa memberi manfaat bagi masyarakat dalam lima bidang, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut.