26 September 2022

SinarHarapan.id– Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dari bawah laut serentak di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Upacara pengibaran bendera yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu. Rabu, (17/08).

 

Sebanyak 888 penyelam dari Prajurit TNI AL, TNI & Polri, Pemerintah Daerah, organisasi masyarakat, klub selam, awak media dan masyarakat ikut berpatisipasi dalam pengibaran bendera bawah air ini, sekaligus pencatatan rekor MURI yaitu melaksanakan penaikan bendera di dasar laut di 77 lokasi dari Sabang sampai Merauke.

Sebanyak 17 penyelam membawa bendera dikedalaman kurang lebih 10 meter dengan susunan inspektur upacara, komandan upacara, pengibar bendera dan peserta upacara serta pengucapan Dirgahayu RI dari bawah laut, dengan tema yang diusung “Membangun Kejayaan Maritim Untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dari bawah laut serentak di 77 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Upacara pengibaran bendera yang dipimpin Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dipusatkan di Pulau Putri, Kepulauan Seribu. Rabu, (17/08/2022). SH/Andrey

Kasal mengatakan bahwa, kegiatan penaikan bendera di dasar laut ini dilaksanakan di seluruh jajaran TNI AL beserta seluruh komponen bangsa baik tingkat pusat maupun di daerah. “Ini menjadi komitmen saya dari awal untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut untuk mengisyaratkan bahwa TNI AL siap menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh wilayah laut Indonesia. Tentunya ini membangkitkan kembali kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat,” ujar Laksamana Yudo. Mereka yang berpartisipasi dalam penyelaman akan di cek kesehatannya dan memiliki kualifikasi sebagai penyelam. 

Sebelum prosesi pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut tersebut, pada Selasa (16/8) kemarin, telah dilaksanakan penyerahan Bendera Merah Putih dan bendera Jalesveva Jayamahe oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono kepada Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Ketua Panitia di Gedung Utama Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur.