30 January 2023

SinarHarapan.id-Sejak kemunculannya pertama kali, proyektor mampu memberikan ragam fungsi dan tujuan.

Tidak hanya sekedar dipergunakan untuk hiburan, proyektor pun kini mampu berperan dalam kesuksesan suatu acara dan dunia usaha.

Varian produk proyektor dibedakan menjadi dua segmen yaitu Proyektor Home Cinema dan Proyektor Bisnis dengan berbagai fitur unggulan terkini.

Epson Indonesia sebagai salah satu produsen Proyektor terbesar di Indonesia, terus melakukan inovasi pada setiap perkembangan jajaran Home Cinema dan Proyektor Bisnis.

Bahkan diantaranya memiliki desain yang tergolong cukup ringkas dengan kualitas warna gambar yang sangat cerah, tajam dan ramah lingkungan.

Dengan beragam pilihan kecerahan, mulai dari 6.000 lumens sampai dengan 20.000 lumens dan dengan kombinasi teknologi 3LCD serta resolusi yang tajam. Adapun produk yang ditampilkan, PU Series EB-PU2216B, EB-PU1008B, EB-PU2213B, EH-LS300B, dan EH-LS12000B dan Streaming Media Player CO-FH02 yang semakin memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin pasar proyektor di Indonesia dengan kualitas yang baik.

“Kami juga selalu ingin memastikan bahwa produk-produk Epson hadir dengan penggunaan hemat energi dan juga ramah lingkungan, harapan saya dengan hadirnya review rangkaian proyektor ini dapat menjadi solusi yang memudahkan kegiatan dan memberikan informasi dan fitur terbaik dari proyektor Epson”, jelas Zanipar SA Siadari, Head of Product Marketing, Visual Instrument and Business Inkjet Printer PT Epson Indonesia.(19/1/2023)

Beberapa proyektor Epson ditujukan untuk penggunaan di dalam ruangan besar, seperti EB-PU2220B, EB-PU2213B, EB-PU1008B, EB-PU1006W, dan EB-PU1007W.

Pada kategori proyektor ini dapat di aplikasikan di ruangan besar seperti ballroom, aula, dan ruang meeting besar dengan proyeksi hingga 1.000 inci serta visibilitas yang jelas dengan ketajaman 6.000 – 20.000 lumens.

Didukung dengan kecanggihan kombinasi teknologi 3LCD, resolusi 4K enhancement dan sumber cahaya laser yang memiliki kontras rasio yang sangat tinggi, proyektor ini dapat menampilkan gambar yang sangat tajam namun tetap nyaman di mata setiap orang yang melihat.

Pada instalasi pemasangan Proyektor Epson EB-PU series ini memiliki ukuran yang compact, bahkan untuk seri EB-PU2200B merupakan proyektor dengan kecerahan 20.000 lumens yang paling kecil dan paling ringan di dunia, sehingga memberikan kemudahan dan tidak membutuhkan orang yang banyak selama proses pemasangan proyektor.

Proyektor Epson EB-PU Series ini bukan hanya menawarkan kecanggihan tampilan dan kemudahan instalasi, namun juga ramah lingkungan.

EB-PU series ini menggunakan sumber cahaya laser, memberikan umur penggunaan 20.000 jam. Selama 20.000 jam penggunaan ini sangat minim perawatan yang dibutuhkan, bahkan tidak perlu adanya penggantian lampu mercury yang akan menjadi limbah dan juga tidak perlu adanya tenaga ahli, sehingga pengguna juga dapat menghemat biaya.

Selain itu walau dengan tampilan yang besar, jika dibandingkan penggunaan panel LED, proyektor ini menggunakan daya yang jauh lebih sedikit, mendukung konsep hemat energi.

Selanjutnya pada line-up kedua pada jajaran EB series, Epson menampilkan seri yang termasuk ke dalam kategori Edge Blending yaitu EB-PU2010B. Laser 10.000 lumens yang dipasangkan dengan lensa jarak dekat ELPLU03S merupakan instalasi yang digunakan untuk kebutuhan khusus seperti; video mapping, digital gallery, dan instalasi command center atau ruangan besar yang membutuhkan gambar dengan format wide.

Pada kategori ini terdapat fitur bawaan yang didukung oleh perangkat lunak (software) Epson yakni Epson Throw Distance Calculator merupakan identifikasi kecocokan lensa tehadap jenis proyektor.

Pada aplikasi tersebut akan menampilkan data detail seperti seberapa jauh proyektor akan diletakkan dari bidang tembak, seberapa besar area proyeksi yang akan dihasilkan, hingga estimasi besaran lux on screen yang akan ditampilkan.

Sedangkan, Epson Professional Tools, dimana software ini dapat digunakan secara gratis untuk pengaturan secara jarak jauh untuk sampai dengan 1.000 proyektor yang terhubung dalam jaringan yang sama dalam waktu yang bersamaan, seperti melakukan pengaturan posisi lens shift, fokus lensa, hingga pengaturan edge blending.

Dengan adanya software ini tentunya akan sangat memudahkan penginstalan, pemasangan proyektor seperti ini biasa diletakkan di tempat tinggi atau sulit digapai untuk diatur secara manual. Tidak berhenti di proses instalasi, epson juga memiliki software untuk operasional dan monitoring proyektor yang telah dipasang, yaitu Epson Projector Management Software.

