7 December 2022

Rifat Sungkar dan Benjamin Searcy (Mitsubishi Rally Team). (sh.id/nonnie Rering)

Asia Pacific Rally Championship 2022

SinarHarapan.id –  Andalan Mitsubishi XPander Rally Team, Rifat Sungkar dan navigatornya (Australia), Benjamin Searcy menyudahi total 8 SS (special stages), Sabtu (24/9/2022) sejak pagi hingga sore hari, dengan hasil memuaskan. Rifat-Benjamin menempati posisi pertama di leg 1 dengan total 8 SS  sejauh 105,10 km dengan waktu tempuh 1 jam 19 menit 56,4 detik.

Rifat dan Benjamin saling memuji usai lomba Sabtu sore Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 di Kawasan Danau Toba, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara yang masih menyisakan leg 2 dengan total 4 SS pada Minggu (25/9/2022).

Benjamin mengaku takjub dengan Rifat saat dengan ciamik memacu Mitsubishi Xpander-nya. “He’s really super driver. Proud of him,” tutur Benjamin usai leg 1. Wajar jika ia memuji Rifat.

Menurutnya, Rifat tak hanya memiliki kehandalan dalam memacu mobil, tapi saat terjadi dua kali pecah ban di SS2 Huta Tonga, yang terkenal dengan permukaan lintasan gravel, pasir dan tanah, ia melihat sendiri Rifat begitu gesit dan cepat. Sehingga problem pecah ban itu bisa segera diatasi hanya dalam waktu 1 menit 30 detik.

Sebaliknya, Rifat pun menyatakan puas dengan penampilan Benjamin dalam membaca pacenote, meski keduanya baru pertama kalinya berduet di lintasan. Penonton memberi applaus luar biasa bagi Rifat dan Benjamin di sejumlah SS.

Rifat Sungkar/Benjamin Searcy. (sh.id/nonnie rering). 

Menyusul di posisi kedua adalah pereli senior Musa ‘Ijeck’ Rajekshah dengan navigator Hervian Soejono (Bla Bla Bla Motorsport) yang memacu Skoda Fabia, dengan catatan waktu 1 jam 22 menit 18,8 detik dan posisi ketiga ditempati pereli tim Jagonya Ayam, Sean Gelael dan navigatornya Hugo Magalhaes dengan waktu 1 jam 24 menit 57,1 detik (penalty 8 menit).

Awalnya Sean Gelael memimpin Leg1 setelah menguasai total 8 SS. Sayangnya, ia terlalu cepat keluar dari Technical Zone Out. Putra Tunggal pereli senior Ricardo Gelael dan Rini S Bono ini seharusnya berada di lokasi itu selama 10 menit. (Target Time).

Tapi, baru dua menit berada di Pre Service Parc Ferme, ia sudah keluar. Alhasil catatan waktunya menjadi 1 jam 24 menit 57,1 detik dan langsung terlempat di posisi ketiga, selisih 05.00.7 detik di bawah Rifat Sungkar.

Ryan Nirwan yang awalnya ada di posisi tiga besar, harus puas hanya menempati posisi kesembilan karena sempat tergelincir keluar lintasan di SS 4. Secara overall setelah Rifat Sungkar, Musa ‘Ijeck’ Rajekshah, dan Sean Gelael, P4 hingga 8 diisi H. Rachmat/Hade Mboi, Ricardo Gelael/Rony Maroun, Bimo Pradikto/Herkusuma, H. Atuy Faturahman/Achmad Faizal dan A. Batara Michdar/Muhammad Zaki.

Leg 1 ini, banyak peserta berguguran. Dari total 65 peserta di starting list, hanya 36 pereli yang mampu menuntaskan perlombaan. Leg 2 pada Minggu (25/9/2022) akan dimulai tepat pukul 07.30 waktu setempat.  (non)

About Post Author