30 November 2022

Ekspor timah Indonesia akan dihentikan mulai tahun depan. Pemerintah sudah memastikan bahwa larangan ekspor tidak akan merugikan bagi perusahaan yang bergerak di produksi timah.

SinarHarapan.id – Ekspor timah Indonesia akan dihentikan mulai tahun depan. Pemerintah sudah memastikan bahwa larangan ekspor tidak akan merugikan bagi perusahaan yang bergerak di produksi timah. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah yang akan melakukan hilirisasi pada sektor timah

Hilirisasi timah di Indonesia masih terbilang minim hanya 5% saja, sedangkan China sudah melakukan hilirisasi timah sebanyak 70%. Uilirisasi timah akan memberikan dampak positif bagi pembangunan nasional. Ia mencatat, Indonesia merupakan penghasil timah nomor dua di dunia, ungkap Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Bahlil menambahkan, adanya hilirisasi timah juga akan menghasilkan nilai tambah bagi penerimaan negara.“Kita penghasil timah nomor dua di dunia, nomor satu China yang 70% melakukan hilirisasi , sedangkan Indonesia cuma 5%,” tutur Bahlil kepada awak media, Senin (24/10/2022).

Namun, hingga saat ini pemerintah belum membeberkan kapan rencana penyetopan ekspor timah tersebut bakal berlaku. Yang pasti, Bahlil menjawab, semakin cepat di setop maka jadi lebih baik. Bahlil juga enggan produksi timah nantinya malah lebih dikuasai oleh negara lain.

Bahlil mengatakan, tak menampik bahwa akan ada banyak pihak yang tidak setuju terkait pelarangan ekspor tersebut. Meski begitu, secara tegas, pihaknya tak akan gentar jika ada pihak yang menghalangi rencana tersebut. (Red)

About Post Author