26 September 2022

SinarHarapan.id-Samsonite, brand koper, perlengkapan, dan aksesori perjalanan terbesar dan ternama di dunia, secara resmi mengumumkan kehadiran program ikonik Luggage Trade-in yang telah berjalan sejak tanggal 7 September dan akan terus berlangsung hingga tanggal 9 Oktober 2022.

Konsumen dan pelanggan dapat menukarkan koper lama mereka dalam kondisi apa pun untuk menikmati diskon sebesar 40% untuk pembelian koper Samsonite khusus seri NIAR, ENWRAP, dan VOLANT di gerai Samsonite di seluruh Indonesia serta di official store Samsonite di berbagai e-commerce yang baru saja dimulai pada 12 September dan berlaku hingga 7 Oktober 2022.

Tahun ini, Samsonite kembali bekerja sama dengan Yayasan WWF Indonesia, serta bermitra dengan dua organisasi lingkungan lokal, PlusTik dan Robries, guna memberikan dampak yang lebih terpadu dan optimal. Program Luggage Trade-in adalah bagian dari strategi global Samsonite untuk sustainabilitas yang mencakup siklus produk menyeluruh.

Nadya Pertiwi, Country Head, PT Samsonite Indonesia, berkata, “Samsonite kini menyambut kebangkitan dan pemulihan industri pariwisata dunia, serta merangkul semua peluang yang muncul seiring dengan pemulihan ini. Tidak hanya sustainabilitas lingkungan yang dibangun dalam kultur kami, namun Samsonite juga berkomitmen untuk terus mengutamakan inovasi. Seiring dengan perkembangan brand Samsonite, kami terus berinovasi dalam menghadirkan solusi dan program perjalanan yang dibuat dengan mempertimbangkan konsumen serta lingkungan hidup. Kembalinya program Luggage Trade-in merupakan bukti nyata komitmen Samsonite dalam memainkan peran guna kelestarian lingkungan”.(15/9/2022)

Satish Peerubandi, Vice President, Samsonite Southeast Asia, mengatakan, “Kami menyadari pentingnya beraksi dengan mempertimbangkan sustainabilitas lingkungan. Hari ini, kami melihat bahwa tanggung jawab komitmen sustainabilitas telah bergeser ke pundak organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, tugas Samsonite tidak hanya memanfaatkan inovasi untuk menghasilkan produk terbaik, tetapi juga menggunakan inovasi – pola pikir – dalam berkontribusi bagi sustainabilitas, sehingga generasi ini dapat mewarisi dunia yang lebih baik kepada untuk generasi mendatang. Kami sangat bersemangat untuk sekali lagi menghadirkan program Luggage Trade-in. Kami juga yakin akan kesuksesan kemitraan dengan Yayasan WWF Indonesia dan PlusTik yang mampu menjembatani tujuan sustainabilitas kami dengan kepemimpinan sustainabilitas mereka.”

Program Luggage Trade-in juga memperkuat strategi Samsonite dalam penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, Governance) yang mencakup seluruh perjalanan pengembangan produknya yang berkontribusi dalam mengurangi dampak lingkungan, hingga memimpin industri dalam kaitannya dengan atribusi pada lingkungan.

Hazlina Dayangku, Head of Marketing & Brand Strategy, Samsonite Southeast Asia, menjelaskan, “Program Luggage Trade-in merupakan bagian dari strategi global jangka panjang Samsonite yang berfokus pada siklus hidup produk – mulai dari perancangan dan produksi produk berdaya dan awet, peran perusahaan dalam kurangi dampak pada planet, serta memastikan keterlibatan orang-orang, mitra, dan seluruh pemangku kepentingan, sehingga mendapatkan manfaat dari progress yang terpadu dan berkesinambungan ini. Melalui program Luggage Trade-in, kami ingin menjadi penyeimbang dari budaya throwaway (bersampah), dengan menggunakan inovasi pokok untuk menemukan cara menggabungkan sumber material yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta turut mengurangi beban di tempat pembuangan sampah.”

Dalam program ini, Samsonite akan mendonasikan Rp 100.000 dari setiap transaksi hasil program trade-in kepada Yayasan WWF Indonesia melalui program Signing Blue yang berfokus pada perlindungan sumber daya alam dan mendorong pengembangan sistem pariwisata bahari yang bertanggung jawab di Indonesia.

Imam Musthofa, Head of Marine & Fisheries Program, Yayasan WWF Indonesia juga mengatakan, “Kami senang dapat berkolaborasi dengan salah satu brand terbesar di industri travel sebagai bagian dari komitmen kami dalam menjaga lingkungan. Kolaborasi ini merupakan kesempatan besar untuk meningkatkan kesadaran akan dampak lingkungan dan bagaimana kita bisa mengajak lebih banyak orang untuk ikut membuat pilihan yang cerdas dan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Semoga program ini dapat membawa perubahan positif untuk menciptakan dunia yang lebih berkelanjutan bagi generasi mendatang.”

Samsonite telah melewati perjalanan panjang dengan penuh tanggung jawab, namun untuk mendorong keberlanjutan dalam jangka panjang tentu dibutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk para pelaku bisnis dan masyarakat. Oleh karena itu, Samsonite juga bekerja sama dengan organisasi pemerhati lingkungan lokal, PlusTik dan Robries, untuk meningkatkan kesadaran terhadap masalah lingkungan dan mendorong lebih banyak lagi orang yang akan memberikan kontribusi positif untuk keberlanjutan.