28 January 2023

Penyelenggaraan SNF 2022 terdiri dari 10 kelas workshop, 6 sesi talkshow OOTD, dan Siberkreasi Award yang secara hybrid dihadiri sekitar 665 peserta offline dan lebih dari 1400 peserta online.

SinarHarapan.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi memberikan apresiasi kepada 20 mitra Gerakan Nasional Literasi Digital dalam Siberkreasi Netizen Fair (SNF) di Yogyakarta, baru-baru ini.

SNF 2022 adalah puncak selebrasi kegiatan literasi digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan digital masyarakat serta mendorong kolaborasi multistakeholders untuk literasi digital dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggungjawab. Penyelenggaraan SNF 2022 terdiri dari 10 kelas workshop, 6 sesi talkshow OOTD, dan Siberkreasi Award yang secara hybrid dihadiri sekitar 665 peserta offline dan lebih dari 1400 peserta online.

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah itu telah meningkat 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang. Melihat peningkatan jumlah pengguna aktif media sosial tersebut, menunjukkan adanya potensi warganet untuk mengembangkan konten positif di ruang digital. Oleh karena itu, pada SNF 2022 diselenggarakan cipta konten positif.

Pelaksanaan Siberkreasi Award 2022 dibuka dengan sambutan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan yang mengatakan bahwa aktivitas di ruang digital masyarakat Indonesia sangat banyak. Masyarakat harus lebih cerdas, kritis dan produktif di ruang digital. “Setiap aktivitas kita di ruang digital merupakan rekam jejak digital kita. Kita perlu berhati-hati sebelum kita posting. Apa yang kita posting di sosmed, seumur-umur akan ada di dunia digital dan dapat dicari. Maukah kita meninggalkan jejak kepada anak cucu kita yang negatif ? Seharusnya kita meninggalkan jejak yang inspiratif,” tegasnya.

Siberkreasi Award merupakan ajang apresiasi dengan memberikan penghargaan kepada kreativitas warganet Indonesia dari lomba dan challenge yang diadakan oleh Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi. Selain itu, Siberkreasi Award juga mengapresiasi seluruh mitra jejaring Siberkreasi yang paling berkontribusi dalam Gerakan Nasional Literasi Digital.

Penghargaan terhadap kreativitas warganet dibagi menjadi tiga kategori, yaitu lomba video promosi UMKM, lomba video makanan khas Yogyakarta, dan konten review produk UMKM. Pemenang lomba dari setiap kategori adalah sebagai berikut:

Kategori Video Promosi UMKM
Juara 1: Zakiyah
Juara 2: Teddy Syach
Juara 3: Zany
Kategori Video Makanan Khas Yogyakarta
Juara 1: Mega Meiwu
Juara 2: Richi Rizkya
Juara 3: Damar Milani

Kategori Konten Review Produk UMKM
M. Rofiq Rista Al Hazza

Selain itu, dalam SNF 2022 juga diberikan penghargaan kepada 20 Mitra Jejaring Siberkreasi terpilih di antara 115 mitra jejaring GNLD Siberkreasi yang telah berjuang di ranah literasi digital, dengan harapan agar mitra-mitra tersebut menjadi api bagi mitra lainnya untuk semangat berkegiatan di ranah literasi digital. Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Aptika Kominfo, Ketua Umum dan perwakilan Dewan Pengarah Siberkreasi. Apresiasi tersebut terbagi menjadi empat kategori, yaitu:

Kategori Apresiasi jejaring GNLD Siberkreasi Program Literasi Digital Terbaik 2022
a. Center for Digital Society (CFDS),
b. Indonesia Information and Communication Technology (ICT) Watch,
c. Komunitas Emak Blogger,
d. Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan
e. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

Kategori Apresiasi Jejaring GNLD Siberkreasi Campaign Media Sosial Aktif 2022
a. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII),
b. End Child Prostitution in Asian Tourism (ECPAT) Indonesia,
c. Google Indonesia,
d. ICT Watch, dan
e. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kategori Apresiasi Jejaring GNLD Siberkreasi Modul Literasi Digital Terbaik 2022
a. CFDS,
b. Common Room,
c. Jaringan Pegiat Literasi Digital (JAPELIDI),
d. Japelidi, Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas PGRI Yogyakarta, dan
e. Vokasi Komunikasi Klinik Digital.

Kategori Apresiasi Jejaring GNLD Siberkreasi Kolaborasi Literasi Digital 2022
a. ECPAT Indonesia,
b. ICT Watch,
c. Meta Indonesia,
d. Pabrik Soeara Rakjat, dan
e. Tokopedia Care & Academy
.
Setelah sesi awarding, SNF 2022 ditutup dengan penampilan Ndarboy Genk yang menghibur peserta dengan membawakan lagu-lagu andalannya. Per Desember 2022, Kemenkominfo telah berhasil melakukan literasi digital kepada lebih dari 5.500.000 penduduk Indonesia di segmen kelompok masyarakat, komunitas, pendidikan, dan pemerintahan. Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id atau media sosial Instagram @literasidigitalkominfo dan @siberkreasi.

About Post Author