30 November 2022

SinarHarapan.id – Sidang Promosi Doktor Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah mengukuhkan Munifah Syanwani sebagai Doktor di bidang Perbankan Syariah dengan predikat Cumlaude. Sidang pengukuhan ini dilaksanakan 31 Agustus 2022. Munifah begitu menguasai materi disertasi, dan dia pun nampak begitu berpengalaman dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh para penguji dalam Sidang Promosi Doktor tsb.

Para penguji sidang begitu banyak memberikan apresiasi kepada Munifah karena dalam kesibukan yang luar biasa mampu menyelesaikan kuliah Doktoralnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan hasil cumlaude. Undangan yang hadir dalam sidang tersebut banyak sekali memberikan tepuk tangan apresiasi dan dibuat kagum dengan berbagai argumen dan jawaban yang memukau peserta.

Dalam sidang promotor, Munifah membawa disertasi dengan judul Pengaruh Pengetahuan Persepsi dan preferensi melalui media religiusitas terhadap perilaku masyarakat pada bank pembangunan daerah syariah di Jawa Barat (studi kasus pada BJB Syariah).

Hasil dari disertasi menunjukan bahwa pertama, pengetahuan, persepsi, preferensi dan religiusitas baik secara langsung maupun melalui mediasi religiusitas memiliki pengaruh signifikan positif terhadap perilaku nasabah dalam berinteraksi pada Bank Jabar Syariah. Sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku melalui mediasi religiusitas.

Kedua, tingkat pengetahuan nasabah bank syariah tidak selalu sama dengan tingkat religiusitasnya sehingga yang diperlukan adalah integrasi antara tingkat pengetahuan dan tingkat religiusitas pada masyarakat dalam bertransaksi dengan Bank Syariah.

Menurut Munifah ada beberapa harapan yang didapatkan dari disertasi ini. “Harapannya dapat memberikan kontribusi pada masyarakat. Bank syariah hendaknya menjadi rumah bagi nasabahnya sendiri” ungkap Munifah lebih lanjut.

Sidang pengukuhan Dokter ini berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah sidang berjalan dengan baik” ungkap Munifah. Saya berterima kasih kepada para seluruh pihak yang telah membantu saya sehingga mencapai gelar Doktor” ujar Munifah lebih lanjut. SH/R

 

About Post Author