2 December 2022

SinarHarapan.id-Perhelatan final OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX Autos IMX 2022) sukses terselenggara dalam dua hari kemarin, Sabtu-Minggu (1-2/10) pukul 10:00-21:00 WIB di Hall A, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Pesta modifikasi, aftermarket dan lifestyle yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menunjukan daya kreativitas tanpa batas menuju Indonesia sebagai barometer modifikasi di skala Internasional.

Sebuah upaya yang menjadi motor penggerak industri modifikasi khususnya produk aftermarket dimana hal ini menjadi salah satu sektor industri kreatif pembawa perubahan.

Bertepatan di tahun kelima ini, IMX menggabungkan unsur modifikasi otomotif dan lifestyle dalam tema utama ‘The Indonesian Kalcer’. Sebagai selebrasi usai diterpa pandemi, acara yang dilakukan secara offline ini menunjukkan atmosfer penonton yang tetap terlihat sejak hari pertama hingga puncak acara di hari kedua. Audiens juga berkesempatan merasakan animo gelaran offline meski tidak berkunjung ke lokasi melalui Virtual Stage.

Selama 2 hari berlangsung, tercatat ribuan pengunjung memadati area JCC Hall A, baik yang membeli tiket secara pre-sale maupun on the spot dengan raihan total transaksi sebesar Rp 4,8 Milyar. Raihan ini memperlihatkan antusiasme para audiens menyambut kembalinya pesta modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia.

“Akhirnya kami bisa kembali berinteraksi langsung dengan seluruh elemen industri modifikasi dan aftermarket. Sebagai pelopor expo modifikasi di Tanah Air, IMX selalu beradaptasi dan penuh terobosan. Tanpa menghilangkan benang merah untuk mengenalkan potensi – potensi kreatif anak bangsa. Dan demi merangkul kembali seluruh insan modifikasi Tanah Air, gelaran ini tidak akan terlaksana tanpa partisipasi dari APM kendaraan, produsen aftermarket, modifikator, bengkel spesialis, pelaku industri lifestyle, hingga komunitas otomotif. Semua sepakat, OLX Autos IMX 2022 dapat memberikan dampak positif di industri kreatif secara luas dan berkelanjutan,” buka Andre Mulyadi selaku IMX Project Director.

Menurut Andre, kembalinya gelaran IMX yang dilakukan secara offline terbukti mendorong industri otomotif dan aftermarket dapat terus menembus sekat-sekat pembatas lahirnya kreativitas para insan modifikasi nasional.

“Seluruh elemen industri otomotif dan aftermarket meyakini jika kolaborasi yang tercipta ini dapat menstimulasi perkembangan seperti negara Amerika atau Jepang. Tak hanya itu, jika berkaca pada dua negara tersebut, industri modifikasi dan aftermarket kendaraan menjadi pelopor utama yang berkontribusi terhadap sektor ekonomi dan wisata. Bahkan dapat menghasilkan efek domino yang menguntungkan, terutama sektor ekonomi. Kunjungan para wisatawan luar kota tentu akan memakai jasa transportasi, menginap di hotel, membeli makanan dan minuman, hingga membeli oleh-oleh. Ini akan menggerakkan roda perekonomian, apalagi di Ibu Kota Jakarta,” kata Andre.

Acara opening ceremony pesta modifikasi industri modifikasi dan aftermarket OLX Autos IMX 2022 dihadiri langsung oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita. Kesuksesan acara tidak terlepas dari peran para pendukung antara lain, OLX Autos Indonesia sebagai Main Sponsor OLX Autos IMX 2022, Bank Neo Commerce sebagai IMX Official Banking Partner, serta dua Co-sponsor dari Goodfix Sticker dan Belkote Paints.

Director of Marketing OLX Autos Indonesia, Sandy Maulana mengatakan, seluruh rangkaian gelaran OLX Autos IMX 2022 tahun ini menjadi saksi bangkitnya talenta-talenta kreatif di bidang modifikasi dan aftermarket dalam negeri.

Peran pameran modifikasi dalam mendukung pertumbuhan pesat industri modifikasi kendaraan di Indonesia mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan pasar mobil bekas berkualitas.

