1 February 2023

SinarHarapan.id-ROOKIE Racing Co., Ltd. (ROOKIE Racing) dan Toyota Motor Corporation (Toyota) mengumumkan partisipasi mereka di IDEMITSU 1500 SUPER ENDURANCE 2022 (Thailand 25H Endurance Race) di Chang International Circuit di Thailand dari 17 hingga 18 Desember 2022.

Mereka akan balapan dengan mobil konsep ORC ROOKIE GR Corolla H2, kendaraan bermesin hidrogen*1., dan mobil konsep ORC ROOKIE GR86 CNF, kendaraan berbahan bakar karbon netral*2. Partisipasi kali ini tidak akan mengikuti balapan selama 25 jam penuh, namun hanya di beberapa jam awal dan akhir balapan. Ini akan menjadi pertama kalinya kedua kendaraan tersebut bersaing dalam balapan di luar Jepang.

Selain itu, salah satu kendaraan Toyota Gazoo Racing Team Thailand akan menggunakan bahan bakar karbon netral. Dimulai dengan partisipasi di Thailand 25H Endurance Race, ROOKIE Racing dan Toyota akan terus berupaya meningkatkan dan mempercepat pengembangan teknologi karbon netral di Asia melalui motorsport.

ROOKIE Racing dan Toyota berpartisipasi dalam seri Super Taikyu*3 di Jepang pada pertengahan musim 2021, dengan Corolla yang bertenaga hidrogen, dan mempercepat upaya untuk “memproduksi”, “memperkenalkan”, dan “menggunakan” hidrogen, selaras dengan visi-misi partner di dalam dan di luar industri yang bertujuan membantu masyarakat untuk mencapai netralitas karbon yang sesungguhnya.

Mulai musim 2022, selain mesin hidrogen Corolla, ROOKIE Racing dan Toyota juga menggunakan bahan bakar sintetis GR86 dan terus menghadapi tantangan untuk memperluas opsi energi bersih, termasuk melalui penggunaan mesin pembakaran internal.

Akio Toyoda, Presiden Toyota Motor Corporation, yang juga merupakan pendiri dan pemilik tim dari ROOKIE Racing, berpartisipasi dengan nama pembalap “Morizo”.

Terbaru, selama putaran kesembilan World Rally Championship (WRC) di Ypres pada bulan Agustus dan putaran ke-13 WRC di Jepang pada bulan November, ROOKIE Racing dan Toyota melakukan uji coba kendaraan bermesin hidrogen GR Yaris H2 yang sedang dalam pengembangan. Ini bertujuan untuk menunjukkan potensi hidrogen sebagai opsi yang layak untuk mencapai netralitas karbon dalam kondisi reli yang panjang. Morizo juga mengemudikan kendaraan tersebut untuk memberikan penilaian dari segi keselamatan dan kinerjanya.

Kali ini uji coba berpindah ke Asia. Chang International Circuit adalah sirkuit internasional utama di Thailand, dan menjadi tuan rumah MotoGP Thailand, seri balap motor paling bergengsi di dunia. Sejak sirkuit dibuka pada tahun 2014, Toyota Motor Thailand Co., Ltd. telah menjadi sponsor utama, dan mempromosikan perkembangan motorsport di Thailand dengan mengadakan one-make race di sana. Rookie Racing memenangkan “IDEMITSU 600 SUPER ENDURANCE 2019” selama 10 jam, partisipasi pertamanya dalam balapan yang diadakan di sirkuit tersebut. Tahun ini, entri pertama dari ROOKIE Racing dan Toyota dalam tiga tahun, mobil-mobil tersebut akan diuji di kondisi yang berbeda dari Jepang, untuk mempercepat upaya perluasan opsi teknologi dalam menciptakan masyarakat yang karbon netral di seluruh dunia.

Berikut kami lampirkan siaran pers mengenai “ROOKIE Racing dan TOYOTA Motor Corporation mengumumkan partisipasi di balapan ketahanan 25 jam di Thailand”

 

Untuk detail informasi bisa langsung cek di Website Pressroom Toyota : https://pressroomtoyotaastra.com/

 

Terima kasih

 

14 Desember 2022

172/MPNB/Ext/XII/22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12 Desember 2022, ROOKIE Racing Co., Ltd. (ROOKIE Racing) dan Toyota Motor Corporation (Toyota) mengumumkan partisipasi mereka di IDEMITSU 1500 SUPER ENDURANCE 2022 (Thailand 25H Endurance Race) di Chang International Circuit di Thailand dari 17 hingga 18 Desember 2022. Mereka akan balapan dengan mobil konsep ORC ROOKIE GR Corolla H2, kendaraan bermesin hidrogen*1., dan mobil konsep ORC ROOKIE GR86 CNF, kendaraan berbahan bakar karbon netral*2. Partisipasi kali ini tidak akan mengikuti balapan selama 25 jam penuh, namun hanya di beberapa jam awal dan akhir balapan. Ini akan menjadi pertama kalinya kedua kendaraan tersebut bersaing dalam balapan di luar Jepang. Selain itu, salah satu kendaraan Toyota Gazoo Racing Team Thailand akan menggunakan bahan bakar karbon netral. Dimulai dengan partisipasi di Thailand 25H Endurance Race,

About Post Author