28 January 2023

SinarHarapan.id-Pada kondisi cuaca saat ini dengan curah hujan tinggi, AutoFamily perlu waspada mobil mengalami kendala karena terendam banjir, entah itu ketika berada di jalan, atau ketika mobil  sedang diparkir.

Tentu kita semua tak menginginkan hal itu terjadi, tapi sebagai bekal untuk antisipasi, berikut Auto2000 sampaikan tips pertolongan pertama yang dapat AutoFamily lakukan jika mobil bermasalah akibat banjir.

1. Jangan Menyalakan Mesin Mobil

Jangan pernah mencoba menyalakan mesin jika mobil mogok ketika melewati jalan banjir karena ada risiko terkena water hammer. Termasuk ketika mobil terendam banjir saat parkir, jangan pernah menyalakan mesin untuk memindahkannya meskipun terlihat aman dari luar.

2. Lepaskan Kabel Aki dan Hati-Hati saat Memeriks Komponen Mobil

Mobil akan terhindar dari risiko korsleting alias hubungan arus listrik pendek yang bisa membuat komponen kelistrikan rusak jika melepaskan kabel dari kepala aki. Namun andai tidak memungkinkan, kabel aki mobil tidak perlu dilepas.

Komponen pengapian seperti busi, saringan udara, koil, alternator, serta kabel-kabel dan sambungannya rawan rusak kalau terkena banjir. Hati-hati ketika memeriksa ECU (Electronic Control Unit) karena sangat sensitif dan berisiko mengalami kerusakan fatal.

3. Bawa Mobil ke Tempat Aman

Mobil bisa didorong ke lokasi yang lebih aman, tapi jangan paksakan kalau kondisinya berbahaya seperti arus air kuat atau banjir terlalu tinggi. Sepanjang tidak mengganggu lalu lintas, parkir saja mobil di lokasi banjir dan pastikan tidak ada barang berharga tertinggal di dalamnya.

4. Periksa Kondisi Oli Mesin

Perhatikan ketinggian air dengan melihat bekasnya di dalam ruang mesin. Jika melewati batas rumah transmisi, ada potensi mesin mobil kemasukan air banjir. Cek kondisi oli mesin melalui dipstick. Kalau keruh atau berubah warna menjadi coklat, artinya air sudah masuk ke dalam ruang mesin. Tidak ada yang dapat AutoFamily lakukan kecuali menghubungi layanan darurat saat kondisinya sudah seperti ini.

5. Panggil Layanan Darurat

Spesial untuk pembelian Toyota lewat cabang Auto2000 atau Auto2000 Digiroom, AutoFamily langsung mendapatkan keanggotaan AstraWorld secara gratis selama 5 tahun. AstraWorld mengoperasikan layanan darurat Emergency Roadside Assistance (ERA) selama 24 jam nonstop.

Tim ERA dapat dihubungi di nomor 500898, akan  membawa mobil pelanggan yang menjadi korban banjir menggunakan mobil gendong (car carrier) ke bengkel Auto2000 terdekat. Tim bengkel Auto2000 akan melakukan perhitungan tingkat kerusakan mobil dan saran perbaikannya.

Pastikan Ada Perluasan Jaminan Asuransi Korban Banjir

Pastikan AutoFamily memiliki perluasan jaminan asuransi kendaraan yang meng-cover kerusakan akibat banjir. Dan yang tak kalah penting lagi, jangan pernah nekat atau sengaja menerjang banjir, karena kerusakan seperti ini berpotensi membuat klaim asuransi ditolak.

Jadi sebaiknya sebelum melakukan perjalanan AutoFamily perlu update terkait kondisi rute yang akan dilalui, dan sebaiknya hindari menerjang banjir. Atau tunda perjalanan hingga jalan aman untuk dilewati.

“Jangan pernah memaksakan melewati jalan banjir karena berisiko mobil mogok. Cari rute alternatif atau tunggu hingga banjir surut. Begitu mobil mogok, segera hubungi layanan darurat agar dapat dibawa ke bengkel Auto2000 untuk mendapatkan perbaikan. Pastikan pula mobil memiliki perluasan jaminan asuransi korban banjir. Segera manfaatkan promo menguntungkan yang ditawarkan spesial di Auto2000 Digiroom,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (17/10/2022).

 

About Post Author