28 January 2023

SinarHarapan.id-Masuki tahun 2023 mendatang akan menjadi tantangan bagi sebagian pengusaha mengingat pasca pandemi dan pengaruh Kris global.

Bank Indonesia (BI) mencatat total nilai transaksi e-commerce pada paruh awal tahun 2022 mencapai Rp 227,8 T, atau meningkat 22,1 persen dari data paruh awal tahun 2021.

Kecil kemungkinan bagi tiap sektor bisnis untuk mengelak dari imbas resesi, tak terkecuali bisnis online.

Meski IMF memprediksi ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh hingga 5,3 persen pada akhir 2022 dan mengalami sedikit penurunan menjadi 5 persen pada 2023, pebisnis online disarankan untuk tetap menyiapkan kuda-kuda yang kokoh berupa strategi praktis agar tetap kebal menghadapi tantangan besar di tahun 2023.

“Hal tersebut dikarenakan kegiatan ekonomi yang melemah secara psikologis dapat mempengaruhi daya beli konsumen, sehingga dampaknya masif bagi pebisnis, baik yang berskala besar maupun kecil,” ujar Cemara Disa Winanda, Head of Creative Team Niagahoster.(20/12/2022).

Pebisnis harus pintar-pintar melihat peluang bisnis online untuk tahun 2023 yang menekankan pada modal yang rendah namun memiliki peluang untuk mengantongi untung besar. Di antaranya ada dropshipping, reseller, bisnis kerajinan tangan, hingga menjadi affiliator, ujar Disa lagi.

Untuk mendukung pengembangan bisnis, ada beberapa strategi praktis digital marketing yang dapat diterapkan oleh pebisnis online di tahun 2023. Antara lain digital experience dan content marketing yang sedang memimpin pasar saat ini dan diprediksi akan terus berlanjut di tahun mendatang.

Digital experience perlu diterapkan pada konsumen yang sudah mulai mengubah perilaku berbelanja mereka menjadi secara online.

Seperti misalnya dengan menerapkan Live Shopping yang interaktif, dan menyediakan one-stop shopping platform misalnya menggunakan website yang lengkap dengan informasi produk dan katalog untuk meningkatkan kepuasan customer.

“Saat ini banyak brand menerapkan ‘pembeli adalah teman’, sehingga kepercayaan dan kenyamanan akan otomatis meningkat dengan sendirinya,” lanjut Disa.

Teknik promosi menggunakan content marketing yang bersifat soft-selling lebih tepat untuk diterapkan. Baik itu konten produksi sendiri, maupun konten kolaborasi dengan influencer.

“Konten yang ringan dengan copywriting yang ringkas atau jenaka sangat tepat diterapkan saat ini. Kemudian dengan attention span pengguna internet yang semakin singkat, video pendek yang menarik perhatian juga dapat meningkatkan keingintahuan audiens pada brand atau produk yang ditawarkan,” lanjutnya.

Tantangan global 2023 menuntut bisnis untuk futureproof atau mengamankan bisnis mereka agar tidak tumbang di kemudian hari.

“Di tahun 2023, Niagahoster akan memberi perhatian lebih pada Micro Millenials yang saat ini memimpin perekonomian digital Indonesia yang terus bertumbuh. Mereka sudah memiliki pengetahuan dan skill digital marketing di media sosial, namun membutuhkan skill lebih dalam mengenai pengembangan website dan kesuksesan online. Di situ kami memberikan support,” ujar Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster.

Dengan berbagai pilihan hosting, Niagahoster dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan dari siapa saja yang membutuhkan website untuk mengembangkan bisnisnya.

Fitur dan kualitas produk hosting dari Niagahoster juga dapat semakin mendukung pengembangan bisnis atau produk mereka.

Ayunda menambahkan, tidak seharusnya pemilik bisnis berjuang sendiri mengalahkan algoritma-algoritma di internet dan menghadapi tahun 2023 yang penuh ketidakpastian. Di situlah Niagahoster menghadirkan pelatihan gratis dengan pemateri yang ahli di bidangnya.

 

About Post Author