1 February 2023

Pasar Musik Festival, di Gambir Expo, 10-12 Febuari 2023, dijamin Merian dengan harga tiket normal untuk tiga hari dibanderol Rp 700 ribu. (Dok/SH.ID)

SinarHarapan.id – Pasar Musik Festival digelar untuk menjadi ajang kreasi para musisi dan seniman lokal untuk menampilkan karya dan nada harmonis dalam pengalaman nuansa nusantara yang khas.

“Pasar Musik adalah pentas kurasi karya anak bangsa dengan misi menghadirkan musik, seni dan budaya kepada masyarakat,” kata Head of Marketing Pasar Musik Festival, Jilan Izdihar di Jakarta, Sabtu (21/1/2023).

Pasar Musik Festival, kata Jilan Izdihar, didirikan pada Juni 2022, bertepatan Pentas Pasar Musik di Bengkel Space. “Alasan didirikan Pasar Musik Festival karena ingin menggabungkan kebutuhan harian warga, yaitu pasar dan musik. Pencetusnya adalah CEO Nugraha Artha dan Project Director Hasyim Arief,” kata Jilan Izdihar.

Dalam waktu dekat, kata Jilan Izdihar, pihaknya akan menggelar Pasar Musik Festival, di Gambir Expo, 10-12 Febuari 2023. Harga tiket normal untuk tiga hari dibanderol Rp 700 ribu. Sebelum Pasar Musik Festival, menurut Jilan Izdihar, sudah ada tiga pre-event yang digelar.

“Pentas Pasar Musik digelar di Bengkel Space, Juni 2022. Kemudian, Pasar Kaget Jilid 1 di Zoo Café, September 2022. Pasar Kaget Jilid 2 di UMM Malang Dome, Oktober 2022. Namun, kejadian force majeure yaitu Tragedi Kanjuruhan Malang, Oktober 2022. Lalu, Pasar Kaget Jilid 3 di Plaza Parkir Timur Senayan, November 2022,” jelas Jilan Izdihar.

“Filosofi Pasar Musik Festival adalah ingin mengumpulkan warga untuk merasakan pengalaman pada waktu yang bersamaan, yaitu kebutuhan mereka sehari-hari seperti pasar dan musik,” kata Jilan Izdihar.

Dalam Pasar Musik Festival Musik nanti, menurut Jilan Izdihar, akan menampilkan Dewa 19 Featuring Virzha, Arsy Widiyanto, Kahitna, Yovie and Nuno, Dewi Perssik, Fiersa Bersari, Gigi, Kangen Band, Nadin Amizah, Kunto Aji, Last Child, Letto, Jamrud, Maliq & D’Essentials, Marcel Siahaan, Padi Reborn, Rizky Febian, Rocket Rockers, The Changcuters, Tiara Andini, Tipe-X, Vierratale, Seringai, Shaggy Dog, Pee Wee Gaskins, dan sejumlah artis-artis lainnya.

Teman Setia

Kehadiran Pasar Musik Festival bisa menjadi teman setia dalam semua lini kehidupan manusia. Musik adalah bahasa abstrak yang mampu menggerakkan emosi manusia.

Musik bagi kebanyakan orang adalah sebagai penghibur hati, memberikan rasa senang, dan memberikan hasil materi yang selama ini muncul di kekuatan industri musik.

Seni musik sebagai mampu mengungkapkan hal-hal yang tidak dapat diekspresikan dengan kata-kata. Musik lebih mampu dan lebih ekspresif dalam mengungkapkan perasaan daripada bahasa lisan dan tulisan. Segala bentuk perasaan manusia jauh lebih dekat atau sesuai dengan karakter musikal. Sudah sejak zaman kuno filosofi musik memainkan peranannya dalam membentuk karakter manusia.

Menurut Plato, musik adalah karya seni yang baik dan tinggi nilai estetikanya. Anak harus dibekali pendidikan musik, karena musik merupakan seni surgawi yang mampu menyentuh perasaan.  (non)

About Post Author