30 January 2023

SinarHarapan.id – Biodiversity Warriors (BW) KEHATI melakukan sensus burung air Asia (Asian Waterbird Census) di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta (15/1). Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun di bulan Januari pada minggu kedua sampai minggu ketiga. Tahun-tahun sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan oleh BW KEHATI di Hutan Lindung Angke Kapuk, berjarak 7 km dari lokasi kegiatan sensus sekarang.

Tujuan utama dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama generasi muda tentang keberadaan burung air, populasinya yaitu lahan basah, serta fungsi dari keberadaan mereka bagi manusia dan alam sekitar. Populasi burung air menjadi indikator lingkungan yang penting dalam pengelolaan lahan basah. Di beberapa daerah persawahan, burung air bermanfaat sebagai pengendali hama.

Selain itu, kegiatan sensus ini bertujuan untuk memperbarui data burung air dan migrasi dari data tahun sebelumnya. Pembaruan data pemantauan ini diharapkan dapat mendukung upaya konservasi yang efektif. Pada pengamatan sebelumnya tahun 2021 di Hutan Lindung angke Kapuk, terdapat 8 jenis burung air yang berhasil dicatatkan, yaitu pecukular asia, bambangan kuning, blekok sawah, kokokan laut, kuntul kecil, bangau bluwok, itik benjut, dan kareo padi.

Hasil sensus burung air 2023 kali ini berhasil mendata 14 jenis burung air, yaitu pecuk-ular asia, kuntul kecil, pecuk-padi hitam, pecuk-padi kecil, blekok sawah, trinil pantai, kowak-malam abu, itik benjut, cangak besar, cangak merah, cangak abu, kokokan laut, kuntul karang, kareo padi, bangau bluwok, dan bambangan hitam. Foto: SHID/Ruht Semiono

About Post Author