30 November 2022

SinarHarapan.id-Searce memperluas strategi bisnisnya untuk terus menjadi konsultan teknologi TI terdepan untuk membantu berbagai jenis bisnis menuju modernisasi dan meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan.

Searce, perusahaan konsultan teknologi yang berfokus pada solusi cloud, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan analitik data menjalin kemitraan strategis dengan Ayoconnect, perusahaan platform Open Finance terbesar di Asia Tenggara.

Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat akselerasi digitalisasi perbankan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi Application Programming Interface (API).

Penggabungan kedua pengalaman dan keahlian, Searce dan Ayoconnect, akan membantu lembaga keuangan, perusahaan rintisan (startup) dan bisnis meluncurkan Produk layanan digital baru dengan cepat serta membuka lebar akses keuangan untuk Pencapaian target 90% inklusi keuangan pada tahun 2024 di Indonesia.

“Searce telah mengambil porsi penting di dalam perjalanan digital ttansformasi Ayoconnect untuk menghadirkan produk keuangan digital dalam format standar bisnis di seluruh Asia Tenggara.” jelas Benedikta Satya, Country Director Searce Indonesia.(11/10/2022)

“Dengan pengalaman kami, terdepan di bidang Cloud, kami akan berupaya memenuhi semua kebutuhan konsumen, misal mengenai data  ” tambah Benedikta.

Dijelaskan lebih lanjut, Open Banking API telah menjadi salah satu faktor keberhasilan strategis untuk model bisnis transaksi digital di sektor keuangan. Sehingga ke depannya dapat tercipta ekosistem digital, kolaborasi, berbagi data dengan tetap memperhatikan prinsip adopsi teknologi yang bertanggung jawab.

“Kecerdasan digital sebagai pendukung untuk membangun sebuah platform integrasi data, membangun konektivitas, layanan keuangan yang terpersonalisasi untuk menuju cashless society”, ujar Benedikta.

Hingga kini Benedikta menambahkan, Searce lebih memfokuskan infrastructure modernisation dan data analytics kepada konsumennya.

Sejalan dengan pengadopsian modul Business to Business (B2B), terjadi peningkatan transaksi dan lalu lintas pelanggan yang sangat signifikan, sehingga Ayoconnect perlu meningkatkan kapasitas infrastrukturnya untuk menskalakan perubahan yang terjadi dengan cepat tanpa membebani tim dan performa.

Melalui pengoptimalan arsitektur yang diaktifkan oleh Google Cloud, Ayoconnect dapat menjaga tim tetap ramping dan biaya pemeliharaan serta pengembangannya tetap rendah.

Dengan dukungan Apigee API Management yang merupakan bagian dari Google Cloud Platform (GCP), dalam waktu singkat Ayoconnect dapat merancang, mengamankan, dan menskalakan berbagai infrastruktur finansial berbasis API.

Kini, Ayoconnect dapat mendukung layanan sebanyak 1.000 kali lipat dalam hit API dibandingkan dengan iterasi B2C sebelumnya dan dapat mengurangi beban team DevOps, hingga dapat meningkatkan efisiensi sampai 70%.

Apigee merupakan sebuah API management yang berfungsi sebagai alat modernisasi aplikasi dan monetisasi saluran bisnis. Penggunaan teknologi ini memberikan nilai tambah bagi bisnis Ayoconnect melalui solusi manajemen Apigee API yang terintegrasi.

Solusi Apigee dapat memberikan lapisan keamanan yang baik dan menyelesaikan berbagai tantangan industri financial yang ada saat ini.

“Kolaborasi dengan Searce merupakan hal penting dalam pertumbuhan bisnis kami demi membantu digitalisasi transaksi keuangan dengan mengadopsi transformasi digital dengan lebih baik serta tepat pakai,” jelas Adi Vora, Co-Founder dan CPTO, Ayoconnect.

Dengan dukungan Searce, Ayoconnect siap memperluas pasar dan berfokus pada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, migas dan manufaktur.

Initiatif ini juga dapat membuka lapangan kerja bagi generasi muda dan juga untuk mendukung Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025).

About Post Author