26 September 2022

SinarHarapan.id-Untuk terus memperluas dan memperkuat penawaran produk dalam menanggapi peningkatan permintaan pasar akan kendaraan roda dua yang mudah dikendarai dan dinamis, serta mampu memberikan sensasi adrenalin, juga praktis untuk perjalanan sehari-hari, Aprilia memperkenalkan Aprilia Tuareg baru.

Merek Aprilia sendiri terkenal dengan kehebatan balapnya di jalanan dan sirkuit, kini melalui Aprilia Tuareg, kembali memperluas rangkaian pilihan produk Italia yang khas dengan keunggulan kelincahan, kepraktisan, kecepatan, dan kemampuan teknis yang canggih di segmen petualangan dan off-road.

Aprilia Tuareg 660 tidak hanya semakin memperkaya keluarga Aprilia 660, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660 yang luar biasa, tetapi semakin menunjukkan mesin luar biasa di kelas menengah 660 yang sangat mampu dan terbukti ringan tetapi tidak rentan, teknikal tetapi tidak rumit, untuk memberikan pengalaman berkendara terbaik dan menyenangkan bagi pengendara pemula dan berpengalaman.

Aprilia Tuareg 660 dirancang, dikembangkan, dan dibangun dengan penuh pertimbangan untuk menjadi kombinasi terbaik dari kendaraan roda dua off-road dan petualangan, menghasilkan sinergi produk yang optimal, siap untuk menjadi kendaraan di segala medan.

“Didesain untuk pengendara yang benar-benar mencari kebebasan dan kemampuan untuk berpetualang di segala kondisi jalan, Aprilia Tuareg 660 menawarkan kebutuhan akan performa tinggi, kelincahan serta pengalaman berkendara yang benar-benar menyenangkan di berbagai medan jalan untuk menjelajahi setiap sudut lanskap Indonesia yang indah. Aprilia Tuareg 660 terbaru bergabung dalam keluarga 660, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660, sehingga melengkapi segmen Aprilia dari racing ke adventure. Inilah mengapa PT Piaggio Indonesia berada di sini, untuk melayani pelanggan kami dengan pilihan yang lebih banyak dan lebih menarik,” kata Marco Noto La Diega, Managing & Country CEO PT Piaggio Indonesia.

Aprilia Tuareg dihadirkan dengan konsep untuk menemani para pencari kebebasan dalam berkendara. Nama Tuareg sendiri memiliki makna yang berarti “manusia bebas”, berasal dari nilai inti dalam budaya orang Tuareg dari Sahara, yang dikenal dengan kemampuan bertahan hidup dan keahlian eksplorasi mereka bahkan di lingkungan yang paling sulit sekalipun.

Memberikan kesempatan bagi pengendaranya untuk berkendara dengan bebas adalah misi tulus dari Aprilia Tuareg. Aprilia Tuareg 660 meningkatkan standar dalam pengalaman berkendara petualangan off-road. Tetapi pada saat yang sama juga menempatkan semangat perjalanan sebagai aspek utama berkat kinerjanya yang sempurna di aspal, teknikal premiumnya, kinerja twin-cylinder 80 HP, dan bobotnya yang berkurang hanya 187 kg tanpa cairan.

Desain Aprilia Tuareg 660 adalah hasil pekerjaan yang dilakukan oleh PADC (Piaggio Advanced Design Center), departemen gaya terdepan dari Piaggio Group di Pasadena, California. Titik pengamatan istimewa di dunia ini adalah lokasi dimana tren terbaru dikembangkan dan kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Para desainer, yang dipimpin oleh Miguel Galluzzi, menciptakan gaya yang berbeda dan sangat khas. Panduan dari proses ini adalah penghapusan besar-besaran dari setiap bagian yang tidak memiliki fungsi khusus, untuk menjaga ukuran dan berat keseluruhan tetap terkendali. Gayanya ditempa untuk menemukan keseimbangan sempurna antara bentuk dan fitur teknologi/fungsional.

Aprilia Tuareg 660 mengambil inspirasi dari dunia dan barang-barang teknikal yang digunakan dalam kegiatan petualangan: barang-barang yang sangat fungsional yang menjadikan elemen teknikal sebagai sumber keindahannya. Dengan cara yang sama, desain Aprilia Tuareg 660 menyampaikan gagasan kendaraan yang siap memenuhi kebutuhan apa pun, yang dikembangkan dengan fokus konstan pada fungsionalitas.

