28 January 2023

SinarHarapan.id-Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang tantangan serta isu yang mengancam kelestarian laut dan satwanya pertama kali diluncurkan secara global di pertengahan November 2022, Jakarta Aquarium & Safari bekerja sama dengan The Walt Disney Company Indonesia dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara Memberikan Edukasi Kelautan untuk Indonesia Lestari lewat Inisiatif “Keep Our Oceans Amazing”

Di momen ini bertepatan juga dengan rilisnya sekuel teranyar film Avatar pada tanggal 14 Desember 2022.

Terowongan Avatar: The Way of Water.(JAQS)
Terowongan Avatar: The Way of Water.(JAQS)

Kampanye ini diluncurkan seiring dengan dirilisnya film terbaru besutan 20th Century Studios, yaitu Avatar: The Way of Water, yang mulai tayang di berbagai negara minggu ini. Inisiatif “Keep Our Oceans Amazing” dicanangkan oleh The Walt Disney Company untuk mendukung program pelestarian laut yang dilakukan oleh mitra lembaga konservasi nirlaba internasional The Nature Conservancy (TNC), terutama dalam upaya melindungi 10 satwa laut dan habitatnya yang dianggap beresiko terancam punah.

Di Indonesia, kampanye ini dilaksakan oleh YKAN sebagai mitra utama TNC di Indonesia.

“Menjadi negara kepulauan, dua pertiga wilayah Indonesia merupakan perairan dan menopang kehidupan bagi lebih dari 60 persen penduduk Indonesia. Upaya penyadartahuan tentang arti penting laut harus terus dilakukan lewat bermacam medium. Kampanye “Keep Our Oceans Amazing”, bekerja sama dengan JAQS dan Disney, ini menjadi salah satu cara untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” terang Direktur Pengembangan dan Pemasaran YKAN Ratih Loekito.(16/12/2022)

Ratih menambahkan bahwa tujuh dari 10 spesies laut yang ditampilkan dalam kampanye “Keep Our Oceans Amazing”, yaitu hiu paus, pari manta, penyu sisik, ikan kakatua, mangrove, karang tanduk, dan paus biru dapat ditemukan di Indonesia. Untuk itu amat penting menjaga kelestarian laut bagi keberlanjutan kehidupan seluruh spesies di dalamnya.

Dalam mendukung kampanye “Keep Our Oceans Amazing”, JAQS bersama Disney dan YKAN akan mengadakan EduTalk yang menghadirkan Coral Reef Specialist YKAN Rizya Ardiwijaya pada 17 Desember 2022.

Masih dalam rangkaian kampanye ini, juga akan dilakukan aksi penanaman mangrove di Suaka Margasatwa Muara Angke pada Januari 2023.

“Dengan terjalinnya kolaborasi JAQS dan YKAN serta kampanye “Keep Our Oceans Amazing”, kami dapat mengedukasi masyarakat dan mendukung pemerintah untuk menjaga kelestarian laut dan keberlanjutan kehidupan spesies di dalamnya. Kami juga berharap kegiatan ini akan terus berlangsung hingga generasi-generasi mendatang,” ujar Avatara, Brand & Partnership Manager Jakarta Aquarium & Safari.

Edukasi sekaligus kampanye kelestarian laut dan satwanya ini akan berlangsung selama dua pekan di Jakarta Aquarium & Safari, ungkap Ratih.

Ratih juga berharap dengan kegiatan edukasi ini bisa memberikan pelajaran bagi masyarakat akan pentingnya merawat ekosistem laut dan isinya bagi kehidupan.

Selain itu, dalam rangka memasuki liburan sekolah, Jakarta Aquarium & Safari kembali hadir dengan konsep Holiday Carnival yang akan menemani JAQSplorer mulai tanggal 12 Desember 2022 – 15 Januari 2023. Banyak hal yang dapat kamu eksplor dan nikmati selama berada di sini.

Jakarta Aquarium & Safari menghadirkan beragam permainan yang bisa diikuti pengunjungnya, seperti : Holiday Carnival seperti Shoot The Dart, Tin Can Throw, Bottle Ring Toss, dan Bouncy Ball.(SH/Red)
Jakarta Aquarium & Safari menghadirkan beragam permainan yang bisa diikuti pengunjungnya, seperti : Holiday Carnival seperti Shoot The Dart, Tin Can Throw, Bottle Ring Toss, dan Bouncy Ball.(SH/Red)

Selama periode tersebut, pengunjung dapat mengabadikan momen di dalam Avatar Tunnel dan Underwater Christmas Tree, menikmati kudapan spesial Natal seperti hot chocolate, s’mores, apple caramel, kurtos, hingga ice cream, bermain permainan Holiday Carnival seperti Shoot The Dart, Tin Can Throw, Bottle Ring Toss, dan Bouncy Ball.

Tentunya JAQSplorer tidak akan pulang dengan tangan kosong. Akan ada banyak hadiah menarik yang akan menjadi reward kalian jika berhasil memenangkan setiap permainan yang ada. Yuk, nikmati liburan akhir tahunmu di Jakarta Aquarium & Safari!(Iw)

 

About Post Author