2 February 2023

Para juara tersenyum gembira menerima hadiah sejumlah uang setelah menjadi yang terbaik pada Turnamen Biliar Piala Hary Tanoesoedibjo, Minggu (30/10/2022) malam. (sh.id/nonnie rering)

SinarHarapan.id – Turnamen Biliar Antarwartawan dan Korporasi 2022 berakhir  mulus Minggu (30/10/2022) malam di Mega Pluit Village, Penjaringan, Jakarta Utara. Adalah Suwondo (Radar Jakarta.com), Nicko (Khatulistiwa.News), Hengky T (Delima Ping) dan Adi Seno (PLN) yang pulang dengan sumringah setelah tampil sebagai pemenang.

Suwondo di final mengungguli Nicko 4-0, sementara Hengky harus lebih “all out” untuk mengalahkan Adi Seno 3-2.

Atas sukses itu, Suwondo berhak atas Piala Ketua Umum PB POBSI Hary Tanoesoedibjo dan hadiah utama sebesar Rp5 juta. Piala dan hadiah uang masing-masing Rp4 juta dan Rp3 juta digaet Nicky dan Hengky. Sementara Adi Seno membawa pulang hadiah sebesar Rp2 juta.

Peringkat 5-8 dari turnamen yang menyediakan hadiah total Rp14 juta ini berturut-turut ditempati Gema (FIN), Rendi (RTV), Johny (Kalbe Farma) dan Arief T (Tempias.com).

Para peserta mengapresiasi event yang diselenggarakan oleh Aby Bahagiana dari Journalist Billiard Club (JBC) ini. Mereka berpartisipasi tanpa dikenai uang pendaftaran, serta mendapatkan makan siang.

Turnamen Biliar Antarwartawan dan Korporasi 2022 memperebutkan Piala Hary Tanoesoedubjo ini ditutup oleh Sekjen PB POBSI Robby Suarly mewakili Ketua Umum PB POBSI Hary Tanoesoedibjo yang membuka resmi turnamen pagi harinya.

Peserta dan panitia turnamen biliar antarwartawan dan korporasi Piala Hary Tanoesoedibjo boleh berbangga hati. Pasalnya, baru kali ini HT, sapaan akrab Hary

Tanoesoedibjo membuka turnamen di rumah biliar. Selama ini Ketua Umum PB POBSI itu membuka turnamen selalu di Puslatnas Biliar POBSI di Green Garden, Jakarta Barat.

“Pak HT baru kali ini berkenan membuka turnamen di rumah biliar. Pak HT merasa senang karena Mille Billiards ramah anak dan keluarga. Di dalam venue tidak boleh merokok, minum minuman keras, narkoba dan judi,” ucap Robby Suarly dalam sambutannya ketika menutup turnamen.

“Ini membuktikan kepedulian dan perhatian besar Pak Hary Tanoesoedibjo pada event ini,” ujar Robby Suarly yang pernah menjadi pemain biliar nomor satu Indonesia era 1980-1990an.

Kedua, ucap legenda biliar nasional itu, HT juga mendukung jika kelak even nasional dan internasional digelar di  Mille Billards.

Sementara itu, Aby Bahagiana, Ketua Panitia Turnamen Biliar Antarwartawan dan Korporasi mengemukakan, peserta mencari  race to three, atau mencari tiga kemenangan pada babak penyisihan. Lalu pada babak semifinal dan final mencari empat kemenangan atau race to four.

“Turnamen Ini diikuti sebanyak 82 peserta. 62 dari kalangan media, 20 wakil dari korporasi,” jelas Aby, yang lama mengabdi di PosKota itu.

Aby menyatakan, JBC berupaya membantu PB POBSI dalam  menggelorakan dan mengembangkan kembali cabor biliar di bawah kepemimpinan Hary Tanoesoedibjo.

“Turnamen ini juga menjadi arena seleksi  pembentukan tim biliar beberapa daerah untuk Porwanas 2022, pada 20-26 November mendatang di Malang Raya, Jatim,” tutur Aby.

Para pemenang urnamen ini memperoleh hadiah uang total Rp14 juta, dan beragam hadiah menarik lainnya. Panitia juga membagikan belasan “doorprize” untuk para peserta.

Komunitas biliar nasional dan sejumlah negara seperti Malaysia dan Singapura berkesempatan menyaksikan  turnamen ini secara langsung melalui streaming RCTI.

Aby mengapresiasi dukungan dari Kementerian Kominfo,  SIG, Artha Graha Peduli (AGP), AGN, Bulog, Telkom Indonesia, BRI, Djarum Foundation, Hormoviton, Pupuk Indonesia, Carabao Billiards Indonesia, Milles Billiards, dan MNC Groups. (non)

About Post Author