30 November 2022

SinarHarapan.id– Dulu, smartphone harga murah sering dipandang sebelah mata karena dianggap cepat rusak dan sering lemot. Namun, dengan teknologi yang terus berkembang, kualitas smartphone entry yang sejutaan pun kini sudah semakin canggih dan andal untuk digunakan dalam waktu lama.

Hal tersebut ditunjukkan Samsung Electronics Indonesia lewat Galaxy A04 Series (A04s, A04, A04e) sebagai lini smartphone terjangkau dengan harga mulai sejutaan yang dibekali fitur Awesome.

Ada beberapa tips yang bisa bikin smartphone kamu awet dan tahan lama lho. Mau tau?

“Dengan harga mulai dari Rp1.299.000, Galaxy A04 Series sudah dibekali fitur-fitur kekinian seperti baterai awet 5.000mAh, kamera beresolusi tinggi hingga 50MP, layar lega 6,5 inci dengan refresh rate hingga 90Hz yang smooth, performa mulus dengan RAM Plus hingga 4GB, dan tentunya juga siap diandalkan di jaringan 4G. Fitur-fitur Pasti Awesome tersebut bakal dukung performa Galaxy A04 Series tetap maksimal untuk dipakai dalam waktu lama. Jadi, kamu bisa tetap pede pakai smartphone ini bertahun-tahun tanpa mengeluh sering lemot,” ujar Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Samsung Electronics Indonesia.

Walau begitu, patut diingat bahwa awet tidaknya smartphone tetap bergantung pada kebiasaan pengguna. Ini tips untuk merawat smartphone buat kamu yang mau smartphone-nya tahan lama masa pakainya:

Mengecas baterai dengan cermat

Salah satu hal yang bikin smartphone jadi tidak nyaman digunakan adalah baterainya yang cepat lowbat.

Supaya hal itu nggak kejadian dengan smartphone kamu, batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja. Karena kalau kita buka smartphone terus-menerus saat dicas, baterainya akan cepat bocor. Smartphone kamu pun jadi nggak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Selain itu, salah satu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keawetan dan kualitas baterai smartphone kamu adalah pakai charger orisinal.

Seperti Galaxy A04 Series yang baterai 5.000mAh-nya langsung dilengkapi dengan kepala charger yang pastinya orisinal di dalam paket penjualan, yaitu Fast Charging 15W untuk Galaxy A04s dan A04, serta charger 7.75W untuk Galaxy A04e.

Untuk memperpanjang usia baterai, perhatikan juga siklus pengisian dayanya. Ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%–85%, jadi tak perlu sampai 100%.

Untungnya, Galaxy A04 Series punya fitur protect battery yang otomatis membatasi pengisian daya hanya sampai 85%. Jadi, kamu nggak perlu repot bolak-balik mengecek baterai smartphone kamu sudah berapa persen terisinya. Ini cara mudah untuk mengaktifkan fitur protect battery (lindungi baterai):

1.    Buka Pengaturan

2.    Pilih ‘Perawatan perangkat dan baterai’

3.    Pilih ‘Baterai’

4.    Pilih ‘Pengaturan baterai lainnya’

5.    Aktifkan toggle di samping fitur ‘Lindungi baterai’.

Gunakan layar smartphone dengan hati-hati

Buat kamu yang hobi mabar atau scrolling sosmed, perhatikan bagaimana kamu menggunakan layar smartphone-mu. Jangan menekan layar smartphone terlalu keras dan hindari scroll layar menggunakan kuku yang bisa bikin smartphone-mu menjadi tidak awet.

Nah, biar nggak suka gemes sama layar smartphone kamu, ada baiknya pilih smartphone yang refresh rate layarnya minimal 60Hz, seperti Galaxy A04 Series. Untuk Galaxy A04s bahkan sudah dilengkapi dengan layar yang refresh rate-nya 90Hz yang bikin scrolling sosmed jadi lebih responsif, serta touch sampling rate 180Hz yang bikin kamu bisa push rank dengan lebih Awesome tanpa harus ngotot menekan layar keras-keras.

