29 January 2023

SinarHarapan.id – PT YKK AP Indonesia melalui salah satu produk unggulan, yaitu Kusen Alumunium, berhasil menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022.

Penghargaan ini merupakan apresiasi spesial dan penghargaan bergengsi bagi brand-brand yang berhasil menjaga konsistensinya dalam meraih Indonesia Digital Popular Brand Award selama lima tahun berturut-turut.

YKK AP Indonesia adalah salah satu perusahaan afiliasi dari YKK Group yang didirikan pada 24 September 1988. YKK yang merupakan kepanjangan dari Yoshida Kogyo Kabushiki Kaisha, sebuah perusahaan ritsleting yang didirikan Tadao Yoshida di Jepang pada tahun 1934. Sementara itu, AP adalah singkatan dari Architectural Products.

M Arif Setiawan, GM Marketing and Sales YKK AP Indonesia, dalam jumpa pers yang digelar di sela-sela kegiatan penganugerahan Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 – 2022 di Golden Ballroom, Hotel Sultan Jakarta, Rabu (18/01/2023), mengungkapkan, prestasi tersebut berhasil dicapai perusahaan berkat strategi yang dilakukan, yang berhubungan dengan penempatan dan distribusi produk.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah bagaimana tetap mempertahankan kualitas, dan mengembangkan varian baru, dan mencari segmen market yang baru.

“Produk kami menghadirkan jendela dengan fungsi yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat, yakni tidak hanya dari sisi elemen yang digunakan, tapi juga kekedapan suara, kedap air (tidak bocor), dan tahan terhadap tekanan angin, serta memaksimalkan fungsi kinerja ventilasi,” ujar M. Arif Setiawan.

Lebih lanjut Arif menjelaskan, dalam memasarkan produknya, YKK AP pun merambah ranah digital, hal ini dilakukan sebelum pandemi masuk ke Indonesia. Adapun yang telah dilakukan YKK AP dengan rutin meng-update konten yang ada di Instagram dan YouTube.

“Target market YKK AP saat ini dengan metode afiliasi, mengapa hal ini dilakukan YKK AP, karena YKK AP mengingiinkan agar customer digital mindset sebagai daya saing untuk kompetitor. Beberapa klien kami sudah melihat dalam peningkatan penjualan kita, dalam segi promosi kami juga menggunakan proposal digital, sehingga customer dapat mudah memahami produk  dan keunggulan kami,” jelasnya.

Masuknya investasi YKK AP ke Indonesia meningkatkan potensi penerimaan negara. Pasalnya, dari total produksi YKK AP saat ini juga dilepas ke pasar ekspor seperti ke Jepang, Singapura, Taipei, Thailand, Malaysia, Vietnam, Brasil, dan AS. Itu bukti bahwa teknologi yang digunakan produk ini telah diakui dunia.

Arif pun menjelaskan beberapa strategi YKK AP sehingga produk mereka masih diterima sangat baik oleh masyarakat. Perusahaan selalu melakukan inovasi produk, tentunya di samping produk yang kontinu diinginkan pasar, juga mengembangkan produk tersebut menjadi lebih baik lagi.

Kiprah YKK AP sebagai produsen alumunium sejak 30 tahun lalu di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Perusahaan ini telah mencetak berbagai macam produk alumunium berkualitas tinggi dengan produk utamanya alumunium window.

Selama ini umumnya orang mengenal YKK sebagi merek risleting (zipper). Padahal, YKK juga menghasilkan produk lain seperti kusen alumunium. Kata AP sendiri merupakan kepanjangan dari “architectural product”. Tak hanya di pasar domestik, YKK AP juga mengimpor produknya  ke sejumlah negara ASEAN seperti Thailand dan Vietnam.

Sebagai tambahan informasi Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand  secara konsisten diselenggarakan setiap tahunnya hingga telah ke 29 kali penghargaan ini diselenggarakan.

Berdasarkan tolak ukur penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Index, telah ter-capture bahwa banyak brand-brand unggulan yang secara konsisten telah berhasil meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award selama 5 tahun berturut-turut. Dengan penghargaan ini, YKK AP semakin terbukti sebagai brand yang terpopuler di dunia Digital sebagai produk kusen alumunium di kelas premium.

About Post Author