2 December 2022

SinarHarapan.id, Jakarta – Panel Survei Indonesia (PSI) mempublikasikan survei jajak pendapat dengan tajuk ‘Pengaruh Pemulihan Ekonomi terhadap Preferensi Masyarakat dalam Pemilu 2024’.

Direktur Eksekutif Panel Survei Indonesia (PSI), Ahmad Loksukon mengatakan dengan dilaksanakan survei tersebut dapat membaca preferensi publik yang dipengaruhi oleh kinerja penanggulangan Covid 19 dan pemulihan ekonomi.

“Masyarakat sudah punya ukuran yang jelas dalam menentukan preferensinya untuk memilih tokoh sebagai presiden di pilpres 2024 dan masyarakat tidak lagi memilih seperti memilih kucing dalam karung,” ujar Ahmad Loksukon, Senin (21/11/2022).

Dari hasil survei terhadap responden diketahui 79,6 persen menyatakan puas dengan hasil kinerja pemulihan ekonomi nasional akibat dampak Covid-19, 14,1 persen tidak puas, dan 6,3 persen tidak menjawab.

“Perekonomian di level bawah dan menengah mulai bangkit dan bergairah, hasil ini simetris dengan pencapaian pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Ahmad Loksukon.

Survei PSI juga mengukur sosok Presiden yang diinginkan masyarakat jika pemilu 2024 digelar hari ini. Hasilnya 70,2 persen responden menginginkan sosok yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menangani perekonomian negara, pembangunan nasional dan sudah nyata keberhasilannya dalam menangani pemulihan ekonomi.

Kriteria sosok yang populer dikenal oleh masyarakat hanya dipilih sebanyak 15,7 persen, kemudian sebanyak 14,1 sosok yang merakyat.

Ketika mengukur elektabilitas Capres dalam pertanyaan terbuka, Ahmad Loksukon menyebutkan nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia dengan dipilih 19,7 persen responden.

Kandidat terkuat kedua 11,6 persen adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ketiga ada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipilih sebanyak 11,3 persen dan di urutan keempat ada Anies Baswedan 9,7 persen.

Lalu menyusul KSP Moeldoko 5,6 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 3,9 persen Fiber Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 3,4 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 3,2 persen.

Ketua DPR RI Puan Maharani 3,1 persen, Menparekraf Sandiaga Uno 2,7 persen. Kemudian, disusul Agus Harimurti Yudhoyono dengan suara responden sebesar 2,2 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 1,5 persen. Namun ada responden yang tidak menjawab sebanyak 22,1 persen

Dalam pertanyaan tertutup jika Pilpres dilaksanakan hari ini, Survei PSI juga menyebutkan nama Airlangga Hartarto di urutan teratas dengan 25,3 persen, menyusul Ganjar Pranowo 17,2 persen, Prabowo Subianto 16,8 persen, Anies Baswedan 6,4 persen, Puan Maharani 5,2 persen, Erick Thohir 4,1 persen, Muhaimin Iskandar 2,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,2 persen, Sandiaga Uno 1,3 persen dan tokoh lainnya sebanyak 6,2 persen. Ada 12,9 persen responden tidak memberikan jawabannya.

Survei PSI juga mengukur elektabilitas partai politik apabila Pileg digelar hari ini. Golkar mendapatkan perolehan 14,7 persen, disusul PDI Perjuangan 14,4 persen, Gerindra 13,3 persen, PKB 6,4 persen, Demokrat 6,1 persen, PKS 5,2 persen, Nasdem 5,1 persen, PAN 3,3 persen, PPP 3,2 persen, partai politik lainnya 7,9 persen dan tidak memberikan pilihan sebanyak 20,4 persen.

Tak hanya itu, tingginya, tingkat kepuasan masyarakat hingga 79,6 persen terhadap kinerja pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang selaras dengan bertumbuhnya perekonomian nasional di kuartal ketiga yang mencapai 5,72 persen.

“Optimisme pemulihan perekonomian nasional tetap terjaga meski di tengah gejolak tantangan global saat ini dan hal tersebut seiring dengan perbaikan indikator pada berbagai sektor,” kata Ahmad Loksukon.

Sementara itu, Pakar komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul (UEU) Erman Anom mengatakan survei yang dilakukan Panel Survei Indonesia (PSI) membuktikan bahwa Airlangga masih menjadi sosok yang diinginkan sebagai calon presiden pada tahun 2024.

“Ya survei PSI itu menunjukkan bahwa Airlangga sosok yang diharapkan untuk melanjutkan kepempimpinan Presiden Jokowi, karena pengalamannya sebagai Menko perekonomian telah menjadi kepercayaan masyarakat terhadap Airlangga,” kata Erman Anom.

Erman menilai bahwa Airlangga mampu membawa perbaikan ekonomi di tengah kodisi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

“Airlangga telah mampu membawa perbaikan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 sehingga kepercayaan masyarakat terhadap Airlangga karena prestasi di bidang ekonomi,” tutur Erman Anom.

Responden dalam survei ini adalah responden sudah berusia 17 tahun ke atas yang memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. Pengumpulan data dilakukan pada 27 Oktober – 12 November 2022 terhadap 2.100 responden tersebar di 34 provinsi dengan margin of error kurang lebih 2,14 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Van)

About Post Author