27 January 2023

Musisi Senior, Iwan Fals saat tampil memukau di M20 yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Selasa (1/11/2022) malam. (sh.id/nonnie rering)

SinarHarapan.id–  Bakat dan pengalaman Iwan Fals di dunia music memang tak dipungkiri. Meski sudah memasuki usia 62 pada 3 September kemarin, Iwan tetap penuh semangat. Ya, susisi senior ini tampil memukau dalam konser M20 yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Selasa (1/11/2022) malam.

Iwan mengaku senang industri musik kini mulai bergerak kembali pasca dihantam badai Pandemi Covid-19. Hal itu dilihat dengan semakin banyaknya konser yang digelar belakangan yang mendapatkan animo besar dari para penggemar musik di Indonesia.

“Saya senang sekarang banyak konser musik digelar di berbagai tempat. Konsernya didatangi banyak orang yang kangen dengan adanya konser musik dan ingin mendengarkan musik secara live. Dan ini menjadi hal yang baik bagi perkembangan musik di Indonesia,” kata Iwan.

Pemilik nama lengkap Virgiawan Listanto itu juga menyatakan bahwa lewat konser ini, dirinya juga berupaya menyerukan kesejahteraan bagi musisi agar bisa bertahan dimasa tuanya.

Ketua Komite Pelaksana M20, Tantowi Yahya dan kawan-kawan usai press conférence bersama puluhan media sebelum konser M20 digelar. (sh.id/nonnie rering)

“Lewat konser ini saya berupaya juga mengkampanyekan perdamaian. Jangan ada lagi perang, jual beli senjata dan kesewenang-wenangan bagi rakyat yang tertindas,” tambahnya.

Iwan juga dalam kesempatan itu juga setuju bila musisi di Indonesia ikut serta memberikan edukasi transformasi digital di bidang musik bisa berkembang.

“Saya juga mendukung adanya transformasi digital bagi musisi agar bisa memberikan peluang ekonomi yang inklusif agar tata kelola musik agar bisa hidup kedepannya setelah mungkin pensiun dari musik,” tandasnya.

Dalam konser M20 yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada Selasa (1/11/2022) malam iwan Fals tampil bersama musisi lain seperti Once, Andy /Rif, Slank, Isyana Sarasvati feat. DeadSquad, Dira Sugandi hingga Kahitna. (non)

About Post Author