24 May 2023

SinarHarapan.id-Untuk memfasilitasi para pelaku UMKM Binaan Pegadaian dan PNM dari berbagai daerah agar bisa memperkenalkan produk buatan mereka ke masyarakat umum, PT Pegadaian berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Bazar UMKM Untuk Indonesia 2023 diadakan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat selama 4 hari dimulai sejak 6-9 April 2023.

Acara ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian HUT Kementerian BUMN ke-25.

“Tidak hanya 4 hari ini saja, tapi selama berdiri Pegadaian akan terus menjalankan komitmennya untuk memberi dukungan terhadap pelaku UMKM agar mampu naik kelas dan berdaya saing. Penyelenggaraan Bazar UMKM ini bisa menjadi wadah bagi mereka untuk unjuk gigi memamerkan produk yang dihasilkan untuk dijual dan dikenal oleh masyarakat,” jelas Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan.(6/4/2023)

Selain itu, Kementerian BUMN tengah gencar mendorong para pelaku usaha untuk berani go digital, agar dapat memperluas akses pasar dan mempermudah transaksi melalui digital, salah satunya melalui PaDi UMKM.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Perencanaan Strategis & Keuangan PNM Ninis Kesuma Adriani optimis target transaksi melalui aplikasi PaDi UMKM pada penyelenggaraan Bazar UMKM Untuk Indonesia, mampu mencapai Rp 50 juta per hari.

“Tahun lalu transaksi melalui PaDi sampai di angka Rp7,2 M yang dihasilkan dari 2.194 nasabah kami. PNM terus memberikan modal, finansial maupun skillset, serta pendampingan pengembangan kapasitas usaha bagi nasabah dan monitoring yang dilakukan secara berkala, sehingga produk yang dihasilkan nasabah binaan PNM pasti tidak diragukan lagi kualitasnya,” ujar Ninis.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku usaha untuk bisa kembali bergeliat.

“Bazar UMKM Untuk Indonesia dapat kembali bergerak bersama untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional,” jelas Loto.

Pelaku UMKM Binaan PT PNM. Desi dari Lampung, ia memamerkan produk unggulannya berupa vest buatan tangan berbalut benang emas khas kota berjulukan ‘Tapis Berseri’. Bagi Desi, kegiatan ini menjadi momentum berharga untuk membuat produknya naik kelas.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan berbagai ragam produk UMKM seperti fashion, kuliner, kecantikan maupun kriya dapat langsung datang ke lantai rubanah dan lantai pusaka Mal Sarinah, Jakarta. Dalam rangka merayakan Ulang Tahun PT Pegadaian yang ke 122, sebanyak 122 UMKM binaan Pegadaian dan PNM siap memanjakan mata masyarakat untuk berburu ragam produk yang menarik.

Tak hanya itu, pengunjung yang hadir juga berkesempatan mendapatkan kupon belanja mulai dari Rp 25 ribu-122 ribu, syarat dan ketentuan berlaku. Bagi pegiat seni fotografi, juga bisa mengikuti kompetisi foto. Caranya dengan mengunggah foto yang diambil di area bazar dan diunggah di media sosial pribadi dengan melakukan tag akun Instagram Kementerian BUMN, Pegadaian dan PNM disertai tagar #bazarumkmuntukindonesiaapril.(isn)

 

About Post Author