31 January 2023

SinarHarapan.id-Menjelang momentum liburan Natal dan pergantian tahun, biasanya dimanfaatkan masyarakat dengan melakukan berbagai kegiatan bersama dengan keluarga, misal dengan bepergian ke kampung halaman atau juga pergi berwisata menggunakan kendaraan yang cocok untuk keluarga seperti All New Ertiga maupun XL7. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan himbauan kepada pelanggan yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kendaraan, untuk memperhatikan kondisi kendaraan yang akan digunakan dan mengatur rencana perjalanan dengan matang.

Saat ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil Suzuki, sebaiknya pengendara perlu memperhatikan beberapa hal agar perjalanan menyenangkan dan tidak ada kendala, diantaranya yaitu:
Lakukan pengecekan mobil secara mandiri.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pengendara dapat melakukan pengecekan harian secara mandiri pada kondisi mesin, misalnya seperti pemeriksaan oli mesin, pemeriksaan radiator, rem, suspensi, lampu penerangan, fungsi kerja wiper, pengecekan kebocoran cairan/oli, sistem kelistrikan, tekanan angin dan ketebalan permukaan ban. Tetapi apabila ingin melakukan perjalanan jauh dan batas service kendaraan sudah dekat, sebaiknya segera mengunjungi bengkel resmi Suzuki untuk melakukan service. Jika ada komponen yang perlu mendapatkan peremajaan, teknisi melalui Service Advisor di bengkel Resmi Suzuki dapat menyarankan hingga mengganti komponen tersebut.

Selain itu, keuntungan lainnya ketika melakukan pengecekan di bengkel resmi Suzuki adalah penanganan dari tenaga ahli yang terlatih untuk melakukan pemeriksaan hingga perbaikan kerusakan yang sudah sesuai dengan standart serta ketersediaan komponen atau oli yang dijamin keaslian dan kualitasnya serta adanya garansi komponen atau sparepart.

Antisipasi cuaca hujan
Memasuki liburan akhir tahun, biasanya intensitas hujan semakin tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya pastikan kondisi karet wiper masih berfungsi dengan baik sebelum melakukan perjalanan. Kemudian penyediaan payung di dalam mobil juga diperlukan bagi penumpang maupun pengendara. Tidak lupa luangkan waktu untuk dapat mencuci mobil yang telah kotor akibat hujan agar mobil terlihat bersih, selain itu meningkatkan keselamatan berkendara karena kaca mobil bersih dan terbebas dari kotoran, dan juga mampu menjaga kualitas cat mobil karena terhindar dari timbulnya jamur.

Pemilihan rute terdekat dan lebih lancar
Salah satu penyebab perjalanan terasa melelahkan adalah lamanya durasi perjalanan akibat salah pemilihan rute dan mengalami kemacetan panjang. Agar waktu yang berharga bersama keluarga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya, pengendara disarankan untuk mengunjungi layanan navigasi sebelum keberangkatan sebagai solusi terbaik untuk memilih rute, menentukan titik pemberhentian sementara dan menghindari objek-objek penyebab kemacetan seperti pasar atau kawasan wisata yang tidak ingin dikunjungi.

Ciptakan dan nikmati perjalanan yang aman
Selama perjalanan, biasanya kita akan menghadapi beragam karakter pengendara lain yang dapat mempengaruhi emosi. Jika para pengendara bersama-sama menerapkan gaya berkendara yang tenang dan halus serta selalu mentaati peraturan lalu lintas, maka kontribusi untuk menciptakan kelancaran perjalanan akan lebih terasa. Pengendara diharapkan selalu konsentrasi dan tidak terpancing emosi apabila melihat pengendara lain mengemudi secara agresif maupun melanggar aturan. Dengan gaya berkendara yang tenang akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang. Selain itu pengendara juga bisa memanfaatkan fasilitas hiburan yang ada di kendaraan seperti mendengarkan music dan konektivitas ke smartphone. Namun pengendara di imbau untuk tetap konsentrasi selama perjalanan.

Terapkan gaya berkendara Eco-Driving
Teknik berkendara juga harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan. Seperti menggunakan teknik berkendara Eco-Driving yang memiliki manfaat yaitu mengoptimalkan penggunaan bahan bakar secara efisien, serta berkontribusi menjaga lingkungan karena mampu mengurangi potensi emisi pencemaran. Dalam teknik Eco-Driving, pengendara dapat memperhatikan beberapa kebiasaan seperti memanaskan mesin mobil seperlunya, menstabilkan kecepatan serta menjaga kecepatan mesin saat akselarasi sambil menjaga jarak dengan kendaraan di depan, mengatur AC pada suhu yang ideal, dan menggunakan fitur penunjang seperti Engine Auto Start-Stop seperti yang telah disematkan di mobil Suzuki All New Ertiga Hybrid.

Dalam perjalanan bersama keluarga, pemilik kendaraan Suzuki juga tidak perlu khawatir jika mengalami kendala di tengah jalan, karena Suzuki sudah menyediakan bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, Suzuki juga menyediakan layanan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang beroperasi selama 24 jam dan layanan ini dapat dimanfaatkan secara gratis oleh konsumen yang kendaraannya masih dalam masa garansi (3 tahun atau 100.000 Km untuk mobil dan 3 tahun atau 30.000 Km untuk sepeda motor) atau dengan menghubungi Halo Suzuki di 0800 1100 800.

“Selain memastikan kondisi mobil yang baik, pengendara juga harus memperhatikan performa kendaraan serta menerapkan teknik berkendara yang baik dan efisien seperti teknik Eco-Driving. Teknik Eco-Driving jika dikombinasikan dengan kendaraan yang menunjang efisiensi perjalanan baik jarak jauh maupun dekat seperti contohnya Suzuki All New Ertiga Hybrid dan XL7 tentu dapat meningkatkan pengalaman berkendara yang nyaman, dan aman, ” terang Joshi Prasetya, Strategic Planning Department Head PT Suzuki

About Post Author