30 November 2022

SinarHarapan.id – Lewat akun twiiter resminya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ratu Elizabeth II.

I am deeply saddened by the passing of Queen Elizabeth II, a widely admired and beloved queen (Saya sangat berduka atas meninggalnya Ratu Elizabeth II, seorang ratu yang sangat dikagumi dan dicintai),” kata Presiden Jokowi melalui akun twitter resminya @jokowi, Jumat (9/9/2022).

Ratu Elizabeth II wafat saat berada di Istana Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia, Jumat. Kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II diketahui memburuk usai dirawat pada Oktober 2021.

My deepest sympathy and heartfelt condolences to the Royal Family, the government, and the people of the UK (Saya sampaikan simpati dan belasungkawa yang tulis kepada keluarga kerajaan, pemerintah dan rakyat Britania Raya,” kata Presiden lagi.

Ratu Elizabeth II tercatat menjadi pemimpin yang paling lama memerintah dalam sejarah Inggris. Ratu meninggal pada usia 96 tahun, setelah 70 tahun memimpin kerajaan monarki Inggris.

Pada Kamis (8/9) pagi, pihak keluarga kerajaan mengumumkan para dokter khawatir tentang kesehatan Ratu dan menempatkannya di bawah pengawasan medis.

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip telah meninggal dunia pada bulan April 2021 pada usia 99 tahun.

Elizabeth dan Philip menikah selama lebih dari 70 tahun dan memiliki empat anak: Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Ratu Elizabeth II telah memerintah lebih lama daripada raja lainnya dalam sejarah Inggris, menjadi sosok yang sangat dicintai dan dihormati selama pemerintahannya beberapa dekade.

Sang Ratu mencapai tonggak sejarah 70 tahun di atas takhta pada tanggal 6 Februari 2022, merayakan dengan Platinum Jubilee pada bulan Juni untuk menandai kesempatan tersebut.

Putra sulungnya, Pangeran Charles (73) langsung naik takhta Inggris setelah kematiannya. Saat ini, statusnya menjadi Raja Charles III dan istrinya Camilla Parker Bowles mendapat gelar Queen Consort.

About Post Author