26 September 2022

SinarHarapan.id-Jelang gelaran OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX 2022) beberapa program unggulan siap digelontorkan.

Gelaran kelima IMX 2022 kali ini akan berlangsung secara offline setelah sebelumnya secara hybrid dikarenakan pandemi dua tahun belakangangan ini.

Menyisahkan 10 hari lagi, gelaran IMX 2022 nanti dipastikan akan menyuguhkan perpaduan otomotif dan lifestyle yang tidak bisa dipisahkan dari kalangan Milenial dan Gen Z.

Mengusung tema ‘The Indonesian Kalcer’, OLX Autos IMX 2022 akan dihelat di Hall A Jakarta Convention Center, pada 1 – 2 Oktober berlangsung pada pukul 10:00 – 21:00 WIB.

Sejumlah agenda besar akan dilangsungkan, seperti reveal mobil dan penentuan pemenang Black Stone Live Modz Challenge 2022, deretan mobil modifikasi terbaik Nasional NMAA Top 50, Peluncuran produk aftermarket dan lifestyle, Belanja produk aftermarket dan lifestyle berkualitas dengan harga terbaik.

Selain itu juga terdapat Auction berbagai produk modifikasi dari harga 100 ribu rupiah, hingga Giveaway produk modifikasi untuk pengunjung hampir setiap jam, dan tentunya Supergiveaway mobil khas IMX yang tahun ini memberikan Subaru Forester AWD garapan 5 Car Enthusiasts untuk pengunjung on the spot dan Toyota Innova 2KD by Ridwan Hanif.

Keberagaman konsep ‘The Indonesian Kalcer’ semakin semarak dengan melibatkan para pengunjung untuk mengikuti sejumlah aktifitas dan kompetisi berhadiah seperti IMX Photo & Reels Competition, IMX Sneaker Auction, IMX Masterclass, IMX Aftermarket Auction, IMX Lifestyle Area, dan perebutan juara The Lifestyle Magnet yang akan diamplifikasi langsung oleh Hypebeast.

“Potensi industri modifikasi aftermarket Nasional semakin berkembang dari tahun ke tahun. Dengan hadirnya rangkaian Indonesia Modification Expo yang sudah berjalan selama 5 tahun menjadi wadah kreatif untuk mengembangkan minat, bakat dan kreativitas anak muda Indonesia”, jelas Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo.(21/9/2022)

Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI Pusat.

“Di gelaran OLX Autos Indonesia Modification Expo 2022 ini saya terjun langsung melihat proses kreatif dari para kontestan Black Stone Live Modz Challenge 2022. Tiap kunjungan ke bengkel para kontestan, berbagai kreasi yang mereka lakukan membuat saya yakin jika industri otomotif khususnya modifikasi memiliki prospek yang cerah di beberapa tahun ke depan. Namun, seiring percepatan tren kendaraan listrik saat ini, para pelaku industri modifikasi dan aftermarket harus mampu menjawab tantangan di masa depan.” ujar Bambang Soesatyo lagi.

“Peraturan Presiden memacu  semangat kita untuk mempercepat migrasi mobil berbahan bakar fosil (BBM) ke kendaraan listrik, serta menjadi solusi di tengah tingginya harga BBM. Hal ini yang mesti diperhatikan para bengkel modifikasi supaya dapat mengimbangi peralihan tren kendaraan dan tetap menghasilkan inovasi,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini saat membuka sesi Press Conference OLX Autos IMX 2022.

“Konsep OLX Autos IMX 2022 ini akan menghadirkan nuansa yang tidak pernah dilihat di event manapun sebelumnya, silahkan berkunjung dan nikmati keseruannya bersama keluarga,” ujar Andre Mulyadi selaku IMX Project Director sekaligus Founder National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Untuk merasakan pengalaman berkunjung ke expo modifikasi dan lifestyle terbesar ini, para audiens OLX Autos IMX 2022 yang ingin mendapatkan harga khusus bisa membeli pre-sale ticket melalui situs www.imx.events. Pre-sale ticket ditawarkan mulai Rp 75 ribu.

Seluruh transaksi tiket menggunakan aplikasi Bank Neo Commerce yang tersedia di App Store maupun Play Store. Menariknya, setiap pembelian tiket pre-sale akan mendapatkan tambahan cashback sebesar Rp 25 ribu melalui HematPay di aplikasi Bank Neo Commerce. Syarat dan ketentuan berlaku.