“Gelaran final ini menjadi ajang para modifikator otomotif mengembangkan ide, kreasi, pengetahuan, dan inovasi untuk menghasikan nilai tambah bagi sektor industri modifikasi dan aftermarket. Perkembangan ini dioptimalkan dengan berkolaborasi lintas industri kreatif yang saling bergandengan untuk menyuguhkan sebuah terobosan baru. Hal ini amat berpengaruh pada peningkatan penjualan mobil bekas setelah pandemi mulai mereda,” jelas Sandy.

Pada kesempatan yang sama, VP of Marketing PT Bank Neo Commerce Tbk, Maritsen Darvita mengatakan semangat kolaborasi industri kreatif nasional kini mulai terbangun kembali. Keterlibatan para pelaku industri modifikasi dan aftermarket menjadi barometer pertumbuhan positif. Untuk itu, BNC hadir dengan menyuguhkan berbagai kemudahan aktivitas transaksi digital. “Sejak bertransformasi pada tahun 2020 lalu, BNC sudah mengantongi kurang lebih 19 juta nasabah dan 25 juta pengunduh aplikasi. BNC selalu berusaha untuk memberikan layanan perbankan digital terbaik yang menguntungkan secara finansial dengan berbagai layanan untuk menghadirkan kebutuhan pelanggan, dan bisnis. Memasuki tahun 2022, upaya tersebut dioptimalkan dengan berkolaborasi bersama gelaran modifikasi aftermarket terbesar, yakni OLX Autos IMX 2022. Dalam lima tahun gelaran IMX berlangsung di Indonesia, sudah menjadi acuan anak muda penggemar modifikasi melahirkan berbagai karya kreatif dan inovatif,” ujar Maritsen.

Disebutkan Maritsen, partisipasi Bank Neo Commerce sebagai Official Banking Partner di OLX Autos IMX 2022 adalah untuk mengedukasi para milenial dan Gen Z dalam menggunakan layanan keuangan digital, serta mendorong pertumbuhan ekonomi di lingkup industri modifikasi dan aftermarket berupa kemudahan dan keuntungan bertransaksi baik untuk konsumen atau merchant melalui fitur QRIS dan banyak fitur lainnya yang ada di aplikasi neobank.

Black Stone Live Modz Challenge 2022 ‘Perang Bintang’.
Kompetisi adu kreativitas modifikasi Live Modz tahun ini mengusung nama baru Blackstone Livemodz Challenge 2022 dengan tema ‘Perang Bintang’ sebagai salah satu konten unggulan OLX Autos IMX 2022. Dalam kurun waktu tiga bulan, progress modifikasi tiap peserta seketika menghadirkan nuansa persaingan seru dan menantang. Pemilihan kontestan melalui proses seleksi dan kurasi juri dan panitia mendatangkan 5 Car Enthusiast dari kalangan publik figur nasional yang memiliki konsep modifikasi berbeda, antara lain restorasi modifikasi BMW E30 besutan Raffi Ahmad dan Tim Rans, modifikasi konversi listrik Toyota Avanza besutan Atta Halilintar dan Tim Ashiap, modifikasi BMW E30 hatchback besutan Andre Taulany dan Tim Yellow, modifikasi supercar stance besutan Gading Marten dan Tim Papa Manja, serta modifikasi Mazda Miata MX-5 karya Uya Kuya dan Tim Gemes Manja.

Hasil akhir modifikasi dinilai langsung oleh dewan juri yang terdiri dari ekspertis modifikasi Fitra Eri, Rifat Sungkar, serta NMAA National Judge Erwin M. Chairudin dan Edy Vertue. Pemilihan basis mobil modifikasi para peserta terbilang unik, karena kelimanya dibebaskan memilih basis mobil berbeda.

Penilaian mobil modifikasi para kontestan memperhatikan sejumlah aspek dalam lembaran score sheet yang telah disiapkan dewan juri dengan mempertimbangkan kualitas modifikasi, craftmanship, keselarasan konsep modifikasi, unsur kelayakan, keselamatan dan keamanan.

Melalui proses penjurian yang cukup panjang, akhirnya tim Gading Marten yang melakukan modifikasi mobil Audi R8 berhasil menyabet gelar The King atau juara pertama di ajang kompetisi Black Stone Live Modz Challenge 2022 ‘Perang Bintang’. Sementara juara kedua diraih oleh tim Andre Taulany dengan mobil BMW E30 serta tim Atta Halilintar meraih posisi ketiga dengan mobil Avanza listriknya.

