13 August 2022

SinarHarapan.id, Jakarta- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menggelar Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) untuk masyarakat umum dan komunitas segmentasi wilayah DKI Jakarta dan Banten di Jakarta International Stadium (JIS) pada 27 Agustus 2022.

Elvira Sari, Project Manager Indonesia Makin Cakap Digital untuk segmentasi DKI Jakarta dan Banten mengatakan, kegiatan IMDC di JIS nanti dikemas dalam bentuk talkshow yang diselingi dengan konser musik dan stand up comedy. Target peserta 50.000 orang yang hadir di JIS.

“Tantangan pasti ada. Kita pelu kolaborasi untuk datangkan 50.000 orang. Kita harus punya jejaring untuk itu. Kita sudah melakukan kerjasama dengan instansi dan komunitas-komunitas,” ujarnya, di Jakarta, Jumat (5/8)

“Ini bukan pengerahan masa ya“, kata CEO dan Co-Founder Eureka, Mahendra.

Ia menambahkan talk show yang mengusung tema “Berkreasi Positif di Era Digital” dan “Personal Branding” dikemas dengan rapi, fun dan menghibur. Peserta yang hadir juga tidak dikenakan biaya alias gratis.

Beberapa narasumber yang hadir, diantaranya, Dimas The Meat Guy, Nadia Aisyah dan para content creator serta influencer lainnya. Dimeriahkan pula dengan konser musik dari special performer band Maliq& d’essentials.

Tujuan dari kegiatan ini, mendorong masyarakat menggunakan internet dan platform digital secara cerdas, positif, kreatif dan produktif. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan kognitif, khususnya untuk mengindentifikasi hoaks serta mencegah masyarakat terkena dampak negatif penggunaan internet.

Dari hasil pengukuran Indeks Literasi Digital yakni Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, Budaya Digital, pada tahun 2021, Indonesia berada pada level “sedang” dengan skor 3,49. Kurangnya kecakapan digital, menimbulkan penggunaan media digital yang tidak optimal.

Lemahnya budaya digital dapat menimbulkan pelanggaran terhadap hak digital warga. Rendahnya etika digital berpeluang menciptakan ruang digital yang tidak menyenangkan karena banyak konten negatif. Rapuh keamanan digital berpotensi terhadap kebocoran data pribadi maupun penipuan digital.

Lewat kegiatan IMDC, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kecakapan dalam bermedia digital serta memanfaatkannya untuk mengembangkan potensi diri, menciptakan dunia digital yang Aman, Cakap, Etis dan Berbudaya.

Masyarakat yang akan hadir di JIS dapat memesan tiket melalui akun media sosial Jaklingko. Bagi yang ingin mengikuti lewat zoom meeting dapat mendaftar diri di Info.literasidigital.id atau https://s.id/regimedjis. (Van)