Satu tiket yang dibeli sudah termasuk kesempatan mengikuti program OLX Autos IMX Giveaway & Supergiveaway On The Spot berupa Subaru Forester AWD garapan NMAA TV melalui tangan kreatif para produsen aftermarket, bengkel spesialis yang tergabung dalam National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dan para Influencer otomotif tanah air.

Director of Marketing OLX Autos Indonesia Sandy Maulana mengatakan, kembalinya gelaran IMX secara offline akan menjadi sebuah momentum tepat menyatukan para pelaku industri modifikasi dan aftermarket.

“Kembalinya IMX secara offline yang sempat tertunda karena pandemi selama dua tahun ini menghadirkan kembali pengalaman menyaksikan langsung kreativitas para pelaku industri serta bangkitnya sektor perekonomian Indonesia,” kata Sandy.

OLX Autos IMX 2022 juga tidak terlepas dari kehadiran OLX Autos sebagai platform jual-beli Mobil Bekas (Mobkas) berkualitas. Terlihat dari berbagai campaign mobil modifikasi sejak ajang pemanasan Road to OLX Autos IMX 2022 hingga acara puncak.

Gagasan menggali potensi industri aftermarket dan lifestyle menjadi benang merah gelaran OLX Autos IMX 2022.

“Mudahnya mendapat referensi modifikasi dari platform internet turut mendorong penjualan pasar mobil bekas sebagai basis mobil modifikasi. Oleh karena itu, OLX Autos terus mempererat kolaborasi dengan seluruh insan modifikasi melalui rangkaian OLX Autos IMX 2022. Melalui konsep pameran modifikasi, IMX menjadi rekanan kolaborasi efektif untuk memfasilitasi minat, bakat, dan kreativitas kalangan Millennial dan Gen Z,” imbuh Sandy.

Sementara itu, VP of Marketing PT Bank Neo Commerce, Tbk, Maritsen Darvita mengatakan, “Keikutsertaan Bank Neo Commerce di OLX Autos IMX 2022 adalah salah satu upaya kami dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya dalam hal ini adalah industri modifikasi aftermarket.”

Sebagai Official Banking Partner, BNC memberikan penawaran menarik untuk para pengunjung, terutama kalangan Milenial dan Gen Z, yakni setiap pembelanjaan kelipatan Rp200 ribu dari berbagai merchant produk otomotif dan lifestyle di OLX Autos IMX 2022 akan mendapat kesempatan 1 kupon ‘Extra Giveaway’ di booth Bank Neo Commerce. Promo ini hanya berlaku selama dua hari, tepatnya pada 1-2 Oktober 2022.

IMX Supporting Content
Rangkaian program kegiatan sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu dan siap ditampilkan secara final di OLX Autos IMX 2022. Antara lain:

Black Stone Live Modz Challenge 2022. Kontes modifikasi Livemodz sebagai bagian salah satu acara unggulan OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo 2022: The Indonesian Kalcer mengusung konsep baru, Black Stone Live Modz Challenge 2022 dalam tema ‘Perang Bintang’.

Setelah melakukan seleksi kepada para Car Enthusiast di Indonesia, penyelenggara memilih 5 Car Enthusiast yang juga merupakan publik figur Nasional untuk modifikasi mobil berbeda, antara lain Raffi Ahmad dan Andre Taulany dengan basis mobil BMW E30, Atta Halilintar dengan basis mobil Toyota Avanza, Basis mobil Audi R8 oleh Gading Marten, dan Mazda Miata MX-5 milik Uya Kuya.

Para kontestan akan dinilai langsung oleh dewan juri dan praktisi modifikasi di Indonesia seperti pembalap Nasional Fitra Eri, Pembalap Rally Rifat Sungkar, dan dua juri NMAA National Judge Erwin M. Choirudin dan Edy ‘Vertue Concept’.

Pemenang utama berhak mendapat piala MPR RI dan uang tunai sebesar RP 1 Miliar.

NMAA Top 50. Deretan mobil modifikasi terbaik di Indonesia akan melenggang di pelataran venue, Jakarta Convention Center Hall A pada 1 – 2 Oktober 2022 mendatang. Dari tahun ke tahun, deretan mobil modifikasi NMAA Top 50 merupakan wujud nyata kreatifitas para Car Enthusiast di Indonesia.

Khusus tahun ini, NMAA Top 50 akan dinilai dan dikurasi langsung oleh para ekspertis Nasional dan Internasional yang terdiri dari NMAA National Judge Erwin M Choirudin, dan tiga juri NMAA Overseas Judge yaitu Head of Designer West Coast Customs Musa Tjahjono, CEO Liberty Walk Toshiro Nishio, dan Builder spesialis mobil JDM di SEMA Show Big Mike.

