
SinarHarapan.id-Pasca diumumkannya harga resmi OMODA 5 pada gelaran GJAW 2023 beberapa hari lalu, lantas menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian pencinta otomotif dan konsumen tanah air mengenai fitur-fitur penyokongnya.
Dibandrol dibawah harga Rp. 400 juta apalah sudah sesuai dengan ekspektasi dan harga yang ditawarkan ?.
“OMODA 5 adalah produk yang memang dirancang berdasarkan kebutuhan pasar global. OMODA 5 memliki kenyamanan dalam hal mesin, transmisi, suspensi, keselamatan, entertainment, dan lain sebagainya,” papar Rendi Radito, Sales Director PT Chery Sales Indonesia.(12/3/2023)

Penetapan harga ini juga merupakan analisis dan dari beberapa survey yang telah dilakukan PT Chery Sales Indonesia (CSI) selaku pemegang tunggal brand Chery di Indonesia.
Sejak awal kehadirannya di Indonesia tahun 2022 yang lalu, CSI telah mempersiapkan diri dengan mempelajari selera pasar. Berbagai survey telah dilakukan untuk semakin memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar dari sebuah brand otomotif. Kemudian, didapatkanlah hal-hal apa saja yang diharapkan konsumen dari sebuah kendaraan SUV Crossover Premium.
CSI melakukan survey kepada para konsumen OMODA 5 yang hasilnya mayoritas dari para konsumen tersebut masuk ke dalam kategori emotional buyer.
Pada tipe konsumen seperti ini, yang pertama kali mereka lihat dari OMODA 5 adalah desainnya. Menurut para konsumen, mobil itu bukan sekedar alat transportasi, tetapi bagi mereka sudah menjadi lifestyle untuk menunjang penampilan mereka. Apalagi OMODA 5 ini punya desain yang sangat futuristik dan stylish.
OMODA 5 cocok untuk Kalangan professional dan enterprenuer, ujar Rendi lagi.
Survey berikutnya mengenai fitur-fitur yang dimiliki OMODA 5 dan menganalisis kesesuaiannya dengan survey terdahulu.
Dari 350 orang yang disurvei, CSI mendapatkan tiga fitur teratas yang paling disukai oleh konsumen. Untuk OMODA 5, para konsumen menyukai fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS), Sunroof, dan 360° Camera. Selain itu para konsumen menggemari fitur lainnya seperti, Super Large Screen 20,5 inch dengan Smartphone Link. Menariknya, para calon konsumen didominasi oleh Gen Z yang sangat aktif dan fashionable.
“Kami melakukan survei kepada para konsumen yang ingin dan sudah melakukan pre booking OMODA 5.Hal ini penting agar kami bisa terus memahami apa yang disukai oleh konsumen. Karena kami tahu, selera konsumen bisa berubah dari waktu ke waktu. Dengan survei ini juga kami bisa meningkatkan fungsi dari masing-masing fitur yang difavoritkan,” jelas Rendi lagi.
Sementara menurut penggemar otomotif, Ridwan Hanif, “Mobil ini enak untuk diajak jalan jauh, apalagi mempunyai ADAS yang lengkap. Semakin merasa aman dengan fitur-fitur keselamatan yang proaktif menjaga pengemudi dan penumpang,” ujar Ridwan.
“Tenaga mesinnya sesuai yang dijanjikan, dari awal sudah terasa, kemudian transmisi CVT-nya halus dan responsif. Setelah mencoba mobil ini saya merasakan ini tidak seperti mobil China. Komposisi bodinya seimbang dan fitur ADAS yang menjadi favorit saya, akan sering terpakai karena saya sering berkendara keluar kota,” jelas Ridwan.
Sementara untuk target keseluruhan, Rendi menjelaskan, 1000 unit per bulan untuk semua varian Chery hingga akhir tahun 2023, dimana 40% dari penjualan OMODA 5.