26 September 2022

Ketua Pengprov PGI DKI Jakarta, M. Reza Rajasa berpose dengan panitia LGJ 2022 dan perwakilan 25 klub yang akan ambil bagian di ajang LGJ 2022 Agustus-Oktober 2022, Jumat (19/8/2022) malam. (Dok/sh.id)

SinarHarapan.id – Dalam rangka meramaikan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-77, Pengprov PGI DKI Jakarta akan menggelar Liga Golf Jakarta 2022. Tak tanggung-tanggung, turnamen golf itu akan digelar selama tiga bulan, mulai 23 Agustus sampai Oktober 2022. Total 25 Klub peserta memperebutkan piala setiap musimnya.

“Event ini, merupakan jawaban atas aspirasi klub-klub golf di Jakarta yang berjumlah 109 klub. Para stakeholders mengharapkan adanya kompetisi berkelanjutan untuk klub. Selama ini di Indonesia, golf lebih sering dipertandingkan dalam format Strokeplayselama satu sampai tiga hari. Dalam upaya meningkatkan kualitas persaingan dan pembinaan berkesinambungan, sekaligus mengoptimalkan sports industry, format Liga atau Series dengan sistem setengah kompetisi dan Matchplay menjadi jawaban,” jelas Ketua Umum PGI Pengprov DKI, M Reza Rajasa di Jakarta, Jumat (19/8/2022) malam.

Tren serupa, kata Reza, sudah lama berlangsung di negara lain dengan perkembangan golf yang lebih maju. Seperti Golf Premiere League (GPL), LIV Golf dan sejumlah Liga lainnya yang telah berjalan di berbagai negara.

Sejatinya sejak 2020, PGI Pengprov DKI,di bawah ketua umum M Reza Rajasa telah menginisiasi bergulirnya Liga Golf Jakarta. Namun, gara-gara pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir 2 tahun, baru pada 2021, PGI DKI menggulirkan Pilot Project Liga dalam format Interleague Invitational 2021 yang diikuti oleh empat klub yaitu MBOIG, JMC, Bintaro GC dan Siksam GC. Dalam event Pra-Liga Golf tersebut, Siksam GC tampil sebagai juara.

“Lebih jauh, spirit LGJ tak lain untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada klub untuk dapat meningkatkan potensi yang dimiliki. Kami menyebutnya dari klub untuk klub,” jelas Reza.

LGJ 2022, kata Reza, didukung Reethau, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Jawa Barat (BJB), Telkom, Asuransi Sinar Mas, The Maj Cibubur, Good Good, Arthasia, dan Artistick.

“Kami dari PGI DKI mengucapkan terima kasih atas dukungan para sponsor sehingga LGJ 2022 bisa berjalan,” kata Reza.

LGJ 2022, kata Reza, memiliki sejumlah tujuan. Pertama, mempopulerkan kembali iklim pertandingan yang kompetitif untuk pegolf amatir. Kedua, meningkatkan level kompetisi, dari turnamen singkat terbatas, menjadi kompetisi yang berkesinambungan.

Ketiga, melahirkan bibit-bibit atlet dengan kemampuan menonjol, untuk dibina PGI DKI sebagai cikal bakal atlet-atlet nasional di masa depan. Hal ini tercermin dalam aturan Liga, yaitu seluruh klub peserta wajib menampilkan junior player di LGJ 2022. Keempat, memacu klub melakukan inovasi dan pembinaan, agar mampu bersaing di Liga yang berlangsung dalam waktu panjang.

Peserta LGJ 2022 terdiri atas 25 Club, yaitu Insan Golf Jakarta (IGJ), Notorious Golf Club, Musang Golf Member, Fearless Golf Club, Jakarta Golf Club, Jakarta Masters Club (JMC), Mercedez-Benz Owners Indonesia Golfer (MBOIG), Hantarr, Siksam Golf Club, Fella Golf Club Jakarta, Parents Children Golf Club, Enjoy Golf Club, Shankers, Gentech Golf Club, Hipmi Golf Club Indonesia (HGCI), 372004 GA (37 GA), Sahabat Golf Club, Pergola UI.  (non)