31 January 2023

Rektor Uiversitas Mercu Buana, Prof Dr Andi Andriansyah dan jajaran saat mengunjungi sejumlah perguruan tinggi ternama di Malaysia. (Dok/SH.ID)

SinarHarapan.id – Guna meningkatkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin lama, Rektor Uiversitas Mercu Buana, Prof Dr Andi Andriansyah dan jajaran kunjungi sejumlah perguruan tinggi ternama di Malaysia.

Sejumlah perguruan tinggi tersebut adalah Multimedia University (MMU) Cyberjaya, Universiti Teknologi Malaysia (UTM, IUMW, Teknologi Tunku Abdul Rahman University of Management and Technology (TAR UMT), UiTM dan UCSI University. Menurut Rektor, kegiatan itu diawali dengan mengunjungi  Multimedia University (MMU) Cyberjaya.

MMU sendiri adalah salah satu mitra dekat UMB dan sudah banyak kegiatan yang telah dilakukan bersama diantaranya penelitian bersama, student mobility dan juga student Exchange.

Saat  berkunjung ke kampus MMU, kedua pihak  membicarakan rencana mobility program yang akan dilakukan dalam waktu dekat yaitu Summer Camp yang akan dilakukan di UMB (Universitas Mercu Buana).

Kunjungan di kampus MMU dipimpin langsung oleh President MMU Ybhg. Prof. Dato’ Dr. Mazliharm Mohd. Su’ud  di mana  kegiatan tersebut  berlangsung dengan hikmat, dilanjutkan dengan berkeliling kampus untuk melihat fasilitas yang dimiliki oleh MMU.

Selepas dari kampus MMU, kunjungan dilanjutkan ke kampus UTM FTIR Razak Kuala Lumpur. Di mana di kampus tersebut, pertemuan dihadiri langsung oleh Vice Chancellor of Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Professor Datuk Ir. Ts. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail serta Dekan FTIR UTM. Pertemuan membahas  kerjasama dalam berbagai bidang terutama terkait penelitian bersama dan kesempatan studi lanjut bagi civitas UMB.

Selanjutnya, selesai mengunjungi 2 kampus tersebut, Rektor UMB melakukan kunjungan ke IUMW (Internasional University of Malaysia-Wales), bertemu dan berdiskusi langsung dengan Vice Chancellor Profesor  DR. Kamila Ghazali di kampus IUMW block A, City Campus, KL.

Bersama pimpinan IUMW, Rektor Universitas Mercu Buana  melakukan diskusi dan persamaan persepsi untuk program Dual Degree dan Join Degree untuk program Management UMB dan management IUMW.

Setelah mengunjungi IUMW, Rektor Universitas Mercu Buana menghadiri undangan langsung, peluncuran Teknologi Tunku Abdul Rahman University of Management and Technology (TAR UMT) yang sebelumnya adalah TAR UC di kampus utamanya di Setapak pada Kamis. Acara tersebut  dihadiri  Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri’ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah.

Rektor UMB Prof Dr Andi Andriansyah menjelaskan perwakilan UMB menggunakan kesempatan ini untuk  berdiskusi terkait  kerjasama antar university yang sudah lama terjalin .

Pembicaraan lebih lanjut terkait pelaksanaan kerjasama dalam waktu dekat mengenai kegiatan Summer Camp di UMB dengan President TAR UMT serta Dekan Fakultas Communication an Creative Industries Ms. Dearnna Kee June Chen.

Di hari terakhir kunjungannya delegasi UMB melakukan kunjungan ke UiTM Shah Alam. Serta mengunjungi UCSI university( University College Sedaya Internationa),  Kuala Lumpur, Malaysia.

Di kampus UiTM ( Universiti Teknologi Mara) Shah Alam Malaysia, delegasi Universitas Mercu Buana memperkuat kerjasama terkait Accounting Research Institute (ARI) yang merupakan mitra dekat UMB terutama untuk bidang keilmuan Akuntansi.

Sedangkan di UCSI university ditujukan dalam rangka memperkuat hubungan kerjasama serta melakukan benchmark terhadap strategy yang dilakukan oleh UCSI University dalam peningkatan rank QS.

Pertemuan ini dihadiri oleh Deputy  Vice- Chancellor, Research and Postgraduate, Distinguished Prof. Dr. Phang Siew Moi, FASc; Director, Centre of Excellence for Research, Value Innovation and Entrepreneurship (CERVIE) Assoc. Prof. Ts. Dr. Lionel In Lian Aun, serta  Dekan dari masing masing fakultas. (non)

About Post Author