3 December 2022

SinarHarapan.id – Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) gelar penanaman Mangrove untuk melestarikan alam desa Ambulu yang dimulai penanaman mangrove bersama anak-anak sekolah desa Ambulu, Sabtu (12/11) di kawasan tambak Mangrove Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Selain menanam mangrove JMI pun melakukan pemberian donasi rumah ibadah untuk Musholah Nur Iman di Kampung Wanacala Harjamukti kota Cirebon pada Jumat (11/11), kemarin dan juga pemberian donasi kepada nelayan dan anak sekolah pada Sabtu (12/11/2022).

Setelah melakukan kegiatan sosial dalam dua hari tersebut, JMI pun melaksanakan Fun Fishing, yakni mancing di muara sungai sekitar Desa Ambulu, Losari, Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan ini kepala desa Ambulu Sunaji mengucapkan terima Kasih pada JMI karena desanya telah dikunjungi dan JMI telah ikut membudidayakan tanaman Mangrove sebagai pelestarian alam desa tersebut.

Mengenai tanaman Mangrove, Sunaji Kepala Desa Ambulu, memaparkan pentingnya menanam Mangrove, karena tanaman Mangrove berfungsi untuk menghilangkan racun dari limbah-limbah.

Desa Ambulu yang juga telah membuat taman wisata Mangrove, dimana tanaman Mangrove ditanam sudah 20 tahunan lebih, untuk mencegah abrasi. Untuk itu kita harus menjaga alam, dengan simbol “Kita menjaga alam, maka kita juga akan dijaga Alam” tutur Sunaji.

Menanam Mangrove dapat dirasakan hasilnya 5 tahun kedepan, walaupun begitu Mangrove dapat bermanfaat selama bertumbuh kembangnya tanaman selain mencegah racun dan abrasi.

Ketua pelaksana Yulianto mengatakan, komunitas ini sudah bergerak dalam kegiatan sosial sejak lama, dan dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.
Dia mengharapkan kegiatan positif ini akan terus dilakukan oleh JMI di wilayah-wilayah lainnya di berbagai daerah.

Dia juga mengharapkan kegiatan yang dilakukan kali ini dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan sosial, JMI terus berbuat aksi peduli sosial.

Pria yang akrab disapa Anton ini juga mengucapkan terima kasih kepada Instansi korporasi dan Perusahaan yang mendukung acara ini, yakni PetroChina International Jabung Ltd, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, PT Adaro Energy Tbk, XL Axiata, Pertamina Hulu Energi, Pertamina Hulu Indonesia, Pertamina Perta Arun Gas, Elnusa dan Warta JMI.

Lanjutnya, Kegiatan JMI tak hanya memancing, namun juga banyak kegiatan sosial, seperti menanam mangrove, pemberian donasi kepada keluarga nelayan dan memberi bantuan rumah ibadah

“Intinya bagaimana kita bersama-sama berbuat untuk sesama. Apa yang kita lakukan kita harap bisa membuat kita semua lebih sejahtera dan untuk Indonesia lebih baik,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Pratama memberikan pesan agar JMI terus membuat kegiatan sosial yang membantu lingkungan sekitar. Menurutnya, JMI harus peka dan peduli terhadap lingkungan sosial dan JMI terus mengembangkan organisasi agar jadi lebih besar.

Disaat bersamaan Wahyu Oetomo, Representasi Communication & Steakholder Pertamina Hulu Energi menyatakan bahwa beliau menyambut baik acara ini yang merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar khususnya di wilayah Cirebon.

“Mudah-mudahan aksi ini bisa memberi inspirasi untuk semua pihak dan kami dari Pertamina Hulu Energi akan mensuport kegiatan kegiatan JMI yang peduli lingkungan sosial,” pungkasnya.

About Post Author