30 November 2022

Perkuat Kolaborasi dengan Generasi Muda, Unilever Cari “Every U Does Good Heroes 2022”.

SinarHarapan.id-Masih dalam semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda, PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali meluncurkan program “Every U Does Good Heroes 2022” untuk mengajak lebih banyak generasi muda Indonesia membawa perubahan bagi lingkungan dan masyarakat.

Melanjutkan kesuksesan tahun lalu, program ini merupakan bagian dari kampanye tahunan Unilever global yaitu “Every U Does Good” guna mengajak masyarakat berbuat baik dengan cara-cara yang sederhana.

Salah satunya dengan memilih brand yang baik dan memberikan manfaat positif bagi diri, keluarga, dan masyarakat Indonesia.

“Kami kembali menggelar kampanye ‘Every U Does Good’, kampanye tahunan yang mengajak individu atau perusahaan untuk bisa memberikan kebaikan bagi sekitar, melalui berbagai cara yang sederhana, mulai dari memilih brand yang memiliki purpose hingga menjadi heroes. Tahun ini kami kembali mengajak generasi muda menjadi heroes masa kini dengan bergabung menjadi ‘Every U Does Good Heroes’ untuk memberikan kontribusi nyatapada lingkungan dan masyarakat”, jelas Kristy Nelwan, Head of Communication PT Unilever Indonesia, Tbk.(1/11/2022)

Kampanye Every U Does Good sejalan dengan perkembangan perilaku konsumen, khususnya para milenial dan Gen-Z, yang semakin peduli terhadap isu lingkungan dan sosial, salah satunya terlihat dari preferensi mereka dalam memilih produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2022 yang dirilis September 2022 lalu memperlihatkan bahwa 67% milenial dan 66% Gen-Z bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan produk dan layanan yang memiliki dampak baik untuk lingkungan.

Selain itu, studi Databoks pada September 2022 juga menunjukkan bahwa 36,2% milenial dan Gen-Z mulai melirik brand atau produk yang peduli pada lingkungan sosial.

Dalam “Every U Does Good” terdapat 15 brand Unilever Indonesia yang berpartisipasi, brand tersebut memiliki purpose yang kuat sejalan dengan tiga pilar kebaikan dalam strategi “The Unilever Compass” (detail brand dan purpose ada di lembar fakta).

Kristy menambahkan, “Sinergi antara brand dan orang-orang dengan purpose yang kuat akan bisa membawa perubahan yang baik bagi masyarakat dan lingkungan dalam skala yang lebih besar. Oleh karena itu, melalui “Every U Does Good Heroes” kami ingin melahirkan sociopreneurs masa depan yang piawai menggunakan berbagai perspektif bisnis dalam mengatasi masalah dan mendorong dampak positif bagi lingkungan dan sosial.

Keunikan program “Every U Does Good Heroes” adalah bahwa kesepuluh heroes terbaik bukan hanya mendapatkan micro grant dari Unilever Indonesia, namun juga pendampingan berkelanjutan dari para mentor berpengalaman. Dengan demikian, para heroes dapat menempa kemampuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam memperluas skala gerakan atau program mereka.

Salah satunya Diva Asnawi dengan program KONEKIN (Project BISA), ia berbagi kisah, “Setelah menjadi salah satu pemenang program ‘Every U Does Good Heroes 2021”, saya mengikuti kegiatan coaching secara intensif dengan mentor saya, Nicky Clara. Selain memberikan banyak masukan dalam untuk mengembangkan project BISA, Mbak Nicky akhirnya juga terlibat sebagai salah satu narator dalam penggarapan video cerita aksesibel yang kami buat menggunakan audio dan Bahasa Isyarat.

Akses untuk menambah pengetahuan dan berkolaborasi seperti inilah yang menjadikan program ‘Every U Does Good Heroes’ begitu berkesan.”
Tahun ini “Every U Does Good 2022” kembali melibatkan sederetan mentor inspiratif, yaitu:
Mohamad Bijaksana Junerosano – CEO & Founder Waste4Change,
Gita Syahrani – Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari
Dr. Driando Ahnan – Co-Founder Indonesian Tempe Movement),
Ayu Kartika Dewi – Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id, dan
Nicky Clara – Disability Womanpreneur

Mohamad Bijaksana Junerosano berkomentar, “Program ini banyak bicara mengenai keberlanjutan atau sustainability, jadi kita perlu pastikan bahwa bara api untuk berbuat kebaikan juga sustainable, atau tak pernah padam. Artinya, regenerasi untuk membentuk agen perubahan di masa depan menjadi hal yang penting, termasuk melalui mentoring yang kami lakukan nanti. Kami akan memastikan bahwa para peserta akan mendapatkan pendampingan yang maksimal dari berbagai topik, pengalaman, dan perspektif pengetahuan yang berbeda namun saling melengkapi.”

Dr. Driando Ahnan yang akrab disapa Ando turut berpesan, “Gerakan ‘Indonesian Tempe Movement’ saya cetuskan berdasarkan tujuan untuk mendorong aksesibilitas makanan bernutrisi untuk lebih banyak orang melalui tempe. Sebagai salah satu mentor baru di program tahun ini, saya siap berbagi pengetahuan, pengalaman dan berkolaborasi dengan generasi muda yang memiliki purpose yang sejalan terhadap isu-isu sosial, termasuk peningkatan kualitas kesehatan dan nutrisi. Melalui program ini, kita akan sama-sama buktikan bahwa masing-masing dari kita punya kontribusi sosial dalam masyarakat untuk membentuk masa depan Indonesia dan dunia.”

Setelah proses mentoring dan penjurian, di akhir program akan terpilih 10 (sepuluh) sosok “Every U Does Good Heroes 2022” yang masing-masingnya berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program mereka.

Mengusung prinsip “Heroes Grow Heroes”, kesepuluh heroes di tahun lalu juga akan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan program tahun ini untuk saling menginspirasi dan berkolaborasi.

Alumni “Every U Does Good Heroes 2021”, yaitu Ni Putu Gita Saraswati dengan program Kolaborasi Bumi (Menstrucaraka) berkomentar, “Saya yakin, sinergi kekuatan purpose dari seluruh peserta program ini akan melahirkan banyak ide yang lebih kuat dan tangible untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.”

Para peserta dapat mendaftar melalui laman https://s.id/EUDGHeroes2022 mulai tanggal 1 – 25 November 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini silahkan kunjungi Instagram @unileveridn.(Red/Iw)

 

About Post Author