IMX Live Virtual Stage. OLX Autos IMX 2022 akan menampilkan juga sebagaian panggung utama dari OLX Autos IMX 2022 pada pukul 18.15 WIB melalui kanal Youtube NMAA TV, selama lebih kurang 2 jam streaming pada tanggal 2 Oktober 2022. Pengunjung dapat melihat dan menyaksikan langsung dan menjadi saksi pengundian Supergiveaway dari OLX Autos IMX 2022 dengan mengunjungi Youtube NMAA TV.

OLX Autos IMX Giveaway & Supergiveaway. Para pengunjung OLX Autos IMX 2022 yang hadir langsung di lokasi dapat mendapatkan berbagai giveaway produk aftermarket berkualitas dari velg, ban, produk lampu hingga berkesempatan mendapatkan 1 mobil Subaru Forester All Wheel Drive yang dibuat oleh NMAA TV dan Mas Wahid, Garasi Drift, Den Dimas, serta Motomobi.

Pengunjung cukup membeli tiket, serta memasukan tiket tersebut ke kotak yang tersedia di venue dan mengikuti syarat-syarat yang sudah disampaikan dalam berbagai kesempatan.

Selain itu pengunjung dari luar kota yang tidak dapat hadir ke venue dapat juga menyaksikan pengundian secara streaming pada tanggal 2 october di Youtube NMAA TV dan berkesempatan mendapatkan Innova 2KD ‘Family Racing Car’ garapan Ridwan Hanif. Untuk mendapatkan supergiveaway online pengunjung bisa mengakses situs www.innovasupergiveaway.com.

NMAA x IATO. National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menggandeng Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) dalam hal ini sebagai wadah untuk menghimpun ahli teknik otomotif di Indonesia menghadirkan solusi kenaikan harga bahan bakar dan percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Proyek ini turut menghadirkan dua buah purwarupa motor konvensional dari Honda Beat dan Yamaha Mio yang dikonversi menggunakan tenaga listrik dan hybrid yang akan dikenalkan pada gelaran OLX Autos IMX 2022.

IMX Masterclass. Sesi IMX Masterclass menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman seputar industri modifikasi aftermarket dari para narasumber yang sudah ahli di bidangnya. Para pengunjung juga berkesempatan mengajukan pertanyaan kepada para konsumen terkait bisnis modifikasi, inovasi karya, hingga tren modifikasi proper di Indonesia. Para pembicara akan mengisi topik pembahasan dengan tema ‘Quality Beyond Quantity’, JDM vs Indonesian Kalcer, dan ‘Karya Indonesia di Mata Dunia’.

Program IMX Masterclass nantinya akan menghadirkan sejumlah narasumber Influencer otomotif, modifikator Nasional dan Internasional. Diantaranya Om Mobi, Jeffrey Polnaja, Rockford Pojono ‘LugNutz’, Dipo dan Ziko ‘Garasi Drift’ hingga Overseas Guest Talkshow dari Musa Tjahjono (West Coast Customs), Toshiro Nishio (Liberty Walk), dan Big Mike (Think Bigger Project).

IMX Art Installation by Mulkay. Visual Artist penggagas karakter Key Visual OLX Autos IMX 2022, Muklay menampilkan instalasi karya seni bertema The Indonesian Kalcer. Desainer bernama lengkap Muchlis Fachri yang juga memiliki hobi di bidang otomotif ini akan menampilkan kreasi visual sebagai representasi dari tema besar OLX Autos IMX 2022.

Fast & Furious Car Line Up. Memasuki tahun 2000-an Car Enthusiast Indonesia sedang menggemari gaya modifikasi setelah film waralaba film Fast Furious pertama tayang di bioskop. NMAA menggandeng bengkel Prabus serta produsen stiker Max Decals untuk menghadirkan beberapa unit mobil-mobil khas beragaya Fast Furious untuk dapat dihadirkan.

Pengunjung dapat melihat dan berfoto langsung dengan koleksi jajaran mobil mobil tersebut di OLX Autos IMX 2022: Toyota Supra ala Brian O Connor, Nissan Skyline GT-R R34 ala Brian O Connor, Nissan Skyline GT-R R33 ala Leon, Nissan 350Z ala DK, hingga Mazda RX-7 ala Han, dan Honda S2000 ala Suki.

