29 January 2023

SinarHarapan.id-Shopee terus berusaha membuka peluang dan kesempatan bagi lebih banyak masyarakat Indonesia untuk masuk dalam ekonomi digital yang terus berkembang.

Bukan hanya menghubungkan Penjual dengan Pelanggan, tapi juga membantu meningkatkan keterampilan digital masyarakat melalui berbagai inisiatif strategis dengan pemerintah daerah dan pusat.

Hal ini sejalan dengan fakta bahwa akselerasi adopsi teknologi digital telah mengubah tatanan aspek kehidupan sosial ekonomi masyarakat, termasuk di Indonesia. Kinerja perekonomian Indonesia pada triwulan III 2022 yang mencapai 5,72% (YoY) menunjukkan bahwa kolaborasi dan kontribusi dari berbagai industri menjadi faktor penting dalam pembangunan perekonomian nasional, salah satunya melalui e-commerce.

Menciptakan Generasi Berdaya Saing Global

Dalam menciptakan generasi masa depan yang memiliki keterampilan digital, Januari 2022 Shopee telah bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat untuk memberikan pelatihan kurikulum bisnis digital bagi 26.000 siswa/siswi SMK se-Jawa Barat. Bahkan induk perusahaan Shopee, Sea Group Indonesia, juga memberikan wadah bagi talenta digital di Indonesia untuk menyalurkan kemampuan melalui Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret lalu.

Tidak hanya itu, Kampus UMKM Shopee sebagai salah satu sarana edukasi bagi UMKM tahun ini telah digandakan jumlahnya dan kini hadir di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi dan Bali. Dalam kurun waktu satu tahun, Kampus Shopee telah mengadakan lebih dari 2.000 kelas pelatihan untuk mengedukasi UMKM.

Menyadari potensi UMKM lokal yang luar biasa, Shopee juga membawa lebih banyak UMKM lokal untuk memiliki daya saing global melalui Program Ekspor Shopee. Di tahun 2022 ini, jumlah produk UMKM Indonesia yang telah diekspor Shopee adalah lebih dari 6 kali lipat jumlah penonton pertandingan sepak bola di Qatar. Tahun ini, Shopee juga memperluas destinasi ekspor mereka ke Amerika Latin dan Asia Timur.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, pada Juni lalu Shopee juga berhasil membawa ribuan produk UMKM ke hadapan dunia, lewat event Java in Paris yang telah disaksikan oleh satu juta penduduknya.

Kampanye Spesial untuk Bantu Wirausahawan Berdaya

Tidak hanya di luar aplikasi, tapi juga di dalam aplikasi Shopee. Dukungan bagi UMKM agar lebih tangguh di sepanjang tahun 2022 juga diberikan melalui berbagai kampanye spesial seperti, 3.15 Hari Belanja Konsumen, Big Ramadan Sale, 9.9 Super Shopping Day, 11.11 Big Sale, 12.12 Birthday Sale.

Produk Kecantikan dan Perlengkapan Rumah menjadi kategori UMKM terpopuler di 2022 dimana pada setiap kampanye spesial, produk-produk dalam kategori tersebut paling banyak dibeli oleh pengguna. Di sisi lain,  kebutuhan dari produk  Fesyen Muslim dan Makanan Instan juga menjadi yang terfavorit selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung.

Fitur Interaktif dan Laman Baru untuk Bantu Pengguna

Selama tahun 2022, Shopee hadir dengan berbagai fitur interaktif dan laman baru untuk memberikan pengalaman berbelanja menarik bagi pengguna dan membantu pengusaha bertahan. Berikut adalah beberapa fakta menarik dari fitur interaktif dan laman yang dihadirkan Shopee sepanjang tahun 2022:

Shopee Video: Fitur terbaru untuk membuat video pendek. Fitur ini juga membantu meningkatkan penjualan Penjual dengan program Gratis Ongkir Rp0.

Shopee Live: Fitur yang memungkinkan Penjual untuk membuat sesi streaming dan mempromosikan toko & produk secara langsung ke Pembeli. Kini hadir dengan fitur “Keranjang Orange” yang mempermudah pembeli berbelanja produk saat sesi live streaming.

Shopee Tanam: Merupakan permainan virtual menanam dan menumbuhkan bibit dengan hadiah pilihan pengguna. Bukan hanya untuk hiburan, karena tahun ini ada 3.500 bibit pohon hasil panen virtual di Shopee Tanam yang sudah ditanam di Jakarta dan Jawa Barat.

Shopee Barokah: Laman baru untuk produk halal penunjang gaya hidup Muslim. Hadir dengan berbagai fitur termasuk Cek Jadwal Sholat. Hingga kini ada lebih dari 50.000 masyarakat yang mengecek jadwal Sholat setiap hari.

Shopee Pilih Lokal: Laman untuk penjualan produk lokal. Pengguna yang berkunjung ke laman Shopee Pilih Lokal jumlahnya lebih dari 20 kali jumlah wisatawan yang datang ke Bali!

“Tahun 2022 bukanlah tahun yang mudah, banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Shopee terus berinovasi untuk dapat menjadi mitra terpercaya yang turut mendukung masyarakat Indonesia. Di tahun 2023, Shopee akan berjalan berdampingan dengan UMKM dan pengguna agar semakin tangguh menghadapi tahun yang baru untuk semakin berkembang dalam ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan,” ujar Handhika Jahja

About Post Author