30 November 2022

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato pada Pertemuan Tahunan Klub Diskusi Valdai ke-19 di Moskow, Rusia, 27 Oktober 2022. (Reuters/VOAIndonesia)

SinarHarapan.id – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa konflik di Ukraina sebagai bagian dari upaya Barat untuk mengamankan dominasi globalnya.

Berbicara dalam sebuah konferensi internasional pakar-pakar kebijakan di Moskow, pada Kamis (27/10), Putin menuduh Amerika dan sekutunya berupaya mendikte aturan mereka pada negara-negara lain dalam suatu permainan yang “berbahaya dan menelan korban.”

“Pihak Barat telah mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan hal-hal yang memicu destabilisasi pasar energi dan pangan dunia,” kata Putin.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini, khususnya dalam beberapa bulan terakhir ini, pihak Barat telah mengambil sejumlah langkah untuk eskalasi konflik ini. Faktanya mereka senantiasa memainkan eskalasi, tidak ada hal yang baru di sini. Ini adalah hasutan perang di Ukraina, memprovokasi Taiwan, dan mendestabilisasi pasar energi dan pangan dunia,” kata Putin lagi.

Ia juga menuduh pihak Barat menghancurkan pipa gas Eropa.

“Selain itu, sebagaimana yang kita saksikan, penghancuran jalur-jalur pipa gas Eropa benar-benar keji. Kita menyaksikan semua peristiwa menyedihkan ini. Kekuatan menguasai dunia membuat Barat melakukan permainan mereka, tetapi permainan ini berbahaya, memakan korban, dan menurut saya – kotor,” kata Putin.

Lebih jauh ia mengklaim bahwa Rusia telah berupaya membangun hubungan dengan NATO, tetapi mendapat tanggapan negatif. (VOAIndonesia)

About Post Author