29 November 2022

Tragedi Halloween di Itaewon, Korea Selatan, Sabtu (29/10) (Foto: Facebook)

SinarHarapan.id – Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto memastikan tidak ada warga Indonesia (WNI) yang menjadi korban peristiwa tragis dalam perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan, Sabtu (29/10).

“Hingga pagi ini, informasi dari Kepolisian menyebutkan belum diketahui adanya WNI yang menjadi korban,” kata Dubes RI dalam rilis Kementerian Luar Negeri RI, Minggu (30/10).

Pada Sabtu (29/10) sekitar pukul 22.00 telah terjadi peristiwa menyedihkan pada perayaan Halloween di Itaewon yang memakan korban jiwa dan luka-luka. Berdasarkan pemberitaan di berbagai media nasional Korea, saat ini terdapat korban jiwa sekitar 149 orang dan 76 orang luka-luka. Jumlah tersebut dikhawatirkan akan bertambah.

Kedutaan Besar RI Seoul tengah berkoordinasi dengan berbagai pihak guna menggali informasi kemungkinan adanya WNI yang menjadi korban.

“Terdapat informasi adanya dua warga asing yang mejadi korban, namun telah dipastikan bahwa kedua orang tersebut bukan WNI,” kata Dubes Gandi.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol telah mengadakan emergency meeting dan memerintahkan emergency respons kepada seluruh jajarannya untuk mengevakuasi para korban, mencegah terjadinya tambahan korban dan menjaga situasi di lokasi kejadian.

Tagar Twitter #PrayforSouthKorea, dan #PrayforItaewon menjadi trending saat ini.

About Post Author