Di dalam software ini, akan terlihat beberapa status pada proyektor, seperti status proyektor sedang dalam posisi nyala atau mati, suhu perangkat proyektor, jumlah jam operasional proyektor, hingga troubleshoot.

Untuk Segmen hiburan, yakni Home Living Room dan Home Entertainment yaitu proyektor ultra short throw tipe EH-LS300B dengan layar ELPSC35 untuk seri Home Living Room dan EH-LS12000B untuk seri Home Entertainment.

Epson mengenalkan Proyektor Home Living Room dan Home Entertainment yaitu proyektor ultra short throw tipe EH-LS300B dengan layar ELPSC35.(Red/Iw)
Epson mengenalkan Proyektor Home Living Room dan Home Entertainment yaitu proyektor ultra short throw tipe EH-LS300B dengan layar ELPSC35.(Red/Iw)

Dipadukan dengan desain yang elegan, proyektor pada segemen Home Living Room ini  memberikan daya tarik tersendiri jika diletakan di ruang keluarga seri EH-LS300B menggunakan lensa bertipe ultra short throw sehigga peletakkan unitnya tidak perlu jauh dari layar yang membuat anda tidak perlu khawatir lagi akan terkena silau pada cahaya proyektor saat dekat dengan proyektor.

Proyektor EH-LS300B ini dapat menghasilkan gambar hingga 120 inch. Dengan kecerahan tinggi 3.800 lumens dan resolusi Full HD serta rasio kontras warna yang tinggi dari sumber cahaya laser yang digunakan, proyektor ini mampu menghasilkan gambar yang jelas dan tajam, meski di dalam ruang yang terang. Ditambah dengan penggunaan Ambience Light Rejecting Screen Epson ELPSC35, gambar yang ditampilkan akan lebih maksimal, karena khusus desain tersebut dibuat untuk dapat menghalang cahaya lampu yang datang dari atas, dan hanya fokus pada cahaya dari bawah yang datang dari proyektor.

Proyektor ini termasuk ke dalam proyektor ramah lingkungan dengan teknologi hemat listrik karena telah dilengkapi oleh sensor pendeteksi gerak yang secara otomatis dapat mematikan layar dan memberikan pesan peringatan jika terdapat sesuatu yang menghalangi atau berada di depan cahaya proyektor.

Tak hanya itu, proyektor tipe EH-LS300B telah dilengkapi dengan system operasi Android TV, sehingga memudahkan pengguna jika ingin memutar film ataupun mengakses channel unggulan seperti Netflix, YouTube secara langsung dan pengguna dimanjakan dengan kualitas audio yang tinggi.

Proyektor ini juga dilengkapi oleh speaker stereo dan woofer dari Yamaha sehingga para pengguna tak perlu menambahkan perngkat audio tambahan.

Sedangkan untuk segmen Home Entertainment, tipe EH-LS12000B merupakan instalasi proyektor laser 4K yang dapat menawarkan pengalaman menonton yang luar biasa bagi para penggunanya, resolusi gambar 4K dan kontras rasio yang tinggi 2.500.000:1 menghasilkan gambar yang sangat tajam. Terlebih dengan teknologi 3LCD yang digunakan, warna yang ditampilkan pada proyektor terlihat lebih natural.

Selain itu proyektor ini memiliki fitur frame interpilation yang membuat setiap gambar yang ditampilkan terlihat lebih halus.

Proyektor EH-LS12000B ini memiliki kecerahan 2.700 lumens, serta dilengkapi dengan fitur HDR10+, membuat kecerahan gambar yang dihasilkan maksimal dan terlihat lebih jelas.

Proyektor ini memiliki lifetime yang panjang 20.000 jam, yang selama penggunaan hanya memerlukan perawatan yang minim seperti pembersihan filter udara proyektor sehingga membrikan keuntungan hemat investasi bagi para pengguna.

Di line-up berikutnya Epson memiliki proyektor yang praktis dan mudah dibawa serta dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis maupun entertainment.

Proyektor Cerdas Full HD ini dirancang untuk memberikan penggunaan yang mudah bagi konsumen dan bisnis yang aktivitas dan operasinya dilakukan di berbagai lingkungan.

Memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam paket all-in-one, presentasi gambar berkualitas tinggi dapat disampaikan di mana saja dan kapan saja.

“CO-FH02 adalah Full HD Smart Projector all-in-one terbaru Epson yang menawarkan fungsi serbaguna yang luar biasa dalam berbagai penggunaan untuk bisnis dan konsumen atau pengguna”, ujar Zanipar.

Epson CO-FH02 menawarkan kecerahan 3.000 lumens dan resolusi Full HD/1080P yang memungkinkan pengguna untuk melakukan presentasi dengan jelas dan lebih nyata.

Proyektor baru ini akan meningkatkan pengalaman sinematik streaming film dan hiburan lainnya di rumah yang ditunjang dengan audio visual yang juga cocok untuk memfasilitasi pertemuan bisnis, presentasi, dan diskusi di dalam maupun di luar kantor.

 

About Post Author