2 December 2022

SinarHarapan.id – Jakarta Concert Orchestra (JCO) di bawah naungan konduktor Avip Priatna rutin menghadirkan berbagai konser menarik dari berbagai karya komponis dunia sejak awal didirikan pada 2002. Didukung oleh www.indonesiakaya.com, kali ini Jakarta Concert Orchestra mempersembahkan malam musik yang akan menghanyutkan para pecinta musik klasik ke dalam kekayaan nada serta keindahan Indonesia melalui konser berjudul Vibes of Nusantara di Esplanade Concert Hall, Singapura.

Avip Priatna membawa Jakarta Concert Orchestra menjadi satu-satunya orkestra di Indonesia yang piawai menyajikan repertoar lintas zaman serta lintas aransemen, dengan hasil yang gemilang. Selain membawakan karya musik orkestra klasik secara konvensional, di antaranya overture, simfoni, konserto, simfoni puitis, dan simfoni vokal, JCO juga beberapa kali mementaskan opera secara lengkap.

Mendekatkan dan meningkatkan minat masyarakat melalui musik klasik menjadi salah satu alasan kami mendirikan Jakarta Concert Orchestra pada 20 tahun silam. Dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, kami ingin melestarikan lagu-lagu Indonesia masa lalu dengan aransemen kekinian, memasyarakatkan lagu-lagu daerah Indonesia dan juga memainkan komposisi baru dengan elemen-elemen khas Indonesia ke hadapan para pecinta musik klasik di luar negeri.

“Kami bersama para musisi tanah air berbangga hati akan menyajikan musik-musik dari berbagai daerah di Indonesia ke hadapan para penikmat seni Singapura. Semoga penampilan kami dapat memanjakan telinga dan diterima dengan baik oleh para penikmat seni di Singapura,” ujar Avip Priatna Mag.Art selaku Direktur Musik The Resonanz Music Studio.

Konser Vibes of Nusantara digelar masih dalam rangka memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam pagelaran ini, akan hadir pemenang “2022 European Grand Prix for Choral Singing” yaitu Batavia Madrigal Singers (BMS) yang akan menampilkan lagu-lagu Indonesia gubahan komposer tanah air dari berbagai generasi.

Selain dihibur oleh penampilan BMS selama kurang lebih 90 menit, penikmat seni juga dapat menikmati penampilan dari Jonathan Kuo (piano), Nino Ario Wijaya (clarinet), Metta F. Ariono (flute), Marini Widyastari (flute), Farman Purnama (tenor) dan Jessica Januar (sopran). Para musisi ini juga akan menambah kemegahan konser dengan menghadirkan lagu-lagu Indonesia yang familiar dengan tingkat kerumitan tinggi seperti Variasi Sepasang Mata Bola, Rampak Melayu dan Hentakan Jiwa.

JCO didirikan pada tahun 2002 oleh Avip Priatna Mag, Art dan Prof. Dr. Toeti Heraty Roosseno, dengan nama awal Jakarta Chamber Orchestra. JCO didirikan dengan tujuan menjadi orkes standar yang representatif dan menjadi bagian dari aset kota Jakarta.

Sedangkan BMS merupakan salah satu ensembel vokal, paduan suara terkemuka di Indonesia yang telah mengukir banyak prestasi di dunia musik internasional maupun Indonesia. Jessica Januar, salah satu anggota BMS juga akan tampil secara khusus dalam konser ini, setelah sebelumnya juga tampil beberapa kali sebagai solois untuk konser dan kompetisi BMS. (Red)

About Post Author