2 December 2022

SinarHarapan.id-Auto2000 kembali mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan. Pada Jum’at, 4 November 2022 Auto2000 melakukan kerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara, sebagai penyedia utama sumber daya listrik di Indonesia, untuk pembelian Renewable Energy Certificate.

Renewable Energy Certificate (REC) adalah sertifikat yang membuktikan bahwa produksi tenaga listrik per megawatt-hour (MWh) berasal dari pembangkit listrik yang memanfaatkan energi terbarukan atau non fosil. Setiap unit REC yang terbit mendapat pengakuan penggunaan energi terbarukan dan menjadi bukti kepemilikan sertifikat standar internasional.

Pembelian Renewable Energy Certificate merupakan salah satu bentuk kontribusi dan tanggung jawab Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia terhadap kelestarian lingkungan yang akan ditempati oleh generasi mendatang.

Sebagai bagian dari kerjasama antara Auto2000 dan PLN, REC diharapkan dapat mendukung penurunan emisi gas rumah kaca (GRK). Termasuk pula sebagai bentuk komitmen Auto2000 dalam mendukung suksesnya program pemerintah, yaitu menurunkan emisi gas rumah kaca, mengurangi penggunaan listrik berbahan bakar fosil, dan mendukung pembangunan pembangkit listrik non fosil yang ramah lingkungan.

Sebelumnya, Auto2000 telah melakukan gerakan pelestarian lingkungan yang dilakukan secara mandiri. Seperti pemasangan solar panel di 40 cabang Auto2000 untuk menghasilkan tenaga listrik sendiri guna menekan jejak karbon dari penggunaan listrik.

Auto2000 juga melakukan penanaman 2.000 bibit pohon mangrove di Pulau Pramuka, Jakarta Utara dan 2.000 bibit pohon mangrove lainnya di Pantai Cermin, Medan, Sumatera Utara yang ditargetkan dapat mengurangi 266,53 Ton emisi gas CO2 di tahun 2030.

Khusus di setiap cabang, Auto2000 telah melakukan pengelolaan limbah bengkel dengan baik dan dipastikan aman bagi lingkungan di sekitarnya. Sebagai bagian dari program CSR, Auto2000 membina masyarakat sekitar cabang melalui program bank sampah yang bertujuan untuk mengurangi volume sampah, membersihkan lingkungan, dan menjadikan sampah sebagai sumber pendapatan tambahan warga. Selain itu nantinya Auto2000 akan menambah pemasangan solar panel di seluruh cabang, mengurangi intensitas penggunaan air, dan peningkatan jumlah sampah terolah.

Berbagai langkah komprehensif di atas, merupakan strategi Auto2000 dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia. Sebagai bagian dari Group Astra International (AI), Auto2000 menjalankan Sustainability Framework 2030.

“Pembelian Renewable Energy Certificate dari PLN merupakan bentuk komitmen Auto2000 dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Target Sustainability Index Astra. Termasuk, mendukung kebijakan Group Astra International dan menjalankan program Pemerintah Indonesia dalam rangka menurunkan emisi gas rumah kaca. Harapannya, langkah sederhana ini dapat menjadi bagian dari usaha menjaga kelestarian lingkungan dan menginspirasi kami untuk menjalankan program berkelanjutan dengan visi ramah lingkungan lainnya,” jelas Zuriaty, Human Capital & General Services Division Auto2000, Jumat (4/11/2022).

 

About Post Author