30 November 2022

SinarHarapan.id – Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Sigit P. Kumala (kanan keempat); Sekretaris Pengurus YDBA, Ida R. M. Sigalingging (kedua kiri), Bendahara Pengurus YDBA, Tarsisius Wijaya (kanan) bersama 4 stakeholder YDBA dari PT Eka Cahaya Tunas Mitra atau dikenal Tokpas, Indonesia Chef Association (ICA), Koperasi 1000 Desa Ekspor Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) melihat berbagai produk yang diproduksi oleh UMKM Pande Besi binaan YDBA di Banyumas. Untuk memperkuat kolaborasi yang telah terjalin antara YDBA dengan stakeholder, YDBA menghadirkan 4 stakeholder ke Banyumas dalam rangka link and match bersama UMKM (17/11/2022).

Semangat Astra melalui YDBA  dalam mengembangkan UMKM di tanah air. Kolaborasi dilakukan YDBA baik bersama Grup Astra maupun eksternal Grup Astra, seperti PT Eka Cahaya Tunas Mitra atau dikenal Tokpas, Indonesia Chef Association (ICA), Koperasi 1000 Desa Ekspor Indonesia dan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI).

YDBA menghadirkan 4 stakeholder di atas untuk melakukan link and match bersama UMKM binaannya di Banyumas, antara lain UMKM Kuliner Semedo Manise dan UMKM Pande Besi yang tergabung dalam Komunitas Gayeng Ruyeng. Dalam kegiatan ini, YDBA juga mengajak 4 stakeholder tersebut mengunjungi UMKM Bengkel Primamitra Auto Service.

Link and Match dilakukan untuk memperkuat kolaborasi yang telah terjalin antara YDBA dengan stakeholder selama ini. Sebelumnya YDBA telah berkolaborasi dengan Tokpas dalam fasilitasi pemasaran produk UMKM melalui pasar online. YDBA juga berkolaborasi dengan ICA dalam rangka mengembangkan produk pisau UMKM Pande Besi di Desa Pasir Wetan, Kab. Banyumas. Bersama Koperasi 1000 Desa Ekspor Indonesia, YDBA berkolaborasi dalam pembinaan dan fasilitasi pemasaran bagi UMKM komoditas vanili dan mete yang berada di wilayah Kab. Manggarai Barat, NTT. Sedangkan bersama APJI, YDBA berkolaborasi dalam fasilitasi pemasaran produk pisau yang diproduksi oleh UMKM Pande Besi di Banyumas. Foto: SH/Ruh Semiono

About Post Author