26 September 2022

SinarHarapan.id-Suzuki S-Presso melengkapi varian koleksi kendaraan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Diluncurkan tepat pada pada Kamis (11/08) di booth Suzuki, hall 6D Indonesia Convention Exhibition  BSD, Tangerang, bertepatan dengan hari pembukaan pameran otomotif GIIAS 2022, S-Presso memiliki desain yang kompak dan gaya serta menawarkan berbagai keunggulan yang membuat mobil ini value for money.

Lalu, siapa target yang akan disasar Suzuki nantinya ? Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, S-Presso menyasar pasar anak muda dan keluarga muda di segmen city car dan low cost green car (LCGC).(15/8/2022)

Dia menegaskan, city car memiliki karakter konsumen yang unik. Mereka lebih individualistis dengan segmen pengguna berusia lebih muda alias anak muda.

“Karkateristik S-Presso sesuai dengan kebutuhan mobilitas anak-anak muda atau keluarga muda saat ini. “Dimensi yang kompak dan ground clearance yang tinggi membuat S-Presso mampu dengan baik melewati jalan-jalan yang sempit, padat, maupun bergelombang”, timpal Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT SIS.

Menariknya lagi, S-Presso diposisikan mengisi segmen pasar city car sekaligus mengisi ruang pasar mobil murah ramah lingkungan atau LCGC yang ditinggalkan Suzuki Wagon R karena dihentikan pemasarannya di Indonesia.

Sejak 2018 sampai dengan 2021, pangsa pasar city car konsisten di belasan persen dan itu menjadi peluang bagi Suzuki karena marketnya cukup besar meski nggak sebesar LCGC yang capai 20 persen atau low MPV yang mencapai 25 persen,” ungkap Harold.

Lebih lanjut Yulius Purwanto menambahkan, saat ini S-Presso masih didatangkan langsung (CBU) dari India. Namun, tidak menutup kemungkinan dirakit secara lokal di Indonesia.

Target kami sampai akhir 2022 sebanyak 2.300 unit atau sekitar 460 unit per bulan. Kami berharap kehadiran S-Presso bisa mengisi segmen yang kami jual direntang harga Rp155 juta sampai Rp164 juta,” kata Harold lagi.

Desain sporty ala SUV compact dengan ground clearance 180 mm, dimensinya yang ringkas serta konsumsi BBM yang irit.

Ukuran Suzuki S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.565 mm, dan jarak sumbu roda 2.380 mm. Lebih ringkas dari Suzuki Ignis, yang memiliki ukuran panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.595 mm.

S-Presso juga memiliki layar fitur hiburan 6,8 inch. Mobil ini juga memiliki area kantong penyimpanan di depan, belakang, pintu, glove box dan cup holder.

S-Presso dibekali mesin bensin K-Series K10B DOHC 1 liter tiga silinder. S-Presso terbaru bisa menghasilkan tenaga puncak 50 kW pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Mesin itu dipadukan dengan transmisi otomatis AGS dan manual 5-percepatan.

Dari fitur keselamatan, S-Presso dibekali SRS Front Dual Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer, ABS (Anti-lock Braking System), Seatbelts, Childproof Rear Door Locks, 3 Point Assist Grip, dan Alat Pemadam Api Ringan.