28 January 2023

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SinarHarapan.id – Elektabilitas Ganjar Pranowo masih teratas. Demikian hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Anies Bisa Mengalahkan Prabowo?” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu, 23 Oktober 2022.

Hasil survei yang dipresentasikan oleh Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, itu menunjukkan dalam simulasi tiga nama, Ganjar mendapatkan 32,1 persen, Prabowo Subianto 27,5 persen, dan Anies Baswedan 26 persen. Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab atau tidak tahu.

Deni menjelaskan bahwa kemungkinan besar hanya akan muncul tiga calon dalam pemilihan presiden karena besarnya ambang batas presiden 20 persen kursi DPR. Karena itu, simulasi dari tiga nama yang selama ini paling kompetitif penting untuk diamati.

Tiga nama itu adalah Anies, Ganjar, dan Prabowo. Selain itu, Prabowo sudah dicalonkan oleh Partai Gerindra dan Anies diusung oleh Partai Nasdem. Sementara Ganjar dalam enam bulan terakhir selalu menduduki posisi teratas menurut pemilih.

Video presentasi temuan suvei SMRC bisa disimak di sini: https://youtu.be/P0daoB2h7IA. (Red)

About Post Author