26 September 2022

SinarHarapan.id-Salah satu varian andalan kendaraan Mitsubishi di tanah air yakni Triton.

Kendaraan pick up double cabin ini nyatanya banyak difungsikan untuk beberapa tujuan dan tidak hanya sekedar dimiliki dan dikendarai pada umumnya saja.

Mengusung konsep Robust Design dan Engineered Beyond Tough, Mitsubishi Triton 2022 hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap mobil pick up yang elegan, mewah, gagah, stylish, namun tetap tangguh di medan off road.

Triton sendiri sekarang sudah memiliki standar emisi Euro 4. Mitsubishi membekalinya dengan mesin diesel 4N15 (2.4 L) MIVEC dan 4D56 (2.5 L). Kedua mesin tersebut dilengkapi dengan Intercooler dan Turbocharger Direct Injection Diesel.

Dapur pacu 4N15 diklaim mampu menghasilkan tenaga 181 Ps atau 178,4 tk pada 3.500 rpm, dan torsi sebesar 430 Nm pada 2.500 rpm.

Mesin ini oleh banyak penggunanya dikenal tangguh dan tidak rewel saat menghadapi mendan-medan offroad yang terjal dan berlumpur. Kemampuan jantung pacunya membuat Triton menjadi andalan di medan-medan berat.

Triton juga diklaim berguna untuk perjalanan mendaki, mesin baru ini sangat membantu untuk mengumpulkan torsi besar pada putaran bawah. Selain mesin yang bertenaga, Triton juga memiliki daya angkut yang besar dan jarak terendah ke tanah yang ideal untuk dibawa ke area pertambangan dan perkebunan.

Meskipun beroperasi di medan ektreme, Mitsubihsi tak lupa memberikannya fitur hiburan yang mumpuni ala mobil passenger modern, seperti head unit layar sentuh yang bisa terkoneksi smartphone, AC otomatis, dan audio steering switch.

Triton memiliki dimensi panjang 5,225 mm, lebar 1,815 dan tinggi 1,780 mm yang bisa membawa muatan sebesar 1.061 liter. Cukup banyak untuk sebuah double cabin. Triton juga punya ground clearance 205 mm dan radius putar 5.9 meter sehingga bisa lebih nyaman saat putar balik di area sempit.

Triton juga telah disematkan fitur mumpuni lainnya. Triton telah dilengkapi dengan fitur keselamatan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), hill start assist (HSA), yang memberikan keamanan lebih pada sebuah unit penjelajah.

Untuk harga, Triton dipasarakan mulai dari Rp 407,45 juta sampai Rp 496,8 juta untuk model tertinggi, yakni Ultimate AT Doubel Cabin 4WD.

Ada tiga mode 4WD yang bisa dipilih yaitu 4H untuk medan jalan licin, 4HLC ketika melaju di jalan berbatu dengan cengkeraman permukaan rendah, serta 4LCC untuk jalan terjal, berlumpur, berpasir, dan bersalju.

Sejauh ini market Triton mendominasi segmennya diangka sekitar 60 persen. Hal ini membuktikan bahwa Triton menjadi model double cabin yang ideal untuk membantu pengusaha di area pertambangan dan perkebunan.

Hal ini bisa dilihat dari catatan penjualannya di Agustus 2022. Pick-up 4×4 ini mampu terjual 817 unit dengan pangsa pasar 69 persen.

Pada data yang dimiliki oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat ada 1.511 unit double cabin yang terjual di Indonesia. Sebanyak 843 unit merupakan kontribusi dari Triton.

Sebagai catatan akhir, Mitsubishi Triton Ralliart dicanangkan menjadi salah satu kendaraan yang akan berlaga di Asian Cross Country Rally (AXCR) 2022. Dalam ajang balap ini, tidak hanya soal performa yang ditekankan, tapi juga masalah ketahanan atau endurance.(Red/Iwa)