1 February 2023

SinarHarapan.id-Republik Rakyat Tiongkok melalui Pemerintah Daerah Ningbo menggelar acara matchmaking Ekonomi dan Perdagangan dengan Indonesia serta negara-negara anggota Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Adapun salah satu inti agendanya adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Dewan Tiongkok untuk Komite Promosi untuk Perdagangan Internasional (CCPIT) Ningbo serta perwakilan Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).

Agenda MoU dilanjutkan dengan pelepasan dua proyek yang juga secara simbolis membuka kerja sama Ningbo-Indonesia dan negara-negara anggota RCEP di Hotel Mandarin, Jakarta.(13/12/2022)

Kegiatan ini sekaligus mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi, Republik Rakyat Tiongkok lewat Pemerintah Daerah Ningbo.

Turut hadir beberapa perwakilan sektor swasta Ningbo hadir, yaitu Ningbo Kangda Electronic Co.,Ltd., Brilliant International Logistic Co.,Ltd., Sellers Union Group, serta Ningbo Ningshing Holdings Corporation, sebuah perusahaan pelayanan & perdagangan yang fokus pada perdagangan luar negeri, manufaktur presisi, e-commerce lintas batas, solusi pakan, pembuatan kapal, terminal tangki, operasi dealer 4S otomatis, dan investasi ekuitas.

Kerja sama antara Pemerintah Daerah Ningbo dengan Pemerintah Republik Indonesia merupakan bagian dari hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia yang sudah berjalan sejak lama. Hubungan bilateral ini diresmikan pada tahun 1950 dan ditandai dengan pembukaan kedutaan besar dan konsulat di beberapa kota besar pada kedua negara.

Pada tahun 2010, perdagangan dan investasi Tiongkok-Indonesia semakin meningkat dengan berlakunya Kawasan Perdagangan ASEAN-Tiongkok.

Pemerintah Daerah Ningbo meresmikan kerja sama bilateral Tiongkok-Indonesia di bidang ekonomi, maritim, dan perdagangan yang ditandatangani usai perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Rabu (16/11/2022).

Sebelumnya, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo juga telah menegaskan komitmen untuk memperkuat hubungan kedua negara, serta memajukan koridor perekonomian regional dan proyek “Two Countries Twin Parks” dalam berbagai sektor.

Penting sekali untuk memegang nilai multilateralisme yang fokus pada pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan, pembiayaan berorientasi pembangunan, kelestarian lingkungan, serta mewujudkan sistem tata kelola global yang adil dan merata. Salah satunya adalah proyek pembangunan yang sedang berjalan, yaitu proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan segera disusul oleh beberapa proyek kawasan industri serta kerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Negara baru Indonesia.

Kedepannya, Tiongkok dan Indonesia akan lebih banyak melakukan proyek bersama, misalnya adalah pembangunan kawasan industri yang direncanakan hadir di beberapa titik di Indonesia, salah satunya di Kalimantan Utara.

Perjanjian kerja sama antara Pemerintah Ningbo dengan negara-negara RCEP khususnya Indonesia dapat memberikan peluang baru yang menguntungkan untuk kedua pihak. Pertama, perjanjian kerja sama ini akan mempererat hubungan diplomatis antara kedua negara, khususnya Pemerintah Daerah Ningbo dengan Pemerintah Republik Indonesia. Kedua, kerja sama yang diadakan dapat meningkatkan peluang investasi dan perdagangan, baik untuk Tiongkok sendiri maupun untuk Indonesia dan negara-negara RCEP.

 

About Post Author