Daftar 21 Mobil Yang Mendapatkan Diskon Intensif (PPnBM) Nol Persen

In Otomotif

Sinarharapan.id-Kementerian Perindustrian merilis daftar jenis mobil yang mendapatkan insentif pengurangan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) nol persen. Tercatat sebanyak 21 jenis mobil berbagai merek yang mendapatkan diskon pajak tersebut.

Adapun ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.

(local purchase) yang meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen,” dikutip dari Keputusan Menteri Perindustrian 169/2021, Senin (1/3).

Tercatat total terdapat 115 jenis komponen yang bisa masuk dalam perhitungan kandungan lokal pada produksi mobil di Indonesia, mencakup bagian mesin, transmisi, sistem kopling, body & chassis, sistem kemudi, sistem pengereman, suspensi, dan komponen universal.

Pemberian diskon pajak diketahui selama sembilan bulan, yang akan terbagi ke dalam tiga tahap, masing-masing tahapannya berlangsung selama tiga bulan. Aturan ini berlaku hari ini 1 Maret 2021.

Adapun besaran insentif PPnBM yang diberikan sebesar 100 persen pada tahap pertama (Maret-Mei), sebesar 50 persen pada tahap kedua (Juni-Agustus), dan sebesar 25 persen pada tahap ketiga (September-November).

Segmen kendaraan bermotor yang mendapatkan diskon pajak, yakni mobil baru kubikasi mesin di bawah 1.500 cc dan berpenggerak dua roda alias 4×2, termasuk sedan. Berikut daftar 21 jenis mobil yang seluruh variannya bisa menikmati insentif PPnBM, antara lain, Toyota Yaris – Toyota Vios – Toyota Sienta – Toyota Avanza – Toyota Rush – Toyota Raize – Daihatsu Xenia – Daihatsu Gran Max Minibus – Daihatsu Luxio – Daihatsu Terios. Kemudian Daihatsu Rocky – Mitsubishi Xpander – Mitsubishi Xpander Cross – Nissan Livina – Honda Brio RS – Honda Mobilio – Honda BR-V – Honda HR-V – Suzuki New Ertiga – Suzuki XL-7.

You may also read!

Selama IIMS 2021, Mandiri Tunas Finance Tawarkan Program “New Car Passenger dan Cash Aja”

Sinarharapan.id-Perusahaan pembiayaan PT Mandiri Tunas Finance (MTF) kembali memeriahkan pameran lndonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Dalam pembukaan pameran

Read More...

Italjet Dragster Dirilis di IIMS 2021

Sinarharapan.id-Sukses dengan konsep Dragster yang diperkenalkan dalam ajang EICMA 2018 dan respons positif dari penggemar sepeda motor serta adanya

Read More...

Bahagia Bersama Honda di IIMS Hybrid 2021

Sinarharapan.id-Honda kembali hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 yang digelar pada 15 April – 25 April

Read More...

Mobile Sliding Menu