Kamu juga harus secara berkala membersihkan layar smartphone-mu dengan kain lembut seperti kain microfiber seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Jangan gunakan tisu ataupun kain yang bertekstur karena bisa menggores layar smartphone-mu. Supaya lebih bersih lagi, tuangkan cairan pembersih ke kain microfiber sebelum membersihkan layar.

Rutin melakukan pembaruan sistem operasi dan aplikasi

Untuk menjaga performa smartphone tetap maksimal dari tahun ke tahun, pastikan kita selalu update sistem operasinya.

Dengan begitu, kinerja smartphone jadi lebih lancar, keamanan sistem jadi lebih terjaga, dan kita bisa dapat fitur dan tampilan baru pada smartphone biar nggak FOMO.

Selain update sistem operasi, kita juga perlu update aplikasi yang digunakan supaya aplikasi-aplikasi tersebut bisa tetap berjalan optimal tanpa sering lag.

Supaya smartphone kamu tetap up-to-date dari waktu ke waktu, Samsung akan memberikan pembaruan OS Android hingga 4 tahun untuk berbagai smartphone Galaxy, termasuk smartphone entry seperti Galaxy A04 dan A04s. Selain itu, Galaxy A04 Series telah dibekali dengan memori internal hingga 64GB, jadi kamu bisa bebas update sistem operasi dan berbagai aplikasi tanpa khawatir ruang penyimpanan cepat habis. Kalau 64GB dirasa belum cukup juga, kamu leluasa menambahkan memori eksternal 32GB, 64GB, 128GB bahkan hingga 1TB sesuai kebutuhan untuk simpan lebih banyak aplikasi.

Dengan sistem operasi dan aplikasi yang selalu update, kamu pun bisa menikmati manfaat maksimal dari jaringan 4G terdepan di Galaxy A04 Series. Patut diingat, operator telekomunikasi di Indonesia akan menyelesaikan proses migrasi jaringan 3G ke 4G pada tahun 2022 ini. Jadi, buat kamu yang masih belum move on dari 3G, kamu bisa mulai beralih ke 4G dengan memiliki Galaxy A04 Series yang harganya mulai dari sejutaan, jadi nggak perlu keluar banyak biaya untuk upgrade HP kamu sekarang.

Galaxy A04 Series pilihan yang Pasti Awesome untuk holiday gift akhir tahun

Menyambut liburan akhir tahun, Galaxy A04 Series bisa jadi pilihan holiday gift terjangkau yang Pasti Awesome buat orang-orang yang kamu sayangi. Apalagi setiap pembelian Galaxy A04 Series di Samsung Store terdekat mulai 18 November 2022 hingga 8 Januari 2023, ada bonus menarik sebagai berikut:

Free YouTube Premium 2 bulan, free Spotify Premium 3 bulan, dan bundling paket data Telkomsel 16GB+5GB per bulan selama 6 bulan untuk pembelian Galaxy A04s varian 4GB/64GB dengan harga Rp2.099.000.

Free YouTube Premium 2 bulan, free Spotify Premium 3 bulan, dan bundling paket data Telkomsel 16GB+5GB per bulan selama 6 bulan untuk pembelian Galaxy A04 varian 4GB/64GB dengan harga Rp1.799.000.

Free YouTube Premium 2 bulan dan free Spotify Premium 3 bulan untuk pembelian Galaxy A04e varian 3GB/32GB dengan harga Rp1.299.000.

Khusus pembelian Galaxy A04 varian 3GB/32GB yang tersedia eksklusif secara online di samsung.com/id dan e-commerce, selain bonus berupa free YouTube Premium 2 bulan, free Spotify Premium 3 bulan, dan bundling paket data Telkomsel 16GB+5GB per bulan selama 6 bulan, ada tambahan bonus cashback Rp50.000, sehingga Galaxy A04 varian 3GB/32GB yang harga retailnya Rp1.499.000 bisa kamu dapatkan dengan makin terjangkau lagi hanya Rp1.449.000.

 

 

About Post Author