The Ultimate NMAA Top 50
Dari tahun ke tahun, deretan mobil modifikasi NMAA Top 50 menjadi medium kreatifitas para Car Enthusiast di Indonesia.

Di OLX Autos IMX 2022, NMAA Top 50 dinilai dan dikurasi langsung oleh para pakar nasional dan internasional yang terdiri dari NMAA National Judge Erwin M Choirudin, dan tiga juri NMAA Overseas Judge yaitu Head of Designer West Coast Customs Musa Tjahjono, CEO Liberty Walk Toshiro Nishio, dan Builder spesialis mobil JDM di SEMA Show Big Mike.

Sebelum dipilih The Ultimate NMAA Top 50, dewan juri berhasil memilih NMAA Top 10 seperti Mini Cooper milik Art Custom Works, Toyota 86 milik Zerone Japan, BMW 435i Convertible milik Raindy Igas, Innova Reborn milik Mac Motor, VW Golf MK1 milik Ambrose Kunst, Karma 86 milik Gav Gianyar, Voxy Mad 24 Garage, Suzuki Jimny JB74 milik White1 GD, Innova milik Aska, Mitsubishi Evo IX MR milik Saber Industries.

Sedangkan untuk pemenang The Ultimate NMAA Top 50 di gelaran OLX Autos IMX 2022, dewan juri memilih Mitsubishi Evo IX MR milik Saber Industries sebagai pemenang The Ultimate NMAA Top 50 dalam ajang OLX Autos IMX 2022.

Menurut Erwin Chairudin yang mewakili seluruh juri mengatakan, “Kreativitas para modifikator Indonesia sudah diakui oleh modifikator luar negeri. Sejak IMX 2019 hingga tahun ini, kita selalu melibatkan juri dan kurator NMAA Top 50 dari luar negeri terutama dari modifikator asal negara yang menjadi kiblat modifikator dunia, “ujar NMAA Top 50 Director, Erwin M. Chairudin.

“Kita sangat berterima kasih kepada para kurator dan juri NMAA Top 50 yang telah menjadikan salah satu program andalan di OLX Autos IMX 2022 menjadi semakin meriah dan pastinya dapat menginspirasi lebih banyak Car Enthusiast. Kita harus yakin ke depannya dengan dukungan produk aftermarket dan para tuner kompeten, bukan tidak mungkin Industri modifikasi kendaraan di Indonesia semakin berkembang dan bisa diadopsi oleh negara-negara tetangga, ” jelas Erwin

Sementara itu, salah satu kurator NMAA Top 50, Big Mike menyampaikan apresiasi kepada para modifikator Indonesia. “Saya secara personal mengamati modifikasi di Indonesia yang terus berkembang pesat. Sekarang ini para modifikator mulai berani bereksplorasi, bahkan mereka tidak hanya meniru tapi bisa membawa karakter mereka sendiri. Misalnya tren wire tuck yang sebetulnya sulit dan cukup berisiko. Tetapi sekarang para tuner Indonesia mulai banyak yang sudah melakukan tren wire tuck di ruang mesin dengan menampilkan hasil sempurna,” Jelas Big Mike, builder spesialis Mobil JDM dan Battle of Builder SEMA Show 2016.

Ia pun semakin antusias ketika melihat gelaran kelima OLX Autos IMX 2022 mampu menghadirkan peluang baru di ranah bisnis otomotif.

IMX Live Virtual Stage
Gelaran IMX setiap tahunnya selalu mendatangkan juga audiens kategori pengunjung dari luar Jabodetabek hingga dari luar negeri (Overseas Visitor). Untuk menghadirkan pengalaman menyaksikan langsung pesta modifikasi dan aftermarket Indonesia, OLX Autos IMX 2022 juga menampilkan sebagian panggung utama dari OLX Autos IMX 2022 pada pukul 18.00 WIB melalui kanal Youtube NMAA TV selama 2 jam streaming pada tanggal 2 Oktober 2022. Pengunjung dapat melihat, menyaksikan langsung dan menjadi saksi pengumuman pemenang Blackstone Livemodz Challenge 2022, dan pengundian supergiveaway dari OLX Autos IMX 2022 dengan mengunjungi Youtube NMAA TV.