Diecast Custom Championship. Dalam mendukung kreativitas para pehobi mainan atau minatur mobil (Diecast), OLX Autos IMX 2022 berkolaborasi dengan Indonesia Diecast Expo (IDE) menghadirkan kompetisi Diecast Custom Championship. Kegiatan ini dapat diikuti oleh para pecinta Diecast dan pengunjung OLX Autos IMX 2022 selama dua hari, 1-2 Oktober 2022 di JCC, Jakarta. Pemenang berhak mendapatkan hadiah eksklusif dari IMX dan IDE.

IMX x IST. Popularitas sneakers di kalangan masyarakat Indonesia terutama kalangan Milenial dan Gen Z saat ini sedang meningkat pesat. Penggunaan sneakers saat ini sudah menjadi tren masyarakat urban. Untuk itu, IMX berkolaborasi dengan Indo Sneaker Team (IST) menghadirkan program menarik untuk para ‘Sneakerhead’ di gelaran OLX Autos IMX 2022.

IST akan berkolaborasi dengan Good Fix pabrikan stiker lokal dan OLX Autos untuk menghadirkan 1 unit Volkswagen Combi Unik yang didesain penuh membawa box sepatu serta berbagai spot foto menarik untuk para pengunjung, para pengunjung dapat berselfie dan mendapatkan berbagai hadiah.

Selain itu IST juga akan membuat lelang sneakers “holy grails” bernilai jutaan rupiah yang bisa diikuti hanya harga mulai dari 100 ribu saja, sneaker heads wajib hadir pada kegiatan ini.

IMX Aftermovie Video Contest. Kali ini, semua pengunjung OLX Autos IMX 2022 berkesempatan ikut kompetisi IMX Aftermovie Video Contest (Photo & Reels Competition) dengan menampilkan seluruh karya kreatif dari para insan modifikasi Indonesia dalam format video dan foto. Pemenang nantinya akan mendapat hadiah eksklusif dari IMX. Peserta yang ingin mengikuti bisa tag akun Instagram IMX dan menggunakan hashtag #OLXAutosIMX2022 #OLXAutosIMX2022PhotoandReels

IMX Garage Sale. Dari sejumlah booth di area garage sale memberikan suguhan promo untuk berbagai produk seperti: parts carbon, aksesoris lampu, velg berkualitas, hingga spare part offroad yang terbilang variatif seperti diskon produk hingga 80 persen hingga promo buy 1 get 1 free.

IMX Lifestyle Area. Gelaran IMX kali ini berpadu dengan unsur street wear atau dikenal dengan sebutan lifestyle. Produk tersebut diantaranya artikel terbaru dari beragam produk fashion dengan menghadirkan suguhan produk sneaker dari IST, serie DJ terbaru dari Pioneer DJ, apparel dan street wear dari Raw Type Riot, Petrolist, Otogammara maupun Rabbit and Wheels

IMX Auction. Dalam program IMX Auction pengunjung dapat menaksir harga terbaik untuk produk sneaker dan aftermarket. Perlu diketahui, untuk para pengunjung yang mengikuti lelang artinya peserta bisa membeli produk melalui IMX Sneaker Auction dan IMX Aftermarket Auction. Beragam produk terbaik tersebut siap ditebus di lokasi acara hanya dengan harga mulai dari 100 ribu rupiah.

The Lifestyle Magnet. Seluruh rangkaian OLX Autos IMX 2022 telah memilih para pengunjung dengan outfit terbaik bergaya Kalcer Streetwear. Di acara puncak 1-2 Oktober nanti, pemilihan The Lifestyle Magnet kembali hadir. Untuk itu, para pengunjung wajib datang dengan menggunakan outfit Kalcer Streetwear terbaiknya untuk berkesempatan memenangkan title ‘The Lifestyle Magnet‘ serta mendapat hadiah eksklusif dari IMX.

IMX 2022 Exclusive Release.
Program peluncuran produk / jasa modifikasi yang secara eksklusif dilakukan pada IMX 2022. Di antaranya:

Kolaborasi Honda Indonesia X Tutu. Honda City Hatchback RS akan menjadi sebuah kanvas berkreasi menarik. Nantinya seluruh bodi mobil tersebut diberi visual art dengan karakter Tutu Graf. Pemilihan karya tersebut menjadi representasi dari tema simbol bentuk abstrak khas Tutu dengan perpaduan warna kontras yang merepresentasikan kecanggihan sebuah proses teknologi modern dan mobilitas masyarakat urban.

Wujud kolaborasi ini akan ditampilkan secara eksklusif berkat kolaborasi Honda Indonesia dengan seniman Tutu Graf di OLX Autos IMX 2022.

