2 December 2022

Wuling Motors (PTSGMW) meluncurkan Mobil Hybrid Pertamanya, Almaz Hybrid di Jakarta International E-prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Peluncuran Wuling Hybrid Almaz dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan jajaran managemen Wuling Motors.(3/11/2022)

SinarHarapan.id-Inovasi Wuling Motors (Wuling) kembali berlanjut di tanah air.

Wuling Almaz Hybrid yang merupakan kendaraan hybrid pertama Wuling di Indonesia, resmi meluncur.

Seperti SUV Wuling sebelumnya, beberapa fitur unggulan tetap disematkan selain juga fitur terbaru lainnya, seperti inovasi modern yang terdiri dari Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV), dan Wuling Indonesian Command (WIND) menjadikan SUV terbaru ini sebagai lini produk yang paling lengkap inovasinya dalam keluarga Almaz.

“Seri Almaz telah menjadi berlian bagi Wuling sejak pertama kali diluncurkannya pada 2019 lalu. Kini, langkah tersebut kami lanjutkan melalui peluncuran Almaz Hybrid, Perpaduan sempurna dari performa yang bertenaga, fuel efficiency dan mobilitas ramah lingkungan,” jelas Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors.(3/11/2022)

Mengusung performa yang mengesankan, Wuling dibekali dengan mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder yang berkubikasi 2.000 cc.

Mesin tersebut menghasilkan daya maksimal 123 hp dan torsi sebesar 168 Nm. Selain itu, terdapat juga motor listrik yang berkompetensi memproduksi tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm. Tidak ketinggalan, ada juga Ternary Lithium baterai berkapasitas 1.8 kWh.

Dalam rangka menghantarkan kompentensi tersebut ke roda depan, Wuling mengandalkan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) yang dikhususkan untuk Almaz Hybrid.

Wuling Almaz Hybrid mengaplikasikan Multi-mode Hybrid Performance yang terdiri dari EV Mode, Series Hybrid, dan Hybrid Parallel.

Wuling Almaz Hybrid.(Sh.id/Iwan)
Wuling Almaz Hybrid.(Sh.id/Iwan)

“Ini yang membedakan Wuling Almaz Hybrid dengan mobil hybrid lainnya di Indonesia. Pengemudi tinggal menikmati fasilitas dan fitur yang telah disesuaikan kebutuhan dan keinginan pengemudi. Mengemudi serasa membawa mobil matic umumnya”, jelas Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Pada EV Mode, roda digerakkan oleh motor listrik yang mengambil energi listrik dari baterai Ternary Lithium. Sementara itu, dalam mode Series Hybrid, roda tetap digerakkan oleh motor listrik, namun mesin bensin beroperasi mengisi daya listrik pada baterai melalui motor generator.

Performa maksimal dihasilkan pada mode Hybrid Parallel dimana mesin bensin dan motor listrik beroperasi untuk menghasilkan daya penggerak roda secara bersamaan. Sistem ini bekerja secara otomatis menyesuaikan kondisi baterai, kebutuhan daya, serta kondisi jalan.

Untuk baterainya memiliki garansi hingga 8 tahun atau sama sejauh 12.000 km, sama seperti baterai Wuling Air ev, imbuh Danang.

Hadirnya nuansa Warm Beige Leather Seats di ruang kabin yang lega, konfigurasi 7-seater, serta Panoramic Sunroof yang mendukung momen berkendara yang menyenangkan.

Aspek futuristik ditonjolkan melalui tampilan baru New Digital TFT Meter Cluster pada dashboard dan tuas transmisi baru dengan desain modern pada konsol tengah.

Untuk saat ini Wuling hanya akan memproduksi Almaz Hybrid, belum berencana membuat Hybrid di seri Wuling lainnya. Wuling Almaz Hybrid buatan Cikarang ini segera on hand ke pembelinya, pungkas Dian.

Wuling Almaz Hybrid ini dibandrol seharga Rp. 470.000.000 (OTR).(Red/Iw)

 

About Post Author