30 November 2022

SinarHarapan.id-Sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) No.55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk Transportasi Jalan dikeluarkan pada Agustus 2019, ada harapan besar bahwa industri kendaraan listrik akan melaju.

Begitu pun dengan transisi kendaraan berbahan fosil akan segera berganti dengan kendaraan listrik berbasis baterai.

Dalam rangka mendorong percepatan program kendaraan listrik nasional itu, maka Pameran Indonesia
Electric Motor Show (IEMS) 2022 digelar.

Tahun ini merupakan yang ketiga kalinya pameran khusus ekosistem dan infrastruktur kendaraan listrik ini diselenggarakan, setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2019 dan 2021.

IEMS 2022 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 -30 September 2022 dengan mengusung tema: “Strenghtening Autonomous Ecosystem”.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handokomengatkan IEMS 2022 merupakan ajang untuk mensosialisasikan tentang ekosistem kendaraan listrik, termasuk juga terkait peran riset dan inovasi dalam pembangunan ekonomi dan sosial.

“IEMS 2022 merupakan salah satu bentuk dukungan dari BRIN bersama stakeholders serta produsen kendaraan listrik di Indonesia dalam menginformasikan perkembangan berbagai inovasi terbaru kendaraan listrik di Indonesia,” katanya Handoko.

Menurut Handoko, pengembangan kendaraan listrik dilakukan untuk memenuhi Prioritas Riset Nasional
(PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 yang berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom,
seperti sistem deteksi objek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction dan computer
vision. Pengembangan kendaraan listrik di era sebelumnya difokuskan pada penguasaan teknologi komponen kunci, seperti motor listrik, baterai, control system/power electronics, platform dan charging system.

“Melalui tema IEMS 2022 ‘Strengthening Autonomous Ecosystem’. BRIN ingin mendorong berbagai pihak untuk menjadi bagian dari ekosistem yang akan mendorong inovasi dan pertumbuhan di bidang AV.

Hal ini akan membantu menciptakan proposisi nilai baru yang terbentuk melalui kolaborasi,” imbuh Handoko.
Sebagai informasi, IEMS merupakan agenda kalender tahunan pameran khusus kendaraan listrik yang
diinisiasi oleh BRIN sejak 2019.

BRIN menjadi satu-satunya badan yang fokus mengembangkan riset dan
teknologi setelah terjadi peleburan LIPI, BATAN, LAPAN, dan BPPT.

Sejak Januari 2021, BRIN menjadi badan yang lebih besar lagi, dengan semakin besar BRIN, maka kegiatan
riset, pengkajian dan penerapan teknologi semakin fokus, khususnya kendaraan bermotor listrik berbasis
baterai [KBLBB] menjadi salah satu yang kita siapkan ekosistemnya dari industri, infrastruktur, dan didukung periset sebaga mitra.

IEMS menjadi ajang untuk memperluas jaringan dengan periset KBLBB dan para pengambil
keputusan.

Para expert juga akan saling berbagi ilmu dan pengetahuan melalui seminar dan talkshow. IEMS menjadai tempat terbaik untuk melihat perkembangan teknologi KLBB.

IEMS 2022 yang merupakan gelaran ajang pameran kendaraan listrik untuk kali ketiga ini didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, Dewan Energi nasional (DEN), PT Pertamina (Persero), PT PLN
(Persero), PT Wijaya Karya Industri Manufaktur (WIMA).

Berbeda dengan ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2019 dan 2021, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis internet.

IEMS 2022 dihelat dengan Konsep Offline dengan Kegiatan ini juga diisi
dengan talkshow, webinar series serta beberapa kegiatan lain diantaranya Test Drive Kendaraan Listrik.

IEMS 2021 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Kegiatan ini juga sebagai wadah transaksi penjualan kendaraan listrik, sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia tanpa harus membayar tiket masuk, pengunjung dapat masuk ke portal www.electricmotorshow.id dan melakukan registrasi melalui:
https://electricmotorshow.id/visitor-register.html.

About Post Author