Mega Arvia. Sejumlah merek velg dan ban milik Mega Arvia akan mengeluarkan produk terbarunya pada event OLX Autos IMX 2022 mendatang seperti Nankang CSR, Lenso D1-Racing, Lenso 95V, dan Fuel Slayer (Flow Forming).

Tak hanya mengeluarkan produk terbarunya, Mega Arvia juga akan memberikan berbagai penawaran menarik seperti diskon produk velg up to 30%, diskon up to 40% untuk paket velg + ban, dan program beli 3 ban gratis 1 ban untuk produk Delium, serta hadiah merchandise menarik untuk pembelian ban Continental dan Delium.

DNZ Wheels R15. Merek velg aftermarket bergaya JDM, DNZ Wheels akan meluncurkan lini produk terbaru dalam kategori IMX Exclusive Release.

Dua velg DNZ Wheels akan hadir dalam desain berbeda dengan lingkar diameter 15 inci dan PCD 4×100. Line up terbaru ini diperuntukan untuk para pengguna city car, hatchback, small mpv di Indonesia dengan suguhan warna dan desain orisinal dari DNZ Wheels yang dijual hanya 100 set.

Yoong Motor Group. Spesialis modifikasi lampu mobil Yoong Motor Indonesia dijadwalkan menghadirkan produk baru dalam program IMX Exclusive Realease, antara lain slim frame untuk Innova Reborn, lensa terbaru dari Saber Industries, hingga projector 3 inci dari Hyperion Indonesia. Beberapa sponsor pendukung Yoong Motor Indonesia seperti Osram juga akan merilis produk baru dan beragam suguhan promo pembelian pada 1-2 Oktober 2022.

Turbo Bastard Wheel X Muklay. Produk velg aftermarket Turbo Bastard oleh Gofar Hilman akan menebar diskon pembelian merchandise T-Shirt Turbo Bastard Wheel dalam program IMX Special Deals dengan suguhan diskon 30%. Momen ini juga diikuti dengan penjualan 25 set velg Turbo Bastard ‘Dashing’ ukuran 15×7 inci dan PCD 4×100 dalam varian warna putih dengan Turbo Fan dengan karya Muklay yang unik serta identik.

IMX Merchandise. Rilisan terbaru official merchandise OLX Autos IMX 2022 semakin melengkapi para audiens yang hadir ke lokasi venue. Produk merchandise yang selalu diburu untuk dijadikan memorabilia tersebut nantinya akan dijual dengan jumlah terbatas dan dijual hanya di booth official merchandise di Jakarta Convention Centre Hall A.

Motul Indonesia. Dikenal sebagai produsen oli kendaraan selama puluhan tahun, Motul Indonesia siap melengkapi jajaran produk IMX Exclusive Realease berupa Car Maintenance & Care dan Motorcycle Maintenance & Care, oli mobil Motul V300 dengan kandungan Ester Core, dan oli khusus mobil Hybrid.
HSR Wheel. Dengan konsep boutique booth, produsen velg aftermarket HSR Wheel siap hadirkan suguhan promo hingga 10% selama OLX Autos IMX 2022 dan perilisan produk velg terbaru yang termasuk dalam program IMX Exclusive Release.

Torsion Wheels. Line up velg aftermarket Torsion Wheels akan mengenalkan dua line up produk velg aftermarket berkualitas buatan Indonesia dari jajaran produk TR Series dan TX Series. Torsion Wheels juga akan memberikan promo pembelian dan potongan harga untuk para pembeli serta menghadirkan program menarik untuk pengunjung OLX Autos IMX 2022 berupa giveaway berhadiah masing-masing satu set velg Torsion Wheels Newton ukuran 15 inci dan Gauss ukuran 16 inci.

Bersamaan dengan tingginya animo pengunjung menjelang OLX Autos IMX 2022 ‘The Indonesian kalcer’ dalam hitungan hari. Penjualan tiket pre-sale masih dibuka hingga 23 September 2022. Akan tetapi jangan khawatir untuk pengunjung yang tidak kebagian tiket pre-sale dapat membeli tiket langsung on the spot di lokasi venue event OLX Autos IMX 2022 di Jakarta Convention Center Hall A, Senayan, Jakarta.

Pesta industri modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia, OLX Autos IMX 2022 terwujud berkat kolaborasi bersama OLX Autos sebagai Main Sponsor, Bank Neo Commerce sebagai Official Banking Partner, serta kehadiran dua Co-sponsor Belkote Paints dan Goodfix Aurocal dan tentunya puluhan brand partner serta member dari NMAA Indonesia.