Solusi yang sangat unik dan inovatif dipilih untuk fairing atas, yang hanya terdiri dari plexiglass yang luas. Bagian transparan ini untuk menunjukkan dengan jelas dukungan sempurna yang terbuat dari jenis polimer tekno yang spesifik dan diperkaya dengan fiberglass yang juga berfungsi sebagai struktur pendukung klaster instrumen: bukti konstruksi Aprilia Tuareg 660 yang diperhatikan dengan baik. Untuk alasan yang sama, tidak ada panel samping klasik di bawah jok. Namun digantikan oleh dua panel yang dapat dilepas saat memasang set pannier samping (tersedia secara terpisah sebagai aksesoris) agar tetap lebih dekat ke badan kendaraan.

Sistem pencahayaan full LED mencakup unit lampu depan ringkas baru yang menampilkan DRL perimeter. Untuk pertama kalinya di kategori ini, Aprilia Tuareg 660 memperkenalkan konsep double fairing yang berfungsi sebagai pelengkap aerodinamis, yang sudah berhasil diperkenalkan pada Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660.

Menentukan aspek ergonomis adalah salah satu tantangan pengembangan yang paling kompleks, mengingat tujuan utama Aprilia Tuareg 660 adalah untuk mewakili kombinasi terbaik dari dua dunia yang berbeda: dunia enduro silinder tunggal dan dunia kendaraan petualangan.

Konfigurasi paralel dari mesin twin cylinder Aprilia memungkinkan para desainer untuk mempertahankan ketinggian sadel dari tanah dan menghasilkan jarak yang jarak sadel ke tanah yang lebih rendah namun dengan lekukan straddle yang jauh lebih rendah, memudahkan pengendara dengan tinggi badan berapapun untuk menjejak tanah. Bobotnya yang ringan, ringkas, dan memiliki keseimbangan sempurna, dikombinasikan dengan suspensi berkendara yang memecahkan rekor menjadikan Aprilia Tuareg sebagai tolok ukur baru untuk petualangan sejati dan sportivitas serta efektivitas off-road.

Arsitektur sasis Aprilia selalu diakui sebagai yang terbaik di dunia untuk keefektifan dalam berkendara sport dan khususnya sensasi bagian roda depan yang unik dan khas. Arsitektur ini adalah hasil dari budaya desain dan konstruksi yang diturunkan langsung dari pengalaman Aprilia Racing yang telah menghasilkan 54 gelar juara dunia. Arsitektur sasis ApriliaTuareg 660, seperti yang sudah hadir pada anggota keluarga Aprilia street bike lainnya, bertujuan untuk meningkatkan standar dalam kategori tersebut, baik di dalam maupun di luar jalan. Semuanya jelas sangat berbeda dengan Aprilia RS dan Aprilia Tuono karena Aprilia Tuareg 660 dirancang untuk penggunaan “tugas berat” – yaitu untuk berkendara off-road yang menantang, dengan kapasitas kargo yang signifikan sebagai faktor tambahan.

Aprilia selalu terdepan di bidang elektronik (yang pertama memperkenalkan kontrol throttle Ride-by-Wire pada Aprilia MotoGP pada tahun 2002 dan pada pabrik kendaraan roda dua pada tahun 2007) dan saat ini menawarkan APRC (Aprilia Performance Ride Control) paket kontrol elektronik.

Dikembangkan di kompetisi tingkat atas, fitur ini dianggap sebagai salah satu yang paling efektif dan canggih yang tersedia.

Aprilia Tuareg 660 dilengkapi akselerator multimap Ride-by-Wire elektronik untuk kontrol throttle yang disetel dengan baik, halus, dan progresif dari putaran mesin rendah dan paket kontrol elektronik APRC khusus yang dikalibrasi untuk kinerja dan keselamatan, dengan pengaturan khusus untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman sekaligus menantang di jalanan, dan pada saat yang sama, juga menjadikan perjalanan off-road penuh petualangan tanpa batasan, memastikan pengalaman menyenangkan berkendara yang paling murni.