7 October 2022

Rifat Sungkar dan istrinya, Sissy Prescillia, diskusi cantik sebelum start reli, Jumat (23/9/2022) sore. (sh.id/nonnie rering)

Asia Pacific Rally Championship 2022

SinarHarapan.id – Dukungan orang-orang tersayang, tentu memberi spirit tersendiri bagi sejumlah pereli nasional yang akan berlomba. Tak terkecuali seorang pereli senior, Rifat Sungkar.

Putra sulung pasangan mantan pereli nasional Alm. Helmy Sungkar dan Ria Sungkar ini optimistis meraih hasil terbaik di ajang bergengsi Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 di Kawasan Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Jumat-Minggu (23-25/9/2022).

Tak heran lantaran sang istri Sissy Prescillia hadir langsung di lintasan. Begitu juga dengan ibundanya, Ria Sungkar dan Ibu mertua, Ida Hannas juga sejumlah anggota keluarganya. Kekuatan ekstra tentu langsung menjalari pereli yang akrab disapa Pato ini. Rifat pun on fire.

Terkendala di Kejurnas reli Danau Toba, Agustus lalu, tentu saja bukan penghalang bagi Rifat. Sebaliknya, pria yang akrab disapa Rifato ini menyatakan siap bangkit meraih hasil terbaik bagi timnya, Mitsubishi XPander Rally Team.

Berpasangan dengan Ben Searcy (Australia) yang notabene merupakan navigator berpengalaman membuat Rifat makin percaya diri. Meski baru pertama kali berpasangan dengan Ben, Rifat menyatakan bisa langsung klik lantaran Ben pun cepat beradaptasi.

Rifat dan Ben Search saat lakukan start di Parapat, Simalungun, Sumut, Jumat (23/9/2022). (sh.id/nonnie rering)

Apalagi, Ben juga bukan navigator sembarangan. Di ajang Western Australian Rally Championship saat ini, Ben dan pasangannya sedang leading. Ia akan melanjutkan putaran ke-6 di rumah sendiri, Perth, Australia, pekan depan.

Artinya, pengalaman Ben bisa jadi andalan bagi Rifat. Dalam beberapa kali survey pun Rifat menyatakan nyaman dengan navigator yang murah senyum ini.

Saat temu media di Sopo Tamaro, Parapat, Simalungun, Sumut, Jumat (23/8/2022) siang, Rifat menyatakan dirinya sangat exciting turun di APRC seri ke-4 dari total 7 seri APRC sepanjang 2022 ini. Pasalnya, di ajang ini, banyak pereli hadir dengan mobil-mobil baru sehingga persaingan jadi makin ketat.

Ayah dua putra ini juga menyatakan, di setiap kompetisi yang ia jalani, selalu berprinsip dalam mengendarai mobil. “Mengapa kaca depan lebih besar dari kaca spion? Karena masa depan tentu lebih penting dari masa lalu. Itu yang saya kerjakan. Jadi, tak usah pikir hasil lalu, liat ke depan dan gapai yang terbaik.

Rifat juga mengatakan kalau ia menunggu aksi Musa Rajekshah alias Ijeck dengan mengendarai mobil barunya, Skoda Fabia. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi suami Sissy Prescillia ini bersama Mitsubishi XPander Rally Team.

Apalagi, saat temu media Ijeck yang juga Wakil Gubernur Sumut ini menyatakan kalau pacuannya sangat kencang. “Nah, kita lihat bagaimana nanti Bang Ijeck tampil dengan mobil barunya yang sangat kencang ini. Yang pasti, senang bisa mendengar dari Bang Ijeck kalau APRC akan digelar dua seri di Sumut tahun depan. Artinya Bang Ijek bakalan sering reli,” paparnya.

Usai temu media, total 65 pereli nasional dan Asia juga Australia pun melakukan start mulus pada Jumat sore. Masing-masing pereli dilepas oleh sejumlah tokoh di Sumut. Rifat dan Ben pun melakukan start cantik dan sudah sangat siap menanti tantangan dari di setiap Special Stages (SS) yang akan mulai dilakukan Sabtu (24/9/2022) hingga Minggu (25/9/2022) nanti.  (non)