28 May 2023

SinarHarapan.id – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) turut serta dalam Pekan Inovasi dan Investasi Sumatra Utara (Sumut) 2023, di Istana Maimun Medan, Kamis (25/5/2023).

Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat membuka acara mengajak seluruh investor baik dalam maupun luar negeri untuk dapat memanfaatkan potensi investasi yang ada di Sumut, baik dari infrastruktur, pertanian, peternakan, pariwisata, pangan serta potensi lainnya.

Ia meminta terkait dengan Pekan Inovasi dan Investasi Sumut ini digelar jangan hanya jadi ajang seremonial belaka, namun dapat memberikan efek pada masuknya invetasi di Sumut. Kepada para Konjen dan Konsul yang hadir, Edy Rahmayadi juga meminta ide dan kerja sama, yang dapat dilakukan oleh kedua negara yang saling menguntungkan.

“Dengan pekan inovasi dan investasi ini, kita berharap ada masukan ide-ide yang dapat ditindaklanjuti dan jangan hanya sekadar event saja. Salah satunya adalah dalam urusan pangan, kita dapat bekerja sama, dimana saat ini kita masih impor daging dari Australia, sedangkan lahan kita luas untuk membudidayakan (ternak) itu,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Rosmaida Saragih Darma Wijaya didapuk menjadi salah satu juri dalam lomba masak berbahan utama fillet ikan tilapia bersama Chef Yadi serta para peserta lainnya di booth Regal Springs Indonesia (RSI).

Tak ketinggalan TP PKK Sergai juga unjuk kebolehan dalam mengolah ikan tersebut.

Sebelum lomba dimulai, para peserta terlebih dahulu menyaksikan cooking class dari Chef Yadi terkait pengolahan fillet ikan tilapia yang diproduksi oleh PT RSI.

“Tadi TP PKK Sergai turut meramaikan gelaran tersebut dengan mengikuti cooking class yaitu mengolah ikan tilapia sambal dabu-dabu. Kami juga mengapresiasi gelaran ini. Selain sebagai ajang promosi potensi daerah juga untuk meningkatkan kreativitas bagi pesertanya,” kata Hj Rosmaida.

Hj Rosmaida menyampaikan jika kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Hilirisasi Perkebunan dan Pemberdayaan Kemitraan UMKM sebagai Stimulus Perekonomian Sumut” diikuti oleh 70 stan pameran yang diisi oleh Kementerian, OPD Sumut dan Kabupaten/Kota, BUMN BUMD, Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, Perbankan dan juga pelaku usaha, jelasnya.

Terpisah, Bupati Sergai H Darma Wijaya menanggapi hal tersebut dengan positif. Pekan Inovasi dan Investasi Sumut 2023 ini bisa menjadi ajang informasi tentang investasi sekaligus potensi daerah dalam mempromosikan produk-produk  hasil karya dan inovatif dari masyarakat yang berkualitas.

“Kabupaten Sergai Tanah bertuah Negeri Beradat memiliki banyak potensi baik pariwisata, pertanian, perkebunan dan lainnya. Oleh karenanya saya mengajak seluruh instansi dan stakeholder terkait agar bisa mengemas potensi dengan apik sehingga mampu menarik minat para investor,” tutupnya. (atp/infopublik)

 

About Post Author