NMAA x IATO
Peralihan tren kendaraan konvensional ke energi listrik dan hybrid serta menyikapi dalam memberikan solusi dampak kenaikan bahan bakar bagi masyarakat. National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menggandeng Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) sebagai wadah untuk menghimpun ahli teknik otomotif di Indonesia menghadirkan solusi kenaikan harga bahan bakar dan percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai. Proyek ini turut menghadirkan dua buah purwarupa motor konvensional.

Proyek kolaborasi NMAA x IATO menghadirkan dua unit kendaraan skuter matic konversi garapan bengkel modifikasi asal Kota Bekasi, DJ Custom. Konsep konversi Honda Beat dari mesin bakar Internal Combustion Engine (ICE) menjadi hybrid yang dipersembahkan kepada pemenang dari Journalist Competition dalam kolaborasi bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) yakni, Bimo dari media Kabaroto.

IMX Masterclass.
Sesi IMX Masterclass menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman seputar industri modifikasi aftermarket dari para narasumber di bidang modifikasi dan aftermarket dengan menghadirkan topik pembahasan seputar bisnis modifikasi, inovasi karya, hingga tren modifikasi proper di Indonesia. Para pembicara membahas berbagai topik dalam tema ‘Quality Beyond Quantity’, JDM vs Indonesian Kalcer, dan ‘Karya Indonesia di Mata Dunia’.

Program IMX Masterclass sukses mendatangkan narasumber seperti Influencer otomotif, modifikator Nasional dan Internasional. Diantaranya Om Mobi, Jeffrey Polnaja, Amandio, Rockford Pojono ‘LugNutz’, Dipo dan Ziko ‘Garasi Drift’ hingga Overseas Guest Talkshow dari Musa Tjahjono (West Coast Customs), Toshiro Nishio (Liberty Walk), dan Big Mike (Think Bigger Project).

IMX Art Installation by Mulkay
Visual Artist penggagas karakter Key Visual OLX Autos IMX 2022, Muklay menampilkan instalasi karya seni bertema The Indonesian Kalcer. Desainer bernama lengkap Muchlis Fachri yang juga memiliki hobi di bidang otomotif menampilkan kreasi visual sebagai representasi dari tema besar OLX Autos IMX 2022 dalam nuansa otomotif dan lifestyle yang digemari para milenial dan Gen Z.

Fast & Furious Car Line Up
Demam modifikasi Fast and Furious dalam penuturan para modifikator mulai menjangkit para Car Enthusiast di tahun 2000 awal. Saat itu, tren modifikasi dari waralaba film Fast Furious pertama tayang di bioskop kemudian diadopsi oleh para Car Enthusiast dengan membawa gaya Street Racing. Sebagai memorabilia ingatan terhadap deretan headliner mobil JDM, NMAA menggandeng bengkel Prabus serta produsen stiker Max Decals menghadirkan beberapa unit mobil-mobil khas beragaya Fast Furious. Hasil modifikasi dengan skala 1:1 diantaranya: Toyota Supra dan Nissan Skyline GT-R R34 milik Brian O Connor, Nissan Skyline GT-R R33 milik Leon, Nissan 350Z milik Takashi, hingga Mazda RX-7 milik Han, dan Honda S2000 kebanggaan Suki. Para pengunjung memanfaatkan kehadiran para headliner di film Fast and Furious untuk melakukan swafoto.

Diecast Custom Championship
Dalam mendukung kreativitas para pehobi mainan atau minatur mobil (Diecast), OLX Autos IMX 2022 berkolaborasi dengan Indonesia Diecast Expo (IDE) menghadirkan kompetisi Diecast Custom Championship. Kegiatan ini mengundang banyak para Diecaster menunjukan minat dan hobi mereka untuk beradu menjadi yang terbaik dan memenangkan kompetisi.

IMX x IST
Popularitas sneakers di kalangan masyarakat Indonesia terutama kalangan milenial dan Gen Z saat ini sedang meningkat pesat. Untuk itu, IMX berkolaborasi dengan Indo Sneaker Team (IST) menghadirkan kolaborasi IST dan produsen stiker otomotif GoodFix menghadirkan 1 unit Display Car berbasis Volkswagen Transporter (VW Combi) yang tampil atraktif. Kehadiran mobil tersebut menjadi magnet tersendiri setelah diisi penuh oleh ratusan sepatu sneaker. IST juga menebar keseruan untuk para sneakerhead berupa lelang ‘Holy Grails’ senilai jutaan rupiah yang dapat diikuti dengan modal Rp 100 ribu.

IMX Aftermovie Video Contest
Tema utama ‘The Indonesian Kalcer’ semakin semarak dalam menghadirkan aktivasi untuk para content creator. Wadah berkreasi IMX Aftermovie Video Contest sukses menampilkan beragam produk kreatif dalam format foto dan video singkat Instagram Reels. Kesempatan tersebut menjadi penyalur bakat pengunjung untuk menampilkan seluruh karya kreatif para insan modifikasi Indonesia.

IMX Garage Sale
Dalam memberikan kemudahan berbelanja, promo menarik hingga bundling package program belanja IMX Garage Sale yang tujuannya untuk berkontribusi meningkatkan sisi ekonomi dan bisnis dari para produsen barang aftermarket dan lifestyle. Sejumlah produk tersebut diantaranya perawatan kendaraan, aksesori bodi, kaki-kaki, mesin dan interior, hingga beberapa produk lifestyle seperti sneaker, merchandise t-shirt, hoodie, hingga topi.

IMX Lifestyle Area
Unsur lifestyle dalam gelaran OLX Autos IMX 2022 menghadirkan puluhan merek street wear lokal yang menawarkan beragam artikel produk terbaru mulai dari berbagai jenis sneaker yang dibawa IST, perangkat DJ Pioneer, apparel dan street wear dari Rawtype Riot, sejumlah rilisan terbaru Petrolist, Otogammara dan motorcycle gear dari Rabbit and Wheels.

IMX Auction
Para pengunjung berkesempatan mengikuti sesi lelang untuk mematok taksiran harga terbaik dari berbagai produk aftermarket mobil dan pilihan sneaker dari sejumlah merek populer. Dalam program IMX Aftermarket Auction, para peserta lelang dapat mengikuti sesi selama 1 jam setelah terlebih dulu memenuhi persyaratan dengan membayar booking fee mulai dari Rp 100 ribu saja.

The Lifestyle Magnet
Seluruh rangkaian OLX Autos IMX 2022 telah memilih para pengunjung dengan outfit terbaik bergaya Kalcer Streetwear dan menginspirasi. Proses penentuan pemenang dipilih langsung oleh panitia berdasarkan keunikan konsep outfit dan komposisi menarik dari padu padanan fashion yang dikenakan. Pemenang mendapatkan hadiah eksklusif dari IMX dan ditetapkan sebagai peraih ‘The Lifestyle Magnet’.

Pemenang Supergiveaway Subaru Forester dan Innova 2KD
Sebagai bagian dari konten IMX setiap tahunnya, pengundian hadiah Supergiveaway adalah yang dinanti-nanti para pengunjung. Semua pengundian Supergiveaway OLX Autos IMX 2022 sesuai dengan peraturan undian yang berlaku di Indonesia dan diawasi oleh Kementrian Sosial, Dinas Sosial, Notaris, dan Kepolisian Republik Indonesia. Setelah dilakukan pengundian baik untuk supergiveway online maupun On The Spot, akhirnya terpilih Komang Triko Kusuma dari Bandar Lampung sebagai pemenang supergiveaway online Innova 2KD dan Muhammad Ramadhani dari Cianjur sebagai pemenang supergiveaway Subaru Forester On The Spot.

Dalam mendukung karya – karya para pelaku industri aftermarket, setiap tahun IMX terus menghadirkan tema, konsep dan program berbeda yang jauh lebih menarik. Di tahun ini pabrikan mobil, produsen aftermarket, merek street wear, modifikator, bengkel spesialis, hingga komunitas bersatu untuk saling bersinergi menghasilkan inovasi dan terobosan baru. Ke depannya IMX senantiasa terus mewadahi para pelaku industri kreatif demi mendukung setiap kreatifitas yang lahir dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Sampai bertemu di Indonesia Modification Expo 2023,” tutup Andre.

About Post Author