1 February 2023

SinarHarapan.id– PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang membawahi 28 perusahaan dan bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) mencatatkan kinerja positif pada kuartal ke-3 tahun 2022.

DYAN berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 15,9 Miliar dan pendapatan sebesar Rp 631,3 Miliar pada kuartal ke-3 tahun 2022. Pendapatan DYAN meningkat 178% yoy dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kontribusi terbesar pendapatan sebesar 77% atau senilai Rp 485 Miliar didapatkan dari segmen bisnis Penyelenggaraan Acara/ Pameran yaitu PT Dyandra Promosindo beserta anak usahanya.

Kontribusi lainnya diperoleh dari segmen bisnis Ruang Konvensi dan Pameran sebesar 16%, segmen bisnis Hotel sebesar 4%, dan segmen bisnis Pendukung Acara sebesar 3%.

Meningkatnya Permintaan Pasar Industri MICE

Tahun 2022 sebentar lagi akan berakhir, namun permintaan akan penyelenggaraan event offline dan online semakin meningkat.

Manajemen perseroan optimis dapat mencapai target pertumbuhan pendapatan sebesar 60% pada akhir tahun 2022. Untuk mencapai target yang telah ditetapkan, tentu saja akan di dorong oleh kinerja melalui lini bisnis DYAN yaitu bisnis Penyelenggaraan Acara/ Pameran melalui unit bisnis PT Dyandra Promosindo. Di penghujung tahun ini, beberapa event yang akan diselenggarakan diantaranya Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2022, merupakan pameran travel yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan berplat merah Garuda Indonesia bersama Bank Mandiri dan PT Dyandra Promosindo. GATF 2022 diresmikan hari ini (27/10) dan diselenggarakan sampai dengan 30 Oktober 2022 di ICE, BSD City.

Festival dan konser musik yang siap digelar oleh PT Dyandra Promosindo adalah festival musik Projek-D pada 29-30 Oktober 2022 di De Tjolomadoe, Jawa Tengah. Dengan mengusung spirit musik lintas genre, pentas perdana Projek-D akan menampilkan puluhan musisi Tanah Air, diantaranya Pamungkas, Vierratale, Ndarboy, Coldiac, The Changcuters, Solosensis, Okaay, Kahitna, Fajar Merah, Reality Club, Ardhito Pramono, Feel Koplo, Bilal Indrajaya x Ade Paloh, Mawang, Ikkubaru, Black Herses, dan Soegi Bornean untuk memeriahkan gelaran panggung Projek-D Vol. 1.

Sukses dengan deretan konser K-Pop yang diselenggarakan sebelum pandemi, PT Dyandra Global Edutainment kembali akan menyelanggarakan konser musik Korea NCT 127 2ND TOUR ’NEO CITY: JAKARTA – THE LINK’ pada 4-5 November 2022 di ICE BSD City. Berkat tingginya antusiasme penonton, konser yang semula dijadwalkan hanya satu hari, ditambah menjadi dua hari.

Semarak Jelang Gelaran Presidensi G20 Indonesia

PT Dyandra Promosindo hari ini (28/10) juga menjadi penyelenggara event Y20 Post Summit – Gaung Muda Indonesia di Surakarta yang merupakan rangkaian penutup dari agenda Y20 Summit. Kegiatan ini rencananya juga dihadiri oleh Ganjar Pranowo – Gubernur Jawa Tengah, Ridwan Kamil – Gubernur Jawa Barat, dan Gibran Rakabuming Raka – Walikota Surakarta, yang akan memberikan pandangan mereka terhadap peran pemimpin muda dalam Sesi Leadership Talk Show yang bertemakan “Enhancing the Role of Young Leaders”.

Rangkaian puncak Presidensi G20 Indonesia terpusat di Bali juga membawa berkah bagi unit bisnis DYAN. Dimulai dari event SOE International Conference pada 17-18 Oktober 2022 oleh PT Fasen Creative Quality (Quad Event); kemudian B20 Indonesia Summit 2022 pada 13-14 November 2022 yang diselenggarakan oleh KADIN dan PT Dyandra Promosindo dimana seluruh rangkaian acara diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center, salah satu properti milik DYAN yang dikelola oleh unit bisnis PT Nusa Dua Indonesia. Masih dalam semarak penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, melalui Dyandra Promosindo dan Quad Event, masing-masing juga berpartisipasi dalam agenda G20 Indonesia 2022, 4th Sherpa Meeting pada 11–14 November 2022 di Intercontinental Uluwatu, Bali dan IOG Convention 2022 yang akan dilaksanakan pada 23 – 25 November 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center.

Mirna Gozal selaku Corporate Secretary DYAN menjelaskan bahwa DYAN berkomitmen untuk meningkatkan market share di industri MICE Indonesia dalam jangka panjang. Manajemen terus melakukan transformasi bisnis yang terukur dan bisnis model yang baru menyesuaikan permintaan pasar yang terus berkembang. Tidak hanya dari sisi pengembangan bisnis, manajemen juga memastikan kegiatan usahanya berlandaskan ESG (Environmental, Social and Governance) yang merupakan elemen penting untuk mencapai bisnis berkelanjutan.